Jurusan ini memiliki prospek kerja dan kesempatan berkarir yang sangat baik dan luas.

Program studi ini memang belum terlalu dikenal dan diketahui banyak orang. Saat mendengar event management, hal pertama yang kita bayangkan adalah Event Organizer pernikahan atau acara musik, bukan? Tetapi, ternyata ada juga universitas yang secara khusus menyediakan program studi Event Management dengan proses pembelajaran mendalam dan berkualitas.

Event Management adalah jurusan kuliah yang mempelajari bagaimana kalian membangun serta mengembangkan ide, mempersiapkan, hingga eksekusi event atau acara tertentu dalam skala kecil dan besar. Bagi kalian yang menyukai untuk interaksi dengan banyak orang, mengatur dan memperhatikan detail acara agar terlihat sempurna, jurusan ini bisa dikatakan sebagai “jodoh” kamu dalam pendidikan.

Kenapa demikian? Karena dalam jurusan ini kalian akan mempelajari bagaimana mempersiapkan konsep acara yang akan kalian laksanakan dan mengatur kesiapan acara agar berjalan baik.

Pernah datang pada acara musik, pernikahan atau acara lain yang identik dengan keramaian? Dibalik suksesnya dan meriahnya acara yang kalian hadiri, ada tim profesional Event Management di baliknya. Jika masuk jurusan ini, kalian tentunya akan dipersiapkan menjadi individu kreatif dan siap menjadi tenaga profesional industri event.

Prospek kerja dan karir lulusan Event Management

Ilmu yang dipelajari akan mengasah kemampuan kalian sebagai event organizer. Sekolah Event di Indonesia sendiri masih belum banyak dan masih tergolong asing di telinga generasi muda. Tapi, ada beberapa kampus yang menyediakan jurusan Event Management di Indonesia dengan beberapa pilihan jenjang pendidikan yang ada.

Lulusan Event Manajemen dapat melanjutkan karir mereka sebagai Event Organizer, Project Manager, Digital Marketing Consultant, Perencanaan MICE, atau Manajer Event. Tak sedikit pula lulusan Event Management kemudian bekerja sebagai Event Planner, Event Consultant, Government MICE Organizer, dan masih banyak lagi.

Industri event memang tidak pernah ada habisnya, mengingat Indonesia menjadi destinasi wisata yang telah menarik perhatian dunia. Sebagai contoh, event kelas dunia seperti perhelatan BWF Super Series Indonesia Open yang sukses dilaksanakan tahun ini hingga Koferensi Presidensi G-20 dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali.

Hal tersebut menandakan besarnya potensi industri event di indonesia dan sangat dibutuhkannya tenaga profesional untuk menjadi bagian penting tumbuh kembang pariwisata, MICE dan special event lainnya.

Rekomendasi Kampus Event Management

Kampus Event Management di Indonesia masih sangat sedikit, karena program ini masih di anggap sebagai mata kuliah yang menyatu dengan jurusan lainnya. Tapi, terdapat satu kampus yang memiliki program D4 Event Management dengan program studi terbaik di Indonesia, yaitu Politeknik Internasional Bali.

Berada di pulau Bali yang menjadi pusat pariwisata paling favorit dan terdapat beragam event berkelas dunia adalah salah satu alasan kamu wajib melanjutkan pendidikan di Politeknik Internasional Bali untuk jurusan Event Management. Setiap tahunnya, PIB juga rutin menyediakan kesempatan Beasiswa hingga 100% untuk program ini.

Materi pembelajaran yang diberikan juga disiapkan agar para peserta didik lebih siap secara profesional dalam industri MICE (Meeting, Incentives, Convention/Conference and Exhibition) dan Event Management. Semua proses belajar didukung juga dengan fasilitas terbaik dengan teknologi tinggi berstandar internasional seperti Virtual Event Production Lab, Event Venue untuk kelas praktik, studio, serta berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Dengan program terbaik yang diberikan untuk mahasiswanya, Politeknik Internasional Bali menjamin profesionalitas untuk siap bekerja pada industri Event dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan serta dapat lebih memaksimalkan keahlian dan pengetahuan para mahasiswa di dunia industri.