Secara umum seni komunikasi adalah keterampilan untuk menyampaikan dan menerima pesan dengan baik meliputi berbicara (speaking), menulis (writing), mendengarkan (listening) dan membaca (reading). Dengan demikian, seni komunikasi meliputi empat aktivitas tersebut.

MomAcademy adalah komunitas yang aktif mengadakan workshop, training dan kegiatan sosial dibawah naungan Mother on Mission. Dengan misi “Mom harus pintar, bahagia dan produktif” mereka tidak pernah berhenti berbagi hal positif kepada seluruh Mom.

Sadar akan pentingnya komunikasi dalam aktifitas, Mom Academy bersama beberapa pembicara yang kredibel dalam bidang nya coba memberikan ruang bagi para Moms dan lainnya untuk lebih mengenal Seni Berkomunikasi.

“Pada dasarnya semua moms bisa berkomunikasi, tapi kita harus memberikan edukasi cara berkomunikasi dengan baik. Dengan memperhatikan gesture, cara bicara dan pemilihan kata, juga intonasi suara agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara” Jelas Nur Andrianti sebagai Program & Product Manager Mom Academy.

Pada acara ini, Mom Academy tak hanya memberikan ruang belajar kepada moms untuk lebih mengasah kemampuan berbicara. “Kita akan ajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik melalui bicara, menulis melalui pilihan kalimat yang tepat dan tentunya mendengar. Karena tiga hal tersebut menjadi dasar dari ilmu komunikasi” tambahnya

Bagaimana seni berkomunikasi yang baik dan benar saat berinteraksi dengan orang lain?

Komunikasi yang baik akan menghasilkan sesuatu yang positif, begitu juga dengan komunikasi yang buruk akan menyebabkan hal negatif. Apalagi di era digital saat ini, seni komunikasi di rasa sangat perlu untuk kita kuasai agar dapat menghindari miss understanding bahkan miscommunication.

Dipandu oleh Monique Hardjoko yang aktif dalam berbagai kegiatan seni nusantara, akan membahas bagaimana seni berkomunikasi akan berjalan baik bersama Zata Ligouw yang sukses menjadi pembicara, blogger dan salah satu trainer di Mom Academy.

Pengalaman sebagai penyiar selama lebih dari 14 tahun, Arif Budiman juga akan berbagi ilmu mengenai komunikasi lintas digital. Juga bersama artis cantik multitalenta Ine Febriayanti, untuk mengenal mengekspresikan diri melalui gesture saat berkomunikasi.

Menurut Zata Ligouw salah satu pembicara di acara tersebut “Saat seorang ibu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, tingkat kebahagiaan dan kesuksesan keluarga pun akan meningkat” selain itu, berkomunikasi menjadi bentuk pembelajaran yang baik bagi anak “kemampuan berkomunikasi yang baik dapat menjadi contoh baik pada anak-anaknya, sehingga hubungan antara mereka berjalan semakin baik” tambahnya.

Melengkapi hal tersebut, Arief Budiman sebagai pembicara kedua yang merupakan seorang Penyiar RRI Jakarta, memberikan kiat bagi para peserta yang hadir secara online tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik. “Selalu pastikan kita mengatur nafas agar kita bisa berbicara dengan tenang dan jelas. Beri jeda untuk penekanan dan variasikan intonasi untuk membuat pesan yang kita sampaikan lebih bisa diterima oleh pendengar” jelasnya

Pada kesempatan ini, Mom Academy ingin berbagi bagaimana cara berkomunikasi dengan benar melalui gaya bahasa, gesture yang digunakan, cara penyampaian dan isi pesan yang dapat lebih diterima lawan bicara dalam situasi dan kondisi tertentu.

Ine Febriyanti, seorang aktris dan pembicara ketiga di acara Seni Berkomunikasi kemarin memberikan pandangan dalam menghadapi keraguan dalam komunikasi. “rasa grogi dan cemas saat tampil dan bicara di depan umum bisa berarti positif, artinya kita peduli dan akhirnya hal tersebut mendorong kita untuk belajar dan latihan” ucapnya.

“persiapan dan latihan adalah kunci. Misalnya saat kita diminta menjadi MC dan harus menyebut dan menyambut beberapa tamu khusus. Ya, cari tahu, siapa saja orang-orang tersebut, sehingga saat kita menyebut nama mereka, memberikan ucapan selamat datang pada mereka, kita akan terdengar otentik, tidak dibuat-buat, dan terdengar tulus” lanjut menurut Ine Febriyanti.

Selain ilmu dan wawasan yang akan kalian dapat, Mom Academy juga membuka kesempatan kalian berdonasi untuk adik-adik di panti asuhan, janda dan juga masyarakat kurang mampu. Donasi senilai 25K (dua puluh lima ribu) bagi setiap peserta yang ikut akan didonasi kepada mereka yang membutuhkan.

Dapat ilmu, teman, dan wawasan yang bermanfaat melalui donasi peduli sesama. Jadikan seni berkomunikasi dasar ilmu dalam bersikap. Dengan cara dan sikap yang tepat, komunikasi akan berjalan sesuai dengan harapan.