Sebagai destinasi wisata paling favorit, Bali juga memiliki banyak opsi kampus yang menyediakan jurusan yang berhubungan dengan pariwisata. Kampus Perhotelan di Bali memang menjadi incaran calon mahasiswa yang ingin mempelajari dunia hospitality dan pariwisata secara mendalam.

Bukan tanpa alasan, Bali sebagai magnet penting pariwisata di Indonesia jelas memiliki ekosistem pariwisata yang mendunia dengan standar internasional bagi para pelaku industri ini. Oleh karena itu, tak heran Bali menjadi pusat pendidikan, usaha dan pelaku bisnis pariwisata.

Bagi kalian yang memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan di Bali, khususnya Pariwisata, jangan khawatir. Berikut kami berikan beberapa rekomendasi  Kampus Pariwisata terbaik di Bali yang bisa masuk ke daftar pilihan kalian:

  1. Politeknik Pariwisata Bali

Pertama, ada Politeknik Pariwisata Bali atau sekarang lebih dikenal dengan nama Poltekpar Bali yang berlokasi di daerah Nusa Dua.

Kampus ini memiliki beragam jurusan untuk jenjang D3, D4, S1 hingga S2. Untuk jenjang D3 sendiri, kampus ini memiliki jurusan Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Tata Boga dan Manajemen Tata Hidangan. Untuk jenjang D4, ada Jurusan Administrasi Perhotelan, Manajemen Kepariwisataan, Manajemen Akuntansi Hospitaliti, Manajemen Bisnis Perjalanan juga Manajemen Konvensi dan Perhelatan.

Untuk kalian yang ingin menempuh pendidikan hingga S1, kamu dapat memilih jurusan Bisnis Hospitaliti dan Destinasi Pariwisata. Lalu, bagi kalian yang ingin meneruskan jenjang kuliah hingga S2, tersedia program studi Magister Terapan Pariwisata.

Kampus ini menjadi salah satu yang tertua di Bali, karena telah berdiri sejak 1978.

2. Politeknik Internasional Bali (PIB)

Selanjutnya, ada Politeknik Internasional Bali (PIB). Kampus berstandar Internasional yang berlokasi strategis di Pantai Nyanyi ini berdiri di atas lahan seluas 15 Hektar dan hanya berjarak 15 menit dari Canggu. Hal ini tentu menjadikan ekosistem dan lingkungan yang ada di kampus ini sangat produktif oleh aktivitas pariwisata di Bali. PIB menawarkan program pendidikan di bidang pariwisata yang berbasis Tourimpreneurship atau pembekalan kewirausahaan (entrepreneurship) di bidang pariwisata (tourism).

Kampus ini memberikan kesempatan luas kepada mahasiswa untuk mempersiapkan karir di dalam maupun di luar negeri. Sejak 2017, Politeknik Internasional Bali berhasil bertransformasi menjadi salah satu kampus Pariwisata Terbaik di Bali dengan tiga program studi unggulan, antara lain: Program Studi Seni Kuliner (D3), Manajemen Perhotelan (D4), dan Event Management (D4).

Setiap tahunnya, PIB secara rutin memberikan beasiswa bernama PIB Berbagi kepada calon mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Selain itu, ada juga kesempatan magang ke luar negeri seperti ke Amerika Serikat, Dubai (UAE), Singapura, Malaysia, Australia, dan lainnya.

Tertarik untuk kuliah di Politeknik Internasional Bali? Silahkan daftar disini: http://pmb.pib.ac.id/

3. Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Bali

Selanjutnya, ada IPBI. berdiri sejak 2000, kampus ini merupakan sekolah perhotelan yang berada dibawah Yayasan Dharma Widya Ulangun Denpasar dengan nama awal Sekolah Perhotelan Bali.

Jika kalian ingin melanjutkan program studi di kampus ini, kalian dapat memilih jenjang kuliah strata mulai dari D3 dan D4 untuk hospitality dengan penjurusan pilihan seperti Food Production and Beverage Service dan Housekeeping, selain itu ada juga D3 Cruise Line atau kapal pesiar dengan fokus studi yang sama.

Kampus ini juga memiliki banyak sekali kerjasama dengan hotel maupun kampus di dalam negeri dan luar negeri. Selain kerja sama yang baik, kampus ini juga memiliki fasilitas memadai untuk mendukung aktivitas mahasiswanya di kampus.

4. Akademi Pariwisata Denpasar

Kampus Perhotelan ini terkenal melalui program studi D3 Perhotelannya yang telah berhasil berkontribusi mencetak lulusan profesional di industri pariwisata tentunya.

Bicara mengenai fasilitas, AKPAR Denpasar memberikan banyak fasilitas pendukung demi kelancaran kegiatan belajar para mahasiswanya. Tentunya dengan fasilitas dan program belajar yang baik, kesempatan berkarir anda semakin besar pada industri pariwisata. Mulai dari reception, sales dan marketing, chef, waiter, doorman hingga supervisor.

5. Elizabeth Internasional

Terakhir ada Elizabeth International. Berlokasi di pusat kota Denpasar, kampus ini mempunyai berbagai fasilitas pendukung yang baik bagi para mahasiswa.

Sedangkan program studi yang tersedia di kampus ini tentunya memiliki banyak sekali program unggulan bagi para mahasiswa yang ingin berkarir di dunia perhotelan dan pariwisata. Untuk program studi yang tersedia, kampus ini memiliki dua pilihan divisi, pertama ada divisi Hotel dengan lima program studi yaitu One Year Programs, Two Year Programs, Sarjana Plus, Hotel Finance Programs dan Online Hybrid Program. Sedangkan divisi bisnis kampus Elizabeth Internasional Denpasar memiliki tiga program unggulan yaitu, Culinary Business, Food and Beverage, dan Digital Business.

Demikian Rekomendasi Kampus pariwisata terbaik yang bisa menjadi rekomendasi kamu. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi sebelum kamu memilih kampus pariwisata dan perhotelan terbaik bagi karir kamu, yah.