Dalam suatu perencanaan pernikahan, pasti deh tidak akan pernah semulus kemauan kita. Tidak jarang atau bahkan malah sering kita menemukan masalah yang kadang bikin buyar semua rencana, apalagi jika kamu dan pasanganmu bersiap untuk merencanakan pernikahan. Harus siap siaga dengan segala ‘kerikil’ yang nantinya kamu temui, seperti permasalahan keluarga dari masing-masih pihak mempelai, atau hal hal seperti menemui vendor yang tidak sesuai standar, masalah budget yang melebihi kemampuan, dan lain lain.

Panik? Sudah pasti! Tapi jangan sampai rasa panik mengurangi rasa bahagiamu yaa.

Memang sih keadaan yang tidak sesuai dengan rencana membuat kita jadi susah untuk berpikir jernih bahkan cenderung emosi. Nah, maka dari itu kamu dan pasanganmu jangan sampai terjebak pada situasi tersebut. Ingat, ini adalah pesta pernikahan kalian berdua, jangan sampai semua rencana yang sudah kalian buat berantakan begitu saja. Jika menemukan kendala, coba deh untuk mengikuti tips tips berikut ini :

Selesaikan Masalah Berdasarkan Skala Prioritas

Bicarakan empat mata bersama pasangan kamu, pisahkan dan utamakan mana yang menjadi skala prioritas utama, kedua dan seterusnya, lalu hal apa saja yang harus dahulu diselesaikan dahulu. Jangan lupa untuk selalu kompromikan bersama pasangan dan keluarga.

Minta Bantuan Sahabat

Dalam keadaan yang mendadak, meminta bantuan kepada teman yang dapat dipercaya merupakan pilihan tepat lho. Jangan takut dan malu untuk meminta bantuan dengan teman dekat, bisa jadi malah mereka menunggu kamu untuk meminta bantuan mereka dan senang karena merasa dibutuhkan.

Kompromi Dengan Diri Sendiri

Dalam keadaan yang mendadak rumit seperti ini, terkadang mempersiapkan plan B bisa berguna juga lho. Semua orang pasti ingin acara pernikahannya sesuai dengan yang diharapkan, tapi kadang memang kenyataannya harus ada yang dikorbankan (biasanya karena terbentur masalah budget) Ingat, yang terpenting dari semua rencana pernikahan ini adalah karena kamu akan menikah dengan pasangan yang kamu cintai dengan sepenuh hati dihadapan tuhan, keluarga, dan teman yang mengerti keadaan kamu dan pasangan.