Tinggal di negeri sarat tradisi dan budaya membuat kita tidak bisa jauh dari berbagai ritual adat yang telah dilakukan oleh nenek moyang kita dari dulu. Salah satu ritual adat untuk orang yang mau menikah adalah ‘Puasa Mutih’ menjelang hari pernikahan. Tradisi ‘Puasa Mutih’ adalah tradisi Jasa yang dilakukan oleh para leluhur untuk mengurangi nafsu buruk yang dikhawatirkan akan menjauhkan diri dari segala kebaikan. Tak jarang ‘Puasa Mutih’ juga dilakukan untuk mencapai niat atau tujuan tertentu dengan cara tidak makan dan minum kecuali hanya air putih dan nasi putih.

Puasa mutih biasa dilakukan oleh para leluhur jawa terdahulu untuk menghilangkan nafsu-nafsu buruk yang dapat menjauhkan diri dari segala kebaikan. Puasa mutih biasa dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara melakukan puasa atau tidak makan dan minum kecuali minum air putih dan nasi putih.

‘Puasa Mutih’ yang tujuan utamanya adalah untuk menjauhkan calon pengantin dari hal-hal yang negatif ternyata juga punya manfaat untuk kesehatan tubuh lho.

  1. Menurunkan Berat Badan

Siapa sih yang gak mau terlihat cantik dan tampan di hari bahagianya? Pasti berlomba-lomba untuk berusaha dapat tampil terbaik, tentunya segala banyak cara dilakukan pastinya untuk menempuh hasil terbaik. Biar bisa memakai baju pernikahan dengan baik.

Biasanya kebanyakan pasangan pengantin pasti akan berlomba-lomba untuk menurunkan berat badannya. Dengan berpuasa ini kamu otomatis asupan yang masuk juga berkurang sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh terjaga. Puasa bagi calon pengantin merupakan puasa dengan jangka waktu yang pendek  sehingga dapat meningkatkan tingkat metabolisme dengan membantu membakar lebih banyak kalori.

2. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebenarnya selama berpuasa sel-sel yang ada didalam tubuh kita memulai proses “pembuangan limbah” yaitu menghilangkan limbah-limbah kotor yang ada di sel. Dengan cara tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu lho.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Mempersiapkan pernikahan sampai hari H merupakan bukan perkara yang mudah. Ini pasti menguras banyak tenaga dan pikiran. Kamu harus sabar menstabilkan segalanya agar tidak timbul perdebatan. Otomatis kamu juga harus memperlakukan tubuh kamu dengan baik agar otak juga dapat bekerja dengan baik.

Nah jika kamu melakukan puasa menjelang pernikahan mu ini bisa sangat amat membantu lho, karena dapat mengurangi stress oksidati, mengurangi peradangan, kadar gula darah dan resistensi insulin. Proses ini juga meningkatkan hormon otak, yang ketika kekurangan sering  menyebabkan depresi dan masalah otak lainya. Nah untuk kamu kamu yang akan melanjutkan ke jenjang pernikahan, coba berpuasanya karena ini sangat membantu banget selain membantu kamu berfikir lebih jeli ternyata dapat juga membantu mengurangi stress dan kecemasan yang mengarah pada depresi.

4. Tidak Cepat Lapar

Ketika pesta pernikahan dimulai, kamu dan pasanganmu beserta orang tahu dari pihak kamu dan pihak pasangan kamu akan selalu berada di pelaminan dan gak bisa kemana-mana. Karena kamu dan pasangan kamu harus selalu stay untuk menyambut tamu-tamu yang berdatangan.

Selama itu lho rentang waktunya dan kamu tidak memiliki cadangan apapun untuk yang bisa dimakan, pasti akan lemas karena terlalu lama iya kan? Eitss tapi jangan khawatir kalau kamu sudah terbiasa berpuasa maka tidak makan selama anda berada di atas pelaminan merupakan bukan suatu masalah. Toleransi lapar kamu akan meningkat karena perut kamu terbiasa tidak makan dalam waktu yang lama.