Sebagai seorang profesional, menghadapi undangan meeting saat makan siang yang baik ternyata tidak hanya cukup dengan penampilan rapi, lho. Ternyata, kita harus memiliki pemahaman tentang table manner agar rekan bisnis yang kita temui saat meeting memiliki impresi yang baik terhadap kita.

Sebagai seorang profesional, table manner menjadi salah satu cara untuk mendapatkan hubungan yang baik dengan rekan bisnis. Dengan tata cara makan yang benar dan sempurna, citra personal sebagai seorang pekerja yang profesional akan menjadi baik. Lalu bagaimana tata cara menghadapi undangan meeting saat makan siang? Berikut tips yang bisa Meebro and Meesist pahami.

  1. Saat Tiba di Restoran
    Etika yang baik saat menghadiri meeting adalah hadir minimal 10 menit sebelum waktu meeting dimulai. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak meeting dengan tergesa-gesa dan terlihat seperti seseorang yang kurang profesional dalam manajemen waktu.
  2. Kenakan Pakaian yang Pantas
    Gunakan pakaian yang sesuai dengan dresscode yang ditentukan. Bila tidak ada desscode, kenakan pakaian yang rapih dan pantas untuk pertemuan bisnis. Rapihkan penampilan-mu sebelum bertemu klien. Untuk Meebro, pastikan dasi mu rapih kembali. Perhatikan pula kemeja yang kamu kenakan, jangan sampai kancing bajumu ada yang terlepas. Sisir kembali rambutmu, gunakan gel rambut agar penampilanmu terlihat segar. Untuk Meesist, perhatikan kembali make up yang kamu kenakan, jangan sampai berlebihan. Rapihkan kembali seluruh pakaian sampai high heels yang kamu kenakan. Jangan sampai penampilanmu malah membuat kamu kurang percaya diri di depan klien, ya!
  3. Saat Bertemu Klien
    Pastikan handphone dalam mode bergetar agar tidak menggangu meeting kamu. Temui klien dan sapa dengan ramah. Jangan duduk di meja makan sebelum klien mempersilakan kamu untuk duduk, atau tunggu klien duduk, baru kamu boleh duduk setelahnya. Letakkan barang bawaan kamu di bawah meja dengan rapih dan berdekatan dengan kursi-mu.
  4. Postur Tubuh Saat Duduk
    Jangan duduk bersandar. Dilansir dari laman yourbodyposture.com, postur tubuh yang tidak tegap menandakan bahwa kamu kurang percaya diri, lho! Maka dari itu, penting untuk kamu jaga postur tubuh saat duduk untuk menandakan bahwa kamu bersemangat menjalani meeting. Perhatikan juga posisi kakimu. Letakkan kaki di atas lantai dan jangan bersila, atau berpangku pada kursi. Lalu, posisikan tangan di atas pangkuanmu. Jangan pernah letakkan tangan di atas meja makan sebelum makanan datang. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan meja makan.
  5. Table Setting
    Cara menempatkan peralatan makan kamu penting untuk Meebro and Meesist ketahui dengan benar! Biasanya, posisi peralatan makan akan diatur oleh waiters sebelum kamu duduk. Jangan pernah mengubah posisi peralatan makan yang sudah diatur! Hal ini penting untuk menjaga kebersihan alat makan kamu. Jangan pernah menyentuh peralatan makan sebelum kamu siap menggunakannya untuk menyantap makanan yang kamu pesan. Peralatan makan boleh digunakan sesuai dengan cara makan yang berbeda-beda, tergantung makanan yang kamu pesan. Silakan gunakan pisau dan garpu jika makanan yang dipesan berupa sajian yang harus dipotong. Begitu pula dengan sajian yang menggunakan sendok, kamu boleh gunakan sendok bila ingin memakan soup yang kamu pesan. Jika peralatan makanan terjatuh ke lantai secara tidak disengaja, jangan pernah mengambilnya. Lebih baik kamu singkirkan ke bawah meja dan meminta peralatan yang baru kepada waiters.
  6. Napkin atau Serbet
    Perhatikan pula penggunaan napkin atau serbet oleh klien, jangan sampai kamu mendahului klien saat mengenakan serbet! Serbet harus terlipat di atas pangkuanmu saat duduk dan harus tetap seperti sediakala saat makanan datang hingga makanan selesai disantap. Serbet digunakan untuk membersihkan bagian mulut saat makan. Untuk Meesist, jangan pernah gunakan serbet sebagai pembersih lipstick saat makan! Bila kamu ingin beranjak dari kursi untuk sesaat, tinggalkan serbet di atas kursimu atau lipat dengan rapih dan letakkan di sisi kiring piring-mu.
  7. Makanan dan Minuman
    Saat kamu memesan makanan dan minuman, pastikan pesanan yang tidak menyulitkan kamu saat makan, dan pesanlah makanan yang paling sedikit meninggalkan sisa-sisa makanan. Jangan pesan makanan dengan hidangan yang bertulang, atau yang membutuhkan extra effort untuk disantap. Selain itu, pesanlah minuman yang tidak ber-alkohol, sekalipun klien mempersilakan kamu untuk minum minuman ber-alkohol. Hal ini penting agar kamu bisa menjaga fokusmu saat meeting! Saat minuman yang kamu pesan disajikan, jangan pernah minum mendahului klien. Tunjukkan manner-mu di depan klien. Setelahnya, jangan pernah minum saat kamu sedang mengunyah makanan. Jika kamu ingin memesan kopi atau teh, silakan pesan setelah kamu menghabiskan makanan utama-mu!
  8. Nikmati Hidangan dengan Santai
    Saat hidangan disajikan, kamu boleh menikmati hidangan setelah klien mempersilakan kamu. Jangan pernah mendahului klien saat ingin menikmati hidangan, sekalipun makanan sudah tersaji dengan lengkap. Jika makanan yang kamu pesan masih panas, jangan pernah meniup makanan tersebut. Lebih baik tunggu makanan menjadi sedikit lebih dingin dengan sendirinya, hingga memungkinkan untuk disantap. Ambil suapan makanan dengan sedikit demi sedikit secara perlahan! Jangan biarkan kamu mengunyah makanan dengan mulut yang kepenuhan. Jangan pernah membuka mulut saat kamu mengunyah makanan. Nikmati makanan yang kamu pesan secara perlahan dan elegan. Jika klien memberikan pertanyaan saat kamu sedang mengunyah, silakan kamu selesaikan dan telan makananmu, baru kamu boleh menjawab pertanyaan tersebut.
  9. After-eat Conversation
    Jika kamu sudah selesai dengan makananmu, jangan pernah memindahkan piring bekas makananmu, lebih baik minta waiters untuk mengambil piring, agar meja makan mu dengan klien tetap bersih. Kamu boleh bicarakan topik meeting-mu saat setelah makan siang secara lebih fokus. Ingat kembali tujuan meeting adalah keperluan bisnis, bukan sekedar pertemuan makan siang! Sesaat topik meeting sudah selesai dibahas, kamu boleh membicarakan hal-hal lain yang menarik. Hal ini juga tidak kalah penting dilakukan untuk mempererat hubungan bisnis-mu dengan klien.
  10. Ucapkan Terima Kasih
    Sesaat meeting telah selesai, ucapkan terima kasih kepada klien. Tunjukkan pula ekspresi bahwa kamu senang menjalani meeting dan makan siang bersama-nya. Berikan kesan baik terhadap klien sebagai perekat hubungan bisnis kamu dengannya.

Itu dia 10 tips saat menjalani lunch meeting dengan klien ala profesional! Tunjukkan sikap dan perilaku-mu dengan baik agar klien tidak menganggapmu sebagai seorang profesional yang lack of manner. Jangan lupa untuk kunjungi Meenistry untuk keperluan ruang meeting-mu! Beragam pilihan meeting space yang ada di Meenistry bisa kamu dapetin dengan mudah.