Memiliki ketertarikan dalam dunia masak dan makanan? Jurusan ini cocok untuk kamu pilih melanjutkan pendidikan untuk ke jenjang profesional. Program ini tidak hanya mengajarkan cara membuat makanan, namun kalian juga akan dibekali ilmu untuk memperhatikan detail setiap hidangan yang kalian buat.

Culinary arts adalah jurusan yang mempelajari cara menghidangkan, memasak dan menyiapkan makanan siap saji. Studi ini mengajarkan teknik penyajian makanan dengan memperhatikan kualitas, rasas, estetika dan kandungan gizi makanan itu sendiri.

Apa Sih Program Studi Culinary Arts?

Program studi ini mengajak kamu lebih berkreasi dan mengekspresikan diri melalui presentasi hidangan yang kamu buat. Layaknya seniman, makanan lah yang menjadi tempat kamu berkreasi dalam memperhatikan komposisi, warna makanan, rasa dan hal detail lainya.

Pada jurusan ini, masakan bukan sekedar rasa dan cara membuatnya, tapi kamu juga akan belajar mengenai teknik, cara penyajian hingga kadar gizi yang terkadung dalam makanan harus kalian perhatikan.

Layaknya seniman dengan kanvas dan cat, kamu akan belajar bagaimana menciptakan karya seni melalui makanan di dapur.

Selain itu ketepatan waktu, mengatur tekanan saat di dapur, mengatur ritme saat memasak menjadi salah satu ilmu yang akan kalian dapatkan sebelum terjun langsung ke dunia profesional.

Jurusan ini Mempelajari masak saja, yah?

Kalian akan mempelajari bagaimana menciptakan rasa, mengatur waktu dan belajar mengenal tujuan anda saat berada di dapur dan juga mengatur menu yang dibuat untuk sajian.

Memasak membutuhkan ketepatan waktu, mengatur tekanan saat di dapur, mengatur ritme kerja juga, loh. Jadi, kalian akan mendapatkan pengalaman belajar untuk mengatasi tekanan dan cara kerja sebagai tim juga.

Ilmu ini cukup penting saat memasak, menjadi pengalaman yang akan kalian dapatkan sebelum terjun langsung ke dunia profesional. Kalian akan belajar bertanggung jawab dengan area kerja kamu.

Selain memasak, pembekalan ilmu bahasa asing, matematika dasar, ilmu pengetahuan dan lain nya akan kalian dapatkan juga. Ini dilakukan agar komunikasi dengan tim akan berjalan dengan baik.

Prospek Kerja dan Karir

Seperti kebanyakan jurusan industry pariwisata dan hospitality, jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat baik bagi kalian. Selain menjanjikan karir yang baik sebagai juru masak, kesempatan besar menjadi pengusaha kuliner dengan pembekalan ilmu yang didapatkan saat menempuh program studi ini sangat lah mungkin

Mungkin, untuk langkah awal lulusan Culinary Arts bisa dimulai dari berkarir sebagai:

-       Koki restoran dan hotel

-       Koki pelayaran

-       Humas restoran

-       Ahli nutrisi

-       Instruktur sekolah masak

-       Pengusaha kuliner

-       Manajer restoran

-       Dan masih banyak lagi

Rekomendasi Kampus Program Culinary Arts

Kampus kuliner dengan program terbaik di Indonesia memang masih jarang dan tidak terlalu populer. Namun, beberapa kampus dengan integritas baik serta program unggulan mencetak lulusan profesional bisa menjadi rekomendasi kamu yang tertarik mengikuti jurusan kuliah ini.

Politeknik Internasional Bali, salah satu kampus pariwisata terbaik di Bali ini memiliki program studi Culinary Arts atau Sekolah memasak terbaik di Bali. Dengan materi pembelajaran standar internasional, kampus pariwisata ini memberikan banyak sekali kelas pembelajaran khusus untuk minat memasak.

Materi pembelajaran jurusan sekolah memasak ini lebih dominan dengan praktik agar pengalaman memasak didapatkan secara langsung. Kalian akan mempelajari membuat hidangan Western, Western Patisserie & Bakery, Healthy Food & Nutrition, Kitchen Management & Work Safety, Asian Culinary, Asian Patisserie & Bakery, Tourism Preneurship, Introduction to Beverage, Indonesia Culinary Heritage, Indonesian Patisserie & Bakery, Food Photography & Aesthetics, Food & Beverage Technology, Restaurant Management & Cost Control dan Franchise Management.

Selain ilmu yang kalian dapatkan di kelas maupun praktek dengan materi tersebut, kalian juga punya kesempatan untuk magang di hotel maupun restoran bintang 5 untuk mendapatkan pengalaman lebih berharga.

Jika kalian ingin mempelajari banyak hal lebih dari sekedar memasak, jurusan kuliner artis ini cocok sekali MeeBro & MeeSist. Apalagi buat kalian yang memiliki passion dan impian sebagai chef profesional. Selain itu, kalian akan belajar menghargai makanan dari segi rasa, budaya, kandungan yang sehat sampai tampilan nya.

Karena hidangan tidak sekedar sajian yang mengenyangkan, tapi menjadi karya seni yang menawan.