Akhir akhir ini kebutuhan dan penggunaan dari coworking space makin marak digunakan oleh para pekerja lepas mulai dari first jobber, profesional, hingga perusahaan start up. Apa sih coworking space itu? coworking space berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja dan menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda. Coworking space mengusung konsep sharing dalam satu ruangan yang terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan, khususnya perusahaan-perusahaan start-up yang akhir-akhir ini makin menjamur.

Coworking space memang dianggap sebagai solusi karena dengan berbagi ruangan, perusahaan atau individu dapat mengurangi biaya sewa kantor yang biasanya memang tidak murah. Penggunaan coworking space juga bisa mengurangi biaya untuk infrastruktur teknis. Namun, sayangnya banyak juga yang beranggapan bahwa dengan menggunakan coworking space, berarti juga harus siap kehilangan privacy.

Nah, karena semakin banyak Coworking space yang muncul di kota-kota besar saat ini, ada baiknya kita ketahui faktor-faktor apa yang perlu dipertimbangkan untuk memilih Coworking space yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita.

Lokasi

Pilihlah Coworking space yang berlokasi di tempat strategis, dalam artian tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kamu dan juga kantor-kantor klien kamu. Hal ini akan memudahkan kamu ketika dalam sehari harus meeting ke beberapa klien.

Tanyakan, Apakah ada Paket Akses Ke Seluruh Lokasi Coworking space

Saat ini banyak Coworking space yang mempunyai tempat di beberapa lokasi sekaligus. Biasanya akan tersedia paket dimana kamu bebas mengunjungi dan bekerja di semua lokasi dan jaringan Coworking space tersebut. Hal ini tentunya memudahkan untuk kamu yang mobile.

Tipe Ruangan

Perlu juga diperhitungkan apakah coworking space yang kamu pilih cukup kondusif untuk rapat? Apakah tersedia ruang rapat? Lalu apakah jika klien harus rapat di tempat kamu, akankah mereka merasa nyaman?

Waktu

Memperhitungkan masalah waktu juga penting. Apakah pekerjaan kamu membutuhkan perpanjangan waktu diluar jam kerja? Jika iya, pilihlah Coworking space yang memiliki fasilitas 24 jam.