Menjaga kesehatan tidak hanya sekedar makanan sehat, obat-obatan dan vitamin. Apalagi bicara tentang kesehatan mental, Sering kali kita abaikan dan dapat menimbulkan tingkat stres tinggi yang berakibat memburuknya kesehatan kita.

Kesehatan mental tidak hanya menggangu kesehatan tubuh. Pola hidup dan perilaku keseharian pun bisa berdampak karena itu. Bentuk kekerasan, depresi hingga ketakutan berlebih pada sesuatu bisa sangat menggangu kehidupan sosial kita, bukan?

Apalagi kekhawatiran berlebih hingga berujung dengan Paranoid oleh sesuatu. Nah! Apalagi dalam masa pandemi seperti sekarang, ternyata kita perlu banget loh menjaga kesehatan mental diri.

Berikut beberapa cara mudah menjaga kesehatan mental kamu lebih stabil selama kondisi pandemi.

1. Lakukan Aktifitas positif

Meskipun di rumah saja, kamu bisa merencanakan aktivitas harian yang ingin dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar tidak terlalu banyak waktu terbuang dan melakukan hal sia-sia.

2. Menghirup Udara Segar

Berada di dalam rumah, kamu bisa keluar sebentar untuk berjalan-jalan di sekitar rumah. Hal tersebut baik dilakukan untuk me-refresh pikiran, sehingga kesehatan fisik dan mental pun tetap terjaga dengan baik. Sekedar berjalan santai di sekitar lingkungan rumah akan membuat pikiran merasa lebih baik sehingga kadar stres pun berkurang.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang guna menunjang kesehatan tubuh dan pikiran. Jaga kebiasaan makan sebaik mungkin, juga hindari konsumsi alkohol saat sedang stres. Untuk menunjang kesehatan tubuh selama pandemi, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan.

4. Tetap Berkomunikasi dengan Dunia Luar

Pada beberapa orang, hal tersebut terasa sangat sulit dilakukan. Namun jangan khawatir, seiring dengan kemajuan teknologi, kamu bisa menggunakan fitur video call yang dapat dilakukan beramai-ramai bersama kerabat atau teman.

5. Berolahraga

Berolahraga baik dilakukan untuk menurunkan kadar stres dalam otak. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyisihkan waktu setiap hari selama setengah jam untuk berolahraga, ya. Tidak perlu melakukannya dalam intensitas berat, kamu bisa melakukan olahraga dalam intensitas ringan, seperti jalan kali, yoga atau bersepeda.

6. Tinggalkan Gadget Sejenak

Memang penting untuk tetap terhubung bersama orang terdekat. Namun, pastikan untuk beristirahat sejenak. Apalagi jika kamu selalu tertarik membaca atau menonton berita tentang perkembangan virus corona. Jika hal tersebut terus-menerus dilakukan, kamu justru akan mengalami kecemasan berlebih. Sebaiknya batasi diri dalam menggunakan gadget dan saring informasi yang bermanfaat.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mental kamu selama pandemi, MeeBro & MeeSist. Semoga kita semua tetap dalam kondisi sehat dalam melalui masa sulit seperti sekarang, yah.