Tertarik Kuliah Event Management? Kamu Harus Tahu Hal-hal Ini!

Jurusan ini memang masih terdengar asing dan jarang kita temui, yah. Namun, di balik langka dan sulitnya menemukan jurusan ini ternyata tersimpan banyak sekali kesempatan dan prospek kerja yang cukup tinggi.

Meski begitu, masih sedikit sekali universitas ataupun kampus-kampus di Indonesia yang menyediakan Jurusan Event Management. Padahal pertumbuhan industri event di Indonesia mengalami kemajuan dari tahun ke tahun, loh. Oleh karena itu, tenaga profesional dan berkualitas sangat dibutuhkan agar ekosistem industri ini tetap mengalami pertumbuhan.

Bagi kamu yang menyukai interaksi langsung dengan banyak orang, memiliki jiwa kreatif, memiliki ketertarikan dengan membuat sebuah acara dan menyukai tantangan, kuliah di jurusan Event Management sepertinya cocok untuk kalian.

Simak yuk fakta menarik tentang jurusan Event Management.

Apa sih Jurusan Event Management Itu?

Disini kamu akan banyak belajar mengenai event, acara, dan cara membuatnya dari skala kecil hingga besar. Awalnya, jurusan ini hanya diajarkan sebagai satu mata kuliah pada Jurusan Public Relation. Namun, semakin besarnya industri event di Indonesia dan dunia, mulai lah jurusan ini menjadi salah satu pilihan akademis yang memiliki kesempatan bagus pada masa nanti.

Cakupan Event Management tidak hanya sekedar membuat dan membentuk tim. Merencanakan event, mengatur anggaran, membuat konsep, hingga memasarkan suatu event menjadi hal yang juga penting untuk kalian ketahui dalam industri ini.

Materi Pembelajaran pada jurusan ini apa saja?

Materi-materi pembekalan industri ini sangat dinamis dan luas. Keterampilan dalam komunikasi, perencanaan yang matang, time and self-management, mengatur budget, dan mencari sponsor serta mempromosikan event menjadi poin penting pada jurusan ini.

Berbeda dengan kebanyakan jurusan kuliah yang ada, Event Management lebih mengutamakan pada kegiatan praktikum yang lebih intens dibandingkan teori dalam kelas. Metode ini dapat membantu mahasiswa agar lebih terbiasa dengan pola kerja yang dibutuhkan industri.

Lulusan Jurusan ini akan bekerja pada bidang dan posisi apa?

Pada bidang ini banyak sekali peluang kerja dan posisi yang akan dibutuhkan secara profesional seperti mengelola event workshop, seminar, wedding, acara music, dan sebagainya.

Mengingat kesempatan yang sangat besar seiring meningkatnya pariwisata sebagai program pemerintah, pemilik bisnis pun semakin mempertimbangkan para lulusan profesional pada industri MICE dan Event Management.

Kesempatan berkarir pada posisi tertentu pun sangat besar seperti Entrepreneur, Event Direction, Head of Corporate Event & Exhibition, Head of Implementation Team, Project Executive, Venue Executive, Sales Business Development Executive, Wedding Organizer dan Concert, Festival Exibitions Organizer.

Rekomendasi Kampus Event Management

Kampus Event Management di Indonesia masih sangat sedikit, karena program ini masih di anggap sebagai mata kuliah yang menyatu dengan jurusan lainnya. Tapi, terdapat satu kampus yang memiliki program D4 Event Management dengan program studi terbaik di Indonesia, yaitu Politeknik Internasional Bali.

Berada di pulau Bali yang menjadi pusat pariwisata paling favorit dan terdapat beragam event berkelas dunia adalah salah satu alasan kamu wajib melanjutkan pendidikan di Politeknik Internasional Bali untuk jurusan Event Management.

Program materi pembelajaran yang diberikan juga disiapkan agar para peserta didik lebih siap secara profesional dalam industri MICE (Meeting, Incentives, Convention/Conference and Exhibition) dan Event Management. Semua proses belajar didukung juga dengan fasilitas terbaik dengan teknologi tinggi berstandar internasional seperti Virtual Event Production Lab, Event Venue untuk kelas praktik, studio, serta berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Dengan program terbaik yang diberikan untuk mahasiswanya, Politeknik Internasional Bali menjamin profesionalitas untuk siap bekerja pada industri Event dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan serta dapat lebih memaksimalkan keahlian dan pengetahuan para mahasiswa di dunia industri.