Menjadi seorang MC (Master of Ceremony) atau pembawa acara merupakan profesi yang membutuhkan keterampilan berbicara di depan publik. Memandu sebuah acara agar berjalan baik dan sukses tentunya membutuhkan keahlian seorang MC.

Kebutuhan profesi ini tidak hanya bertujuan untuk memandu acara saja, tentunya diharapkan acara akan lebih terarah dan menarik perhatian dengan adanya seorang MC pada sebuah acara atau event kalian.

Suksesnya sebuah acara dapat ditentukan dari peran MC dalam menyampaikan acaranya dan membuat menarik acara tersebut. Tidak sekedar membawakan acara, MC juga dituntut untuk sempurna dalam penampilan, kemamupuan berbicara, menyampaikan pesan dan menjaga rangkaian acara sesuai dalam rencana.

Elfinda Gladys adalah contoh MC berpengalaman untuk sempurnakan acara kamu, MeeBro & MeeSist. Memulai karier pada tahun 2012 dengan ketidaksengajaan terjun pada bidang ini, ia malah merasa nyaman dan menyukai profesi yang membutuhkan keterampilan berbicara di depan banyak orang ini.

Simak yuk obrolan menarik Meenistry dan Elfinda Gladys. Mengenai profesi, profile dan kesibukan ia saat ini.

Hallo Elfinda Gladys, apa kabar? Lagi sibuk apa nih?

Hai, Meenistry. Alhamdulillah Kabar baik. Biasa lah yah kesibukan mengurus anak dan usaha gue. Secara menajadi ibu dan istri juga membutuhkan waktu extra kan. Jadi harus multitalent kan untuk mengurus keluarga, karier dan profesi gue.

Selama pandemik ini profesi MC berdampak banget ngga sih?

Dampak banget yah pasti dong. Secara kondisi pandemik ini semua serba online kan? Dan event weeding khususnya semua serba terbatas. Terus kalo acara-acara yang melibatkan narasumber, semua serba online dan diatur sedemikian rupa. Jadi, yang tadinya gue ngga terlalu fokus ke teknologi jadi harus belajar dan mengembangkan diri juga dong.

Boleh ceritain ngga sih kapan dan kenapa lo menjadi MC?

Kenapa ya? Mungkin karena gue suka dengan dunia MC dan juga gue suka berbicara dan di dengar orang. Kalo kapan gue mulai, mungkin karena ketidaksengajaan di tahun 2012. Waktu itu di kampus gue ada acara musik yang kebetulan bintang tamu nya punya massa yang banyak banget. Temen gue tiba-tiba nawarin gue sebagai MC acara itu dan lo tau kapan dia kasih tau nya? H-1 acara dong. Haha dan itu perdana gue menjadi MC dengan penonton yang banyak banget.

Apa sih MC menurut lo dan ini cita-cita lo sejak dulu, ya?

Profesi sekaligus hobi yang menyenangkan, bisa belajar banyak hal dan mengenal banyak orang. Kalo ini cita-cita sih, bukan yah. Ketidaksengajaan yang ternyata mengasikan aja yang bikin gue nyaman dan jatuh cinta sama profesi ini.

Menjadi seorang wanita karir itu sulit ngga sih?

Engga kok, selama semua bisa dibagi porsinya masing-masing secara baik dan adil. Gue menjadi istri, ibu dan wanita karir berusaha lakukan yang terbaik apapun dan kapan pun itu.

Ada kesulitan dalam menjalani profesi ini ngga sih? Atau kejadian unik yang pernah lo alamin saat menjadi MC?

Kejadian unik saat acara perdana gue salah satunya. Gue punya pengalaman menarik saat itu. Karena dirasa gue terlalu mengulur waktu, sampe akhirnya gue dilempar tomat sama penonton. Tapi, dari kejadian itu gue malah merasa senang, sih. Berarti suara gue didengan sama mereka. haha

Setiap acara punya karakteristik yang berbeda-beda, punya tuan acara yang berbeda juga karakternya dan kemauan nya jadi harus bisa menyesuaikan diri dengan tema dan permintaan si pemilik acara. Jadi gue diuntungkan untuk tau lebih banyak dan belajar.

Ada cara khusus untuk mengatasi kesulitan saat menjadi MC?

Saat gue ditantang dengan suatu event yang baru dan gue menyanggupi, gue harus berusaha memberikan yang terbaik untuk acara itu. Caranya? Gue akan selalu banyak bertanya untuk mendapatkan informasi yang dapat membantu gue. Persiapan itu paling utama, sih. Belajar cari tahu dan selalu adakan diskusi dengan pemilik acara agar terjadi chemistryyang baik antara MC dan pemilik acara.

Ada ngga sih hal yang ingin lo capai sebagai MC?

Ada dong tentunya. Semakin memperluas jaringan dan keluar negeri agar mendapatkan lebih luas lagi kesempatan.

Ada tips dan pesan untuk MeeBro & MeeSist yang ingin jadi MC?

Kalo lo suka dan mau coba berkarir di profesi ini jangan setengah hati dan lakukan sepenuh hati. Semua profesi yang dilakukan dengan sepenuh hati akan mendapatkan hasil yang penuh juga tentunya, dan jangan pernah nyerah dan percaya diri bahwa lo bisa lakuin yang terbaik versi lo. Terakhir, selalu tanamkan “saya bisa, saya akan bisa, saya akan terus belajar dan mencoba” sehingga ngga pernah ada kata “ngga bisa” dalam diri lo selama lo berniat belajar hal tersebut.

Seorang MC memang menjadi faktor penting kesuksesan acara kamu, MeeBro & MeeSist. tak hanya piawai merangkai kata dan narasi yang baik untuk mewakili acara tersebut. Wawasan, pengalaman dan karakter menyenangkan adalah syarat utama menjadi MC yang baik

Tertarik menggunakan jasa Elfinda Gladys untuk acara kamu agar lebih berkesan dan berjalan sesuai keinginan? Cek langsung aja di Meenistry.com dan pilih semua kebutuhan acara kamu di sini.

MeeBro & MeeSist, ingin memenuhi Kebutuhan Acara seperti Meeting, Coworking,  Arisan, atau Social Event Lainnya, yuk kunjungi Meenistry di sini ya -Official Website ( https://meenistry.com/) -Instagram ( https://instagram.com/meenistryid?igs...) -Facebook ( https://www.facebook.com/Meenistry) -Blog ( https://blog.meenistry.com/Cepat dan Praktis Semudah Belanja Online.