Jakarta, 7 Februari 2020.  Pernah mendengar ungkapan happy wife, happy family? Ternyata ini bukan hanya kalimat yang terdengar menggelitik. Karena dalam sebuah studi peran perempuan khususnya ibu dalam keluarga memang sangat penting. Apalagi untuk kehidupan buah hati.

Studi di Kanada menemukan fakta, anak sekolah dasar dan menangah yang memiliki ibu yang tidak bahagia karena depresi, kemungkinan akan berperilaku menyimpang. Bahkan para peneliti juga menemukan, anak-anak di masa pertengahan yang memiliki ibu depresi, kemungkinan besar akan mengalami gangguan perkembangan mental dibanding anak-anak ain dengan ibu yang sehat. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah peran dan kehadiran ibu sangat penting dalam membimbing putra-putri mereka yang sedang mencari jati diri.

Tapi faktanya, kesibukan para ibu menjalankan tugas dan perannya yang multitasking sering kali membuat mereka lupa bagaimana menjalani hari-hari dengan bahagia. Mereka terkadang lupa memanjakan diri mereka karena lebih fokus mengurus keluarga dan orang lain atau pekerjaan. Padahal yang paling mendasar dari kesuksesan rumah tangga adalah seorang ibu dan istri yang bahagia. Bila ibu bahagia, maka keluargapun bahagia.

Melihat fakta yang ada, Mothers on Mission (MoM) berusaha mengingatkan bahwa ”Moms harus terus mampu menjaga isi kepalanya dengan cerdas, mampu menjaga hatinya dengan waras, dan survive dalam kehidupan di era yang serba keras’, kata Widya Safitri Co-Founder Mothers on Mission.

Maka dalam rangka perayaan ulang tahun ke-3 MoM sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar member MoM, tahun ini MoM membuat #MOMF3ST yang mengangkat isu hangat seputar mental health khususnya kesehatan jiwa ibu.

Para ibu pun harus memiliki cara untuk bisa tetap menjaga kesehatan mental di tengah tantangan di era serba digital ini. Menurut Dr. Gia Pratama, dokter peduli kesehatan mental, ada trik yang bisa dipraktikan para ibu dengan mudah di rumah untuk bisa mengusir stres.

”Lakukan senyum minimal semenit. Tarikan senyum di wajah bisa meningkatkan hormon endofrin yang berfungsi menghilangkan stres dan meningkatkan rasa senang, ”jelas Dr. Gia Pratama.

Selain tersenyum, lakukan hal yang membuat para ibu bahagia. Seperti yang dilakukan oleh Sakdiyah Ma’ruf, pelawak tunggal perempuan yang mencintai dunia stand-up comedy ini.

”Stand-up comedy mendorong adanya refleksi, penerimaan diri, dan memberikan ruang untuk berbagai pengalaman dengan merayakan kelemahan diri dan menertawakan bersama bukan saling menuding,” kata Sakdiyah.