Melanjutkan Kuliah atau langsung bekerja? Pertanyaan kebanyakan orang kepada lulusan SMK Pariwisata selama ini. Atau mungkin ada sedikit keraguan sebelum kalian memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih lanjut.

“Lulusan Pariwisata? memang apa aja sih prospek kerja nya Selain hotel dan restoran?” Nah! Pertanyaan mendasar seperti ini rasanya masih sering kita dengar, yah. Namun, banyak dari kita yang belum tahu ternyata prospek kerja bidang pariwisata cukup menjanjikan dan luas sekali, loh.

Jurusan Pariwisata adalah jurusan yang mempelajari semua hal terkait dengan pariwisata. Kamu bisa mempelajari perihal management destinasi wisata, tour and travel, perhotelan dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa prospek kerja bagi kamu lulusan SMK Pariwisata.

  1. Bisnis biro perjalanan/ Tour and Travel

Kamu memiliki pengetahuan tentang destinasi wisata kota kamu? Atau hobi jalan-jalan dan jago management waktu? Selain bekerja dalam Travel agent Kamu juga berkesempatan membuat sendiri biro perjalanan wisata sendiri. Bisnis ini menjanjikan melihat perjalanan wisata atau travelling telah menjadi kebiasaan atau budaya baru bagi anak muda masa kini. Dengan paket dan destinasi yang sedang hits saat ini.

2. Travel Blogger atau Vlogger

Kamu suka menulis atau mengabadikan moment jalan-jalan? Menjadi Travel Blogger atau Vlogger bisa menjadi opsi kamu, loh. Profesi ini tentunya sangat menyenangkan dan menantang. Karena kamu bisa terus jalan-jalan dan mengunjungi tempat-tempat menarik untuk kamu bagikan melalui media sosial. Apalagi saat sekarang konten video seperti youtube sangat menjanjikan untuk menjadi penghasilan, loh.

3. Event Organize

Ada kesukaan untuk mengatur dan membuat acara? Bisa jadi ini kesempatan kamu mendapatkan penghasilan. Acara musik, Pameran, Wedding atau acara lain sangat memerlukan Event Organize yang dapat mempersiapkan itu semua dengan baik. Pengalaman dan hasil kerja sangat diperlukan agar bidang ini dapat sukses berjalan.

4. Tour Guide

Pengetahuan tentang destinasi wisata memang menjadi salah satu materi pembelajaran dalam kelas. Namun, ada loh profesi yang membutuhkan ilmu itu dalam industri pariwisata. Memahami budaya masyarakat, sejarah dan hal lain pada destinasi wisata dapat membuat wisata lebih menarik dan berkesan bagi wisatawan atau klien kamu. Jangan lupa juga untuk menguasai bahasa asing agar keahlian kamu semakin dibutuhkan.

5. Kapal Pesiar

Dan yang terakhir kamu bisa berkarir di kapal pesiar. Selain memiliki kesempatan untuk berkeliling negara lain dan bertemu dengan banyak hal baru, kamu juga dapat memiliki kesempatan mendapatkan bayaran yang besar setiap bulan nya. Memang, prosedur dan tata cara untuk bekerja di kapal pesiar cukup rumit dan sulit. Karena hasil dan waktu kerja yang kamu lakukan sangat sepadan.

Masih banyak lagi sebenarnya prospek kerja bagi lulusan SMK Pariwisata. Apalagi pariwisata di indonesia sangat menjanjikan dan menjadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun internasional. Jadi, prospek kerja dan karir di industri pariwisata sangat lah besar dan menjanjikan, MeeBro & MeeSist.