Setiap pasangan calon pengantin pasti sangat menginginkan acara pernikahan mereka berjalan dengan lancar, meriah, dan tanpa hambatan. Tapi keinginan terbesar biasanya adalah agar acara pernikahan meninggalkan kesan tersendiri atau memorable untuk semua tamu undangan. Karena keinginan tersebutlah segala persiapan harus matang dan juga detail yang biasanya dilakukan dalam waktu yang tidak sedikit, belum lagi menguras pikiran, tenaga, dan yang pasti, menguras keuangan.

Banyak sekali konsep pernikahan yang bisa jadi pilihan. Salah satu yang banyak peminatnya adalah konsep pernikahan dengan tema atau konsep outdoor. Alasannya? Karena pernikahan dengan konsep outdoor yang didukung dengan venue serta dekor yang cantik juga sangat indah dipandang dan terkesan lebih hangat.

Namun ternyata, mempersiapkan pernikahan dengan konsep outdoor membutuhkan persiapan yang lebih seperti :

TENDA

Untuk venue yang benar-benar terbuka, pasti membutuhkan tenda untuk para tamu berteduh namun tidak hanya dari cuaca yang bisa tiba-tiba saja turun hujan, namun juga dari terik matahari apabila diadakan pada pagi dan siang hari.

CUACA

Perhatikan musim yang sedang berlangsung pada saat sedang melakukan acara pernikahan nanti. Apabila sedang musim hujan, lebih baik hindari melakukan pesta dengan tema outdoor. Untuk beberapa pasangan apabila memang dirasa nyaman juga bisa menyewa pawang hujan untuk hari bahagianya.

DEKORASI

Banyak tema yang bisa dipilih yang bisa diaplikasikan dengan dekorasi. Jika memilih venue outdoor di pinggir pantai, dominan warna biru bisa dipilih untuk mengedepankan suasana laut. Jika memilih venue outdoor di pegunungan atau taman, unsur-unsur kayu bisa ditambahkan kedalam dekorasi.

KEBERSIHAN

Walaupun outdoor, telitilah saat sedang survey lokasi. Perhatikan apakah ada lalat atau nyamuk yang berkeliaran di area resepsi, seberapa banyak tempat sampah yang ada dan jika dirasa kurang mungkin bisa dibicarakan kepada pihak venue.