Indonesia dikenal sebagai negara pariwisata dengan ragam keindahanya, tak heran jika wisatawan asing jatuh cinta dengan panorama indah Nusantara dan Pulau Bali masih menjadi destinasi pilihan dan favorit para wisatawan.

Melihat perkembangan pesat sektor ekonomi akibat tingginya pariwisata di Bali, mendorong pemerintah menjadikan beberapa daerah di Indonesia menjadi seperti Bali. Dengan kekayaan alam dan indahnya panorama Indonesia, kebayangkan jika kita bisa punya lebih dari “satu Bali” untuk menarik wisatawan asing maupun lokal datang.

Agenda ini sebenarnya lebih dikenal dengan nama “10 Bali baru” yang direncanakan oleh Presiden Joko Widodo agar memberikan dampak positif ekonomi pariwisata secara nasional. Kementerian Pariwisata pun satu suara dengan rencana tersebut, dengan meningkatkan kualitas bandara dan pembangunan fasilitas baru untuk semakin menunjang pariwisata lokal.

Kira-kira, apa saja sih destinasi wisata yang menjadi rencana “Bali baru” ini? Yuk kita simak dan pasti nya wajib banget kamu kunjungi.

  1. Danau Toba, Sumatera Utara
Keindahan Danau Toba. (sumber: kemenparekraf.go.id)

Terletak di Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba siap dijadikan 10 Bali baru. Memiliki luas 1.1114 KM persegi membuat ia sebagai danau terbesar dan terluas di Asia Tenggara. Luas yang melebihi negara Singapura disebabkan letusan gunung berapi dan mengakibatkan kawah dipenuhi air dan menjadi danau.

Terdapat 5 pulau di danau ini, Pulau Samosir, Pulau Tulas, Pulau Sibandang, Pulau Malau dan Pulau Tolping yang dapat kamu kunjungi untuk merasakan keramahaan dan kebudayaan nya. Akses dan fasilitas seperti penginapan dan transportasi menuju lokasi wisata pun sudah sangat mudah.

2. Tanjung Lesung, Banten

Tanjung Lesung, Banten.

Berdekatan dengan Ibu Kota, Jakarta, menjadi kelebihan Banten dalam segi akses dan saranan lain untuk menuju kesana. Tanjung Lesung, Banten menjadi destinasi wisata yang menarik untuk kalian kunjungi suatu hari nanti. Memiliki luas sekitar 1.500 Hektare, pantai indah dengan pasir putih bersih alami ini terlihat cantik dengan ombak tenang yang mendawai setiap waktu.

3. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Bukit Merese, Mandalika.

Nama Mandalika baru-baru ini semakin tersohor karena ajang balap Internasional, ya MeeBro & MeeSist. Selain sirkuit yang baru diresmikan tahun ini, Mandalika sebenarnya sudah terkenal melalui pantai indah dan bukit-bukit hijau sajian asli alam mereka. Selain itu,  air  laut yang biru dan hembusan angin segar menambah kesan nyaman pada setiap kunjungan kalian sini.

Kalian nggak usah khawatir dengan penginapan di sana, karena terdapat banyak pilihan resort maupun hotel terbaik dengan fasilitas oke yang siap menjamu kalian dan keluarga menghabiskan waktu berlibur bersama.

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Pemandangan Labuan Bajo dari Ketinggian

Berlayar dengan kapal phinisi, menikmati laut biru penuh karang adalah salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan jika berlibur ke Labuan Bajo. Ibu Kota kabupaten Manggarai Barat ini terletak di ujung paling barat pulau Flores. Dengan laut yang indah, alam yang mempesona Labuan Bajo cocok sekali untuk menjadi tempat liburan dan bulan madu romantis kalian, ngga salah deh kalo banyak paket bulan madu menempatkan Labuan Bajo sebagai opsi teratas.

5. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo di Selimuti Kabut.

Dan yang terakhir ada Gunung Bromo di Jawa Timur. Salah satu gunung terkenal di Indonesia ini memiliki ketinggian 2.392 Mdpl dengan pasir vulkanik yang membentuk seperti lautan pasir. Objek wisata Bromo menjadi primadona karena keindahan pemandangan matahari terbitnya yang dapat kamu saksikan melalui puncak Penanjakan dan Bukit Teletubbies.

Indonesia ternyata banyak sekali tempat indah dan mempesona yang exotis tentunya, jadi rasanya sayang sekali jika kita belum bisa menikmati alam indonesia dan lebih memilih ke lokasi wisata yang itu-itu saja. Nah! Kalo kalian, kira-kira punya destinasi wisata favorit dimana?