Siapa sih yang nggak tahu sama istilah bridesmaid dan groomsmen? FYI, adanya bridesmaid dan groomsmen itu bukan cuma tampil sebagai pemanis saja, tetapi mereka memiliki peranan penting juga lho, karena kelancaran sebuah prosesi pernikahan sedikit banyaknya memang tak lepas dari kehadiran mereka.

Pengiring pengantin ini biasanya terdiri dari sahabat dan kerabat dekat kedua mempelai, Sudah pasti yang menjadi bridesmaids dan groomsmen ini merupakan orang-orang pilihan yang sudah mengerti betul bagaimana si pengantin.

Bridesmaids merupakan pengiring pengantin perempuan yang memiliki tugas membantu calon pengantin dalam hal-hal yang lebih kecil. Seperti, bertanggung jawab mengurusi gaun dan busana yang akan dikenakan oleh pengantin, turut serta juga dalam merencanakan prosesi siraman, mereka juga bisa turut andil lho dalam urusan dekorasi ruang resepsi. Bila ada latihan-latihan menjelang hari H, nah mereka juga hadir untuk membantu mematangkan konsep pernikahan. Yang terakhir, tentunya mengiringi pengantin berjalan hingga menuju ke pelaminan.

Groomsmen adalah pengiring pengantin laki-laki yang memiliki tugas seperti menghadiri semua sesi latihan, hadir sebagai anggota deretan penerima tamu dan ikut serta dalam pendekoran ruangan. Dan tugas utama nya juga sama yaitu mengiringi pengantin berjalan hingga menuju ke pelaminan.

Nah jika kamu diminta untuk menjadi bridesmaids atau groomsmen, ternyata terdapat beberapa faktanya lho, yuk coba kita simak :

Sudah Ada Dari Zaman Yunani Kuno

Ternyata tradisi seperti ini sudah ada sejak zaman romawi kuno lho ternyata, jika pada zaman dahulu kehadiran bridesmaids dan groomsmen bukan hanya sekedar meramaikan pelaminan saja, tetapi juga punya arti yang magis yaitu bertugas juga untuk melindungi mempelai dari roh-roh jahat.

Dulu Harus Memakai Pakaian Mirip dengan Mempelai

Zaman modern ini, jika kamu  terpilih untuk menjadi bridesmaids dan groomsmen kamu akan mendapatkan pakaian yang sama sekali tidak mirip dengan pengantin. Tetapi beda nih di zaman romawi kuno, semua halnya harus identik dengan mempelai wanita dan laki-laki yang berfungsi sebagai pengecoh roh-roh jahat supaya tidak tahu yang mana yang menjadi mempelainya.

Dulu, Harus Berjumlah 10 Orang

Ternyata dari segi jumlah pun gak bisa bebas ya, harus terdiri atas 10 orang. 10 orang bridesmaids dan 10 orang groomsmen yang masing-masing berdiri di sisi kanan dan sisi kiri mempelai. Alasannya karena di zaman romawi kuno, saksi pernikahan itu berjumlah minimal 10 orang.