Profesi sebagai juru masak atau lebih populer dengan sebutan Chef, memang memiliki kesempatan berkarir sangat besar. Terlebih lagi, bisnis kuliner atau bahkan industri kuliner semakin ramai dan diminati semua kalangan. Untuk itu, jurusan kuliner atau tata boga mulai dilirik generasi muda untuk ditekuni dengan serius.

Memasak pernah memiliki stereotype orang tua dan ibu-ibu saja. Namun, saat ini hal itu sudah berubah. Chef muda dan berbakat akhirnya bermunculan dan semakin menggambarkan profesi ini cukup “keren” bagi generasi muda.

Jurusan tata boga atau kuliner memang mempelajari bagaimana membuat, menghidangkan dan memperhatikan detail dari masakan yang kamu buat. Tidak hanya memasak, kamu juga akan dibekali ilmu manajemen, bahasa, hingga perhitungan seperti matematika.

Bagi kamu yang memiliki minat dan keinginan menjadi Chef profesional, Jurusan ini cocok banget untuk kamu. Berikut beberapa rekomendasi perguruan tinggi yang bisa menjadi pilihan kamu.

1. Indonesia Patisserie School

Pernah bertanya-tanya nggak sih sekolah kue di Indonesia dimana? Nah! Ini dia tempatnya, Indonesia Patisseries School. Di sekolah ini kamu akan mendapatkan materi penuh dan khusus mengenal dunia pastry. Berada di Jakarta, sekolah ini sangat recomended bagi kalian yang ingin konsen dan fokus mengenal dunia pastry.

2. Culinary Arts Politeknik Internasional Bali

Kampus internasional dengan fasilitas lengkap ini menjadi salah satu rekomendasi untuk kalian belajar lebih dalam mengenai kuliner. Selain berada di Bali yang dikenal sebagai laboratorium pariwisata terbesar di Indonesia, Politeknik Internasional Bali juga mempunyai komposisi kelas praktik yang lebih besar dibandingkan dengan teori agar kalian terbiasa dengan dunia profesional nantinya.

Selain fasilitas, materi yang diajarkan juga sangat lengkap dan instrukturnya pun merupakan praktisi dari kalangan profesional. Kampus ini memiliki materi pembelajaran yang mempersiapkan mahasiswanya tak sekedar menjadi tenaga profesional, tapi mempersiapkan sebagai pelaku bisnis kuliner atau wirausahawan entrepreneur.

Lulusan program studi ini akan mendapatkan gelar Associate Degree in Tourism (A.Md.Par). Mata kuliah yang telah disesuaian dengan kebutuhan industri pariwisata khususnya kuliner, kalian akan banyak mempelajari hidangan Western, Asian, Indonesia dan masih banyak lagi.

Program magang atau professional placement disini pun terkoneksi dengan hotel-hotel ternama bertaraf Internasional. Memungkinkan kalian akan mendapatkan pengajaran dan pengalaman berharga. Kesempatan magang tidak hanya di Indonesia, tetapi juga bisa ke beberapa negara atau kota di luar negeri seperti Amerika Serikat, Dubai, Singapura, Malaysia, Thailand, dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut program studi Culinary Art di Politeknik Internasional Bali, bisa langsung klik tautan ini https://pib.ac.id/culinary-art/

3. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua

Berada di Yogyakarta, terdapat juga sekolah kuliner  dengan akreditasi A BAN-PT, yaitu Budi Mulia Dua. Sebagai sekolah vokasi pengalaman pencetak tenaga kerja profesional, kampus ini memang menyiapkan SDM berkualitas yang memiliki daya saing dunia kerja.

4. Ottimo Internasional

Akademi Kuliner dan Patiseri Ottimmo International didirikan sebagai sekolah gourmet dan pusat pelatihan yang didedikasikan untuk pengembangan dan penyebaran kerajinan dan seni persiapan makanan dan minuman yang luar biasa di Indonesia.

Sekolah ini diberikan oleh Yayasan PERITIA untuk dibangun di Indonesia pada Oktober 2012 berkomitmen untuk menawarkan pendidikan tinggi dalam persiapan makanan dan minuman.

Tahun 2013 juga menandai berdirinya program Master Gourmet secara formal. Penekanan baru pada studi umum yang banyak berhubungan dengan pengalaman praktis juga saat ini diperkenalkan ke dalam kurikulum standar Eropa kami.

Sesuai dengan tradisi yang kami usulkan untuk berfokus pada kepentingan terbaik siswa dan menanggapi industri makanan dan minuman yang terus berubah, ditentukan bahwa siswa ditawarkan untuk mengikuti program pendidikan 3 tahun melalui spesialisasi atau konsentrasi pada Seni Kuliner dan Gastronomi serta Baking pastry Arts and Science dengan penghargaan Advance Diploma.

Pada tahun 2019 Ottimmo terakreditasi. Pada bulan Maret kami mendapat “B” dalam akreditasi program seni kuliner, dan pada bulan Mei kami mendapat “B” dalam akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

5. Bali Culinary Pastry School

Terletak di Bali, sekolah kuliner ini memiliki kurikulum standar Internasional. Menyesuaikan dengan ASEAN Common Competency Standard for Tourism Professional (ACCSTP), menjadikan materi pembelajaran yang kamu dapat akan semakin mengasah kemampuna untuk bersaing dengan pasar global.

Kamu akan belajar banyak hal mengenai makanan, pastry dan bakery dengan pengajar yang memiliki kompetensi terbaik pada bidang nya masing-masing

6. Universitas Pendidikan Indonesia

Rekomendasi terakhir berlokasi di Bandung yaitu Universitas Pendidikan Indonesia. Jika kamu mencari program studi Tata Boga yang lebih terjangkau, UPI Bandung jawabanya. Dibandingkan perguruan tinggi atau institusi Tata Boga swasta, biaya pendidikan di kampus ini lebih bersahabat.

Jurusan Tata Boga UPI atau Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner ini memiliki program terarah mengenai, Pastry, Tata Boga, dan Dietetika. Prodi tersebut berada dibawah naungan Fakultas Teknologi dan Kejuruan UPI.

7. Universitas Negeri Jakarta

Berada di Timur Jakarta, kampus Negeri ini juga punya jurusan tata boga, loh. Memiliki akreditasi A pada program studi Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta menjadi salah satu rekomendasi untuk kalian yang ingin mendapatkan ilmu mengenai memasak.

Selain pengetahuan tentang kuliner dan pastry, kamu juga dapat mempelajari materi mengenai cake shop, mengelola usaha makanan, restoran dan hidangan hotel. Sebagai universitas pendidikan, lulusan kampus ini kana mendapatkan gelar sarjana S.Pd.

Artinya, kamu tidak hanya bisa bekerja sebagai chef pada restoran atau hotel, kamu telah memenuhi syarat untuk menjadi pengajar ilmu tata boga pada sekolah menengah atas atau kejuruan.

Demikian rekomendasi untuk kalian MeeBro & MeeSist. Apapun kampusnya, semoga minat dan bakan kamu lebih terasah dengan materi yang akan kalian ikuti, yah. Mengingat prospek kerja bidang kuliner akan selalu berkembang, kebutuhan tenaga profesional SDM nya pun akan dituntut semakin berkualitas.