Kebudayaan dan adat istiadat yang dijalankan masyarakat menjadi salah satu faktor banyaknya turis mancanegara terus berdatangan ke Bali. Bagi para wisatawan, budaya, tradisi dan kearifan lokal ini merupakan pertunjukan dan sajian unik yang tentunya jarang sekali mereka temui.

Dari segi geografis, Bali memiliki karakteristik iklim tropis yang membuat sinar matahari akan selalu menyinari wilayah ini hampir sepanjang tahun. Hal itu menjadi alasan wisatawan mancanegara datang dan berkunjung ke Bali agar dapat menikmati cuaca hangat selagi di asal negaranya sedang mengalami musim dingin atau musim gugur.

Dengan perpaduan antara kondisi iklim, sajian alam dan sosial budaya ramah khas Bali menjadikan paket lengkap wisata yang menyenangkan.

PERKEMBANGAN WISATA BALI

Semakin banyak wisatawan yang datang, semakin banyak juga kabar yang memberitahukan keindahan dan keramahan Bali pada dunia. Selain berdampak pada ekonomi dan bisnis pariwisata yang semakin baik, para pelaku usaha pun semakin meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang mereka tawarkan.

Selain wisata alam, entertainment dan event juga berkembang pesat di sana. Semakin menjamurnya sajian acara musik, pameran seni hingga konser berstandar internasional membuat semakin banyak investor melirik Bali untuk menjadi tuan rumah perhelatan kelas dunia. Mereka memilih Bali karena tempat ini menjadi titik pertemuan beragam budaya dari berbagai belahan dunia.

MEMAKSIMALKAN IDUSTRI PARIWISATA

Sadar akan potensi besar dari pariwisata, event dan acara pertemuan seperti meeting dan gathering, sektor pendidikan mulai gencar mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan siap membawa Bali semakin mendunia.

Semakin banyak wisatawan datang, semakin besar permintaan jasa dan pengelolaan wisata dan pariwisata disana. Namun, hal ini belum diimbangi dengan program pembelajaran untuk SDM yang dipersiapkan.

Sadar akan kebutuhan industri pariwisata dan perhotelan yang akan menjadi wajah utama Bali. Apakah SDM yang ada akan cukup dan berkompeten dalam menghadapi tantangan kedepan dari Industri ini?

REKOMENDASI KAMPUS PARIWISATA DI BALI

1. Politeknik Pariwisata Bali

Kampus Politeknik Pariwisata Bali adalah salah satu kampus di bawah naugan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata. Program studi yang ada pun beragam, mulai dari Kepariwisataan (D4), Managemen Bisnis Perjalanan (D4) higga Magister Terapan Pariwisata (S2).

Memiliki visi menjadi kampus bidang kepariwisataan standar internasional dan perguruan tinggi unggul, namun tetap berkepribadian Indonesia. Untuk mencapai visi yang diinginkan, Politeknik Pariwisata Bali selalu memberikan fasilitas dan program pembelajaran terbaik bagi mahasiswa nya.

Fasilitas bagi mahasiswa juga cukup banyak, loh. Seperti ruang belajar yang nyaman, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, restoran, bar dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

2. Universitas Udayana

Dikenal sebagai perguruan tinggi tertua di Bali, Universitas Udayana ini memiliki salah satu jurusan Pariwisata terbaik di Bali. Memiliki akreditasi A dan materi pembelajaran yang berkualitas, kampus ini memiliki program studi pariwisata mulai dari D4, S1, S2 hingga S3.

Adapun program-program pariwisata yang tersedia yaitu:

1. Program Studi Pariwisata (D4)

2. Program Studi Destinasi Pariwisata (S1)

3. Program Studi Kajian Pariwisata (S2)

4. Program Studi Pariwisata (S3)

3. Politeknik Internasional Bali

Politeknik Internasional Bali (PIB) merupakan Kampus Tourismpreneur pertama di Indonesia. Sebagai kampus pariwisata di Bali, PIB menyediakan tiga program studi unggulan, antara lain Culinary Arts (D3), Hotel Management (D4) danEvent Management (D4).

Setiap tahunnya, PIB juga secara konsisten berkomitmen untuk memajukan SDM di bidang pariwisata dengan menyediakan kesempatan Beasiswa hingga 100% bagi calon mahasiswa berprestasi.

Kurikulum pendidikan bagi mahasiswa telah melalui penelitian dan riset mendalam. Melihat industri ini tidak hanya membutuhkan keahlian pada bidang pariwisata, pembekalan ilmu kewirausahaan (entrepreneur) juga dirasa perlu agar semakin memajukan industri pariwisata di Indonesia.

Politeknik Internasional Bali berlokasi strategis dan hanya berjarak 15 menit dari daerah wisata Canggu. Berdiri di lahan seluas 15 Hektar, kampus ini memiliki fasilitas penunjang pendidikan terbaik di Bali. Seluruh fasilitas yang dibangun telah disesuaikan dengan standar industri profesional dan internasional. Tenaga pengajar diisi oleh para profesional berpengalaman. Mahasiswa akan merasakan pengalaman belajar langsung dari dosen yang sebagian besar dari kalangan praktisi yang sangat paham mengenai seluk-beluk pariwisata.

4. Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional atau lebih dikenal IPB adalah perguruan tinggi dengan beragam fasilitas yang cukup lengkap bagi mahasiswa nya. Penyediaan fasilitas seperti hotspot area, bis kampus dan juga asrama dapat membantu kalian yang berasal dari luar daerah agar proses belajar kamu semakin mudah.

IPB memiliki program studi unggulan seperti Managemen Pariwisata (D4) yang sudah memiliki akreditasi A pada tahun 2020.

5. Akademi Pariwisata Denpasar

Rekomendasi selanjutnya adalah Akademi Pariwisata Denpasar. Akpar selalu berupaya mencetak lulusan terbaik yang dapat berkompetisi di era global. Namun, untuk saat ini Akpar hanya memiliki satu program studi bagi calon mahasiswa, yaitu Pendidikan Pariwisata (D3).

Proses pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan serta fasilitas pendukung seperti lapangan basket, restoran, laboratorium bahasa, laboratorium komputer dan lain nya bisa jadi menjadi faktor penting dari kampus untuk memberikan lulusan terbaik.