General Manager Hotel atau yang biasa disingkat dengan 'GM' adalah posisi tertinggi dari suatu hotel. GM Hotel bertanggung jawab akan operasional suatu hotel secara menyeluruh dan memastikan berjalan dengan baik. Mulai dari segi financial dan yang paling penting adalah bisa menghasilkan revenue untuk hotel.

Pernah mendengar sebutan General Manager Hotel atau masih baru tahu ditelinga kalian? Nah.. General Manager Hotel yang singkat kata sering disebut dengan 'GM' adalah jabatan paling tinggi dari managament sebuah hotel MeeBro n MeeSist.

Pernah bertanya-tanya, siapa sih GM hotel-hotel besar di Indonesia? Gimana caranya jadi GM dalam sebuah hotel, Apa saja yang dikerjakan? Namun bagi MeeBro n MeeSist yang  suka, bersekolah atau memang berkecimpung dalam bidang Hospitality Industry jabatan ini pasti sudah tidak asing lagi.

Tapi mungkin kalian belum tahu tentang apa yang GM kerjakan dan bagaimana? Meenistry mau kasih tahu nih ke MeeBro n MeeSist, hasil rangkuman ngobrol bareng Anna Augriana GM Balairung Hotel Jakarta, dan Arbiter Gerhard Sarumaha GM Goodrich Suites Jakarta, Yuk Ikutin MeeBro n MeeSist..

General Manager Hotel?

General Manager adalah posisi tertinggi dari suatu hotel, GM bertanggung jawab terhadap berjalannya operasional suatu hotel secara menyeluruh dan memastikan agar semuanya berjalan dengan baik. Mulai dari segi financial dan yang paling penting adalah hotel dapat menghasilkan revenue. Juga seperti mencapai target dengan kategori hotel dengan service atau pelayanan terbaik kepada tamu-tamu.

"GM adalah posisi tertinggi dari suatu hotel, bertanggung jawab dengan berjalannya oprasional suatu hotel secara menyeluruh dan berjalan dengan baik. Dari segi financial--pastinya, dan yang paling penting adalah bisa menghasilkan revenue untuk hotel. Istilahnya target pasti jadi patokan kita, terlepas dari target, revenue sudah pasti. Misalkan target kita untuk mendapatkan kategori service terbaik (hotel) kepada tamu-tamu sudah pasti."- Jelas Anna Augriana GM Balairung Hotel, Jakarta.

Bagaimana Strategi GM mengatur dan memotivasi banyak tim?

Yang menjadi inti yang harus dimiliki seorang General Manager adalah sudah pasti dan harus bisa membuat 'tim solid'. Dengan cara apa? dengan melakukan pendekatan personal dan menjalankan komunikasi dengan sangat baik, juga harus adanya keterbukaan dan transparansi.

Hotel dan Teknologi?

Teknologi dalam hotel sangat penting perannya. Teknologi adalah alat 'saat ini' untuk mempertahankan eksistensi dari hotel.

"Hotel yang tidak ada teknologi atau hotel yang tidak berteknologi dengan baik ya bisa dibilang dia tidak akan bisa bertahan lama juga" - Sahut Ibu Anna Augriana.

Pak Arbiter, GM Goodrich Suites Jakarta.

Pak Arbiter sudah tidak perlu diragukan lagi nih MeeBro n MeeSist, Mantan Direktur Sales JW Marriot Hotel Surabaya ini, memulai karirnya dalam bidang Hospitality Industry sejak tahun 2000.

Melewati berbagai tantangan dan menikmati banyak proses membuat dia ingin berbagi tips untuk MeeBro n MeeSist.

  1. Nikmati Proses

Nikmati prosesnya adalah kalimat yang sederhana tetapi memang berarti banyak. Tidak perlu terburu-buru dan juga jangan terlalu lama dalam menentukan tujuan.

"Artinya gini kita harus ditempa dulu, harus merasakan gimana team work, bagaimana sebenarnya di pressure, harus merasakan gimana mengejar deadline dan sebagainya dan itu harus dinikmati sebagai proses." - Arbiter, GM Goodrich Suites Jakarta.

2. Modal Mencapai Karir yang Lebih Baik

Integritas dan Attitude (sikap) adalah modal untuk bisa mencapai karir yang lebih baik berjalan bersamaan dengan kita menikmati proses menuju goals kita.

"Tapi yang paling penting bagi saya, yang saya meyakini satu hal bahwa yang menjadi modal untuk bisa mencapai satu karir yang lebih baik adalah Integritas dan Attitude itu yang paling penting."- Kata Arbiter, Mantan Vice GM Coor Sales Marketing, Kantor Pusat Santika.

Jadi itu dia MeeBro n MeeSist peran dari seorang General Manager Hotel. Membantu kalian dong penjelasan dan tips dari GM diatas. Semoga masa pandemi segera berlalu dan bisa back to normal, agar kita bisa berkegiatan dan berkarya lebih leluasa lagi.

Dan untuk MeeBro atau MeeSist, ingin memenuhi Kebutuhan Acara seperti Meeting, Coworking,  Arisan, atau Social Event Lainnya, yuk kunjungi Meenistry di sini ya -Official Website ( https://meenistry.com/ ) -Instagram ( https://instagram.com/meenistryid?igs ...) -Facebook ( https://www.facebook.com/Meenistry ) -Blog ( https://blog.meenistry.com/ Cepat dan Praktis Semudah Belanja Online.