Tidak bisa dipungkiri pandemi virus corona yang berkepanjangan memaksa kita untuk lebih sabar lagi menahan diri #dirumahaja agar memutus rantai penyebaran virus. Banyak cara telah dilakukan untuk mengusir kebosanan atau sekedar melepas stres, tapi pernahkah kamu mencoba hal baru seperti online dating?

Ada berbagai aplikasi online dating yang bisa kamu manfaatkan untuk berbincang-bincang dengan orang baru atau siapa tahu kamu bisa menemukan jodoh lewat aplikasi online dating ini.

Dilansir dari Tempo.com di Indonesia, layanan online dating bernama Tinder selama #dirumahaja mencatat kenaikan percakapan 23 persen dan rata-rata durasi percakapan meningkat 19 persen lebih lama. Nah berikut aplikasi online dating yang bisa kamu gunakan untuk berbagi keluh kesah dengan teman baru yang belum pernah kamu temui di kehidupan nyata yang pastinya akan menambah cerita seru selama #dirumahaja.

  1. Tinder
    Aplikasi ini sudah tidak asing lagi untuk para pengguna gadget. Kini Tinder merupakan aplikasi kencan yang banyak digunakan karena menawarkan kemudahan fitur. Kamu hanya perlu melakukan swipe "Like" ke kanan jika menemukan seseorang yang disukai atau swipe ke kiri jika tidak tertarik. Jika saling "Like", kamu bisa mulai mengobrol satu sama lain lewat chat.

    Selain itu, pengguna juga dapat mengatur jika ingin mencari teman berdasarkan lokasi yang diinginkan. Aplikasi ini dapat diunduh lewat Google Play Store maupun App Store.
  2. Tantan
    Aplikasi ini cukup populer di kalangan para remaja maupun orang dewasa. Pengguna bisa menemukan berbagai macam orang untuk teman chatting, kencan, bahkan ke jenjang yang lebih serius. Kamu hanya perlu "match" (saling suka satu sama lain) untuk bisa melakukan obrolan lebih intens dengan orang yang dipilih. Tantan juga tersedia di Google Play Store dan App Store.
  3. Setipe
    Aplikasi online dating buatan Indonesia ini tidak cuma jadi media buat cari jodoh tapi juga menyediakan fasilitas konsultasi perjodohan secara offline, lho! Meesist/Meebro. Selain registrasi, pengguna juga diwajibkan untuk mengisi tes kepribadian terlebih dahulu. Setipe bisa diunduh melalui Google Play Store atau mendaftar lewat situs www.setipe.com.
  4. Taaruf ID
    Taaruf ID juga aplikasi cari jodoh buatan Indonesia. Tak hanya untuk pengguna beragama Islam, namun penganut agama lain pun juga dapat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini nantinya akan merekomendasi pasangan yang sesuai dengan preferensi pengguna. Taaruf ID juga menghimbau pengguna untuk tidak bertemu berdua secara tatap muka dan disarankan untuk membawa seorang wali jika ingin bertemu secara langsung. Pengguna aplikasi ini bisa log-in menggunakan akun Facebook maupun Google dan tersedia di Google Play Store.
  5. Jodoh Kristen
    Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna beragama Kristen. Aplikasi Jodoh Kristen menerapkan sistem pencocokan dengan mempertimbangkan kriteria kedua belah pihak, ketika dianggap cocok, mereka dapat melakukan komunikasi lebih lanjut melalui chat atau tatap muka melalui kencan. Pengguna juga bisa mendaftar lewat situs www.jodohkristen.com maupun mengunduh aplikasinya lewat Google Play Store.
  6. BeeChat
    Dengan mengutamakan fitur chatting, aplikasi buatan Thailand ini bisa dibilang mirip dengan Tinder. Namun perbedaannya yaitu pengguna bisa berteman langsung tanpa harus menunggu "match" atau persetujuan dari akun yang dipilih. Aplikasi ini juga merekomendasikan pasangan berdasarkan zona terdekat lokasi pengguna. Hal itu artinya pengguna dipermudah jika ingin mencari teman chatting dengan wilayah yang sama. BeeChat tersedia di Google Play Store.
  7. Badoo
    Sama seperti aplikasi online dating pada umumnya, Badoo juga menawarkan fitur chatting untuk pengguna tanpa harus "match" terlebih dahulu. Badoo juga mempermudah pengguna jika ingin mencari teman kencan atau pasangan dari negara lain selain Indonesia. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store maupun App Store.
  8. OkCupid
    Serupa dengan Badoo, aplikasi ini memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk chatting tanpa harus sama-sama "match" seperti halnya Tinder. Namun, OkCupid mengharuskan penggunanya untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mem-filter pencarian pasangan yang punya kecocokan atau relevan. OkCupid juga dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.
  9. Paktor
    Aplikasi online dating ini menawarkan lebih banyak filter pencarian yang lebih spesifik, seperti umur, jenis pekerjaan, latar belakang pendidikan, bahkan tinggi badan. Jika cocok dengan kriteria yang dicari, pengguna bisa langsung berkomunikasi lewat fitur chatting.
    Selain itu, registrasi juga bisa menggunakan Facebook dan sudah tersedia di Google Play Store maupun App Store.
  10. MeowChat
    Sama seperti Badoo, aplikasi ini dapat membantu menemukan teman, bahkan pasangan dari berbagai negara selain Indonesia. Untuk dapat menggunakan Meow Chat, pengguna harus sign up menggunakan akun Facebook.

    Meow chat menawarkan dua jenis chatting yaitu Private Chat layaknya aplikasi WhatsApp dan Line. Pengguna bisa chatting dengan teman yang sudah terdaftar dari kontak maupun Facebook.Lalu yang kedua adalah Random Chat untuk mengirim pesan antar teman chatting yang dicari sesuai kriteria dan keinginan pengguna. Meow Chat juga dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Itulah 10 aplikasi online dating yang bisa kamu manfaatkan sebagai penghibur untuk melepas stres selama #dirumahaja. Tapi tetap berhati-hati ya Meesist/Meebro semua kontrol ada di kamu jika dirasa ada hal-hal yang aneh saat chatting dengan orang baru, kamu bisa langsung berhenti atau laporkan pengguna yang bersangkutan. Kunjungi Meenistry untuk keperluan ruang seperti Wedding, Coworking Space, Arisan, Meeting atau Event Social lainnya.