Segala persiapan menuju pesta pernikahan sudah hampir kamu selesaikan, termasuk menyebar undangan. Itu artinya sudah mendekati sempurna. Hanya tinggal beberapa hal yang memerlukan konfirmasi dan mempersiapkan diri menjelang hari pernikahan mu. Final fitting baju pernikahan, finalize konsep dekorasi ruangan dan hal lainnya.

Beban sudah pasti berkurang ya sedikit demi sedikit. Setidaknya nafas lega sudah bisa kamu rasakan sekarang, tinggal deg-degan nya saja yang biasanya masih tersisa. Kalau kamu pikir setelah undangan tersebar maka sudah rampung sudah persiapan acara pernikahan, kamu tidak sepenuhnya benar nih. Siap-siaplah di berendeng permasalahan berikut:

Timbul Pertanyaan sana-sini
Kartu undangan pasti sudah berisi tanggal dan tempat pernikahan yang akan kamu langsungkan. Tidak bisa dielakan juga, beberapa dari tamu undangan mu pasti ada yang merasa belum jelas dan akan menghubungi kamu terkait beberapa hal. Kamu harus mampu menyikapi hal tersebut dengan baik dan sopan ya. Meskipun kamu lelah karena harus mempersiapkan hal lainnya namun menghargai orang yang bertanya harus tetap kamu jadikan pegangan. Mungkin jalan keluarnya untuk menghindari hal-hal tersebut kamu dapat mencantumkan wedding website mu di undangan tersebut, dan isilah wedding website tersebut dengan aktivitas lengkap, transportasi apa saja yang dapat digunakan, susunan acara pernikahan.

Keluhan Dari Para Tamu
Ketika kamu dan pasanganmu sudah mempertimbangkan segalanya dengan matang, tiba-tiba ketika tamu undanganmu menerima undangan mereka banyak mengeluh tentang berbagai hal seperti pilihan tanggal yang tak sesuai dengan jadwal, venue pernikahan yang jauh, atau bahkan penyebutan nama dan gelar yang salah saat kamu mengirim undangan. Tapi, jangan terlalu kamu ambil pusing, tetap fokus dengan apa yang menjadi kesepakatan kamu bersama pasangan kamu. Siapkan saja jawaban diplomatis.

Banyak Yang Tidak Merespon
Jika kamu mengambil konsep pernikahan dengan “prasmanan” tentunya hal seperti ini tidak akan membuatmu menjadi pusing, karena kamu hanya perlu memesan dengan estimasi saja tidak perlu terlalu detail. Tetapi jika kamu mengambil konsep pernikahan dengan konsep “Ala Carte”, nah ini sangat mempengaruhi ya, konfirmasi dari setiap tamu yang diundang sangat dibutuhkan terkait jumlah pesanan yang akan dipesan. Tetapi kamu akan menjadi seorang pengantin, otomatis untuk hal-hal pengkonfirmasian merupakan bukan tugas utama mu lagi. Disinilah peran Wedding Organizer sangat dibutuhkan, ini bisa membantu kamu dalam mengetahui seberapa banyak tamu undangan yang dapat menyatakan dirinya hadir. Jangan panik ya semua bisa teratasi dengan baik dan kamu dapat fokus kepada hal-hal selanjutnya