Setuju dong kalo pernikahan adalah salah satu momen paling penting dalam kehidupan dan diharapkan menjadi hal yang hanya diadakan sekali seumur hidup? Maka dari itu mengabadikan momen ini menjadi hal yang wajib dilakukan dan salah satu yang harus dipersiapkan dengan matang. Gak mau dong ada momen yang terlewat atau justru hasilnya jauh dari yang diinginkan?

Maka dari itu untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari, telitilah sebelum menjatuhkan pilihan fotografer khususnya untuk hari bahagiamu. Mungkin beberapa tips berikut bisa menjadi faktor untuk kamu menentukan mau pakai jasa siapa untuk mengabadikan hari pernikahanmu.

  1. Cek Portofolio nya

Mau tau kualitas fotografer yang kamu mau? Cek ‘gallery’ nya aja. Biasanya kamu bisa cek akun Instagram atau website official yang dia punya. Lewat ‘Personal gallery’ nya kamu bisa pelajari apakah hasil-hasil dari ‘gig’ sebelumnya sesuai dengan selera kamu mulai dari style, tone, angle, dan lain sebagainya.

2. Tanyakan Gear yang Digunakan

Ini khusus untuk kamu yang sedikit banyak paham dengan dunia fotografi. Tanyakan secara detail hal-hal teknis seperti jenis kamera apa yang dipakai, lensa apa yang nanti akan dibawa, berapa lighting yang biasanya digunakan, atau berapa banyak asisten yang akan ada di sana.

3. Cari Rekomendasi

Nggak ada salahnya untuk kamu bertanya ke teman atau saudara yang sudah pernah memakai jasa wedding photographer. Kamu juga bisa meminta contact sekaligus testimoni dari pasangan-pasangan yang dulu pernah memakai jasa fotografi tersebut. Biasanya kamu juga bisa cek testimoni di website atau Instagram si fotografer tersebut lho.

4. Tanyakan Paket yang Ditawarkan

Jika sudah ada yang ‘sreg’ di hati, kamu boleh tanyakan paket-paket apa yang ada dalam ‘menu’ photographer wedding yang kamu mau. Perhatikan hal-hal seperti berapa jam kah sang fotografer akan stand by di venue, apa saja bentuk output dokumentasi yang akan kamu terima, kapan final output berupa kanvas dan CD-CD dokumentasi akan diserahkan, dan lain sebagainya.

Nah, semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu dalam memilih fotografer pernikahan yang pas dengan selera, dan pastinya tidak mengecewakan kamu dengan hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi yaa ...