Pernikahan tidak hanya menyangkut pasangan pengantin, tapi juga menyangkut keluarga dan teman yang akan mendukung mereka dalam bahtera rumah tangga. Dengan demikian, menyatukan semua orang untuk makan, minum dan bersulang untuk pasangan selalu menjadi tujuan utama di hari besar ini.

Dalam sebuah penyelenggaraan pesta pernikahan sajian makanan merupakan bagian terpenting karena sebuah pesta pernikahan, bukan hanya mengundang tamu saja. Mereka yang kamu undang haruslah merasa nyaman dengan apa yang ada dan disajikan di acara kamu tersebut. Hal tersebut harus kamu lakukan sebagai bentuk penghargaan karena mereka sudah berusaha hadir di hari bahagia kamu. Jika kamu adalah pasangan calon pengantin yang memiliki dana cukup besar, persoalan menentukan menu makanan seharusnya tidak menjadi masalah serius.

Bagi para tamu undangan, selain bertemu dan mengucapkan selamat kepada kamu berdua, hal penting lainnya adalah menikmati hidangan makanan atau minuman yang disajikan. Oleh karena itu, penting untuk menyajikan yang terbaik untuk mereka yang hadir di pesta pernikahanmu.

Vendor catering pastinya akan menawarkan beberapa menu untuk kamu pilih. Dan hal tersebut merupakan hak kamu dan pasangan untuk memilih menu apa yang akan dihidangkan pada hari pernikahan nanti. Akan tetapi, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu pilih dengan matang karena belum tentu cocok untuk semua tamu undangan. Berikut beberapa tips memilih menu yang diharapkan dapat menyenangkan para tamu.

Hindari makanan yang berbau menyengat
Ada beberapa jenis makanan yang baunya cukup menyengat. Mungkin bagi sebagian orang tidak bermasalah dengan hal ini, tetapi ada sebagian orang yang tidak tahan dengan makanan berbau menyengat. Misalnya ada makanan yang berbahan bumbu dapur yang baunya tajam, seperti terasi. Meski banyak orang yang menyukai rasa makanan dengan bumbu ini, namun sebagian lagi bisa kehilangan selera makan karena aromanya. Selain itu misalnya, buah durian. Para pecinta durian akan sangat tergoda saat mencium aroma buah yang satu ini. Tapi ada beberapa orang yang tidak tahan dengan aromanya. Jadi, sebaiknya hindari hidangan yang mengandung bahan-bahan berbau menyengat ini demi kenyamanan tamu kamu.


Variasikan menu
Bicara mengenai acara resepsi pernikahan, tentunya hal ini tidak lepas dengan adanya menu makanan yang bervariasi. Mulai dari makanan daerah atau makanan modern bisa kamu pilih untuk hidangan pesta pernikahanmu. Dari semua menu yang ada, akan tetapi sebaiknya dalam menyajikan menu makanan di pesta pernikahan kamu jangan seluruhnya mengandung daging. Karena bisa jadi ada beberapa tamu kamu yang tidak memakan protein hewani atau vegetarian. Variasikan menu dengan sayur atau buah agar tamu yang vegetarian tidak ragu untuk menyantap makanan di acara pernikahan kamu.

Selain itu, hindari menyajikan minuman beralkohol dan tanpa pengawasan. Karena bisa saja anak-anak yang datang beserta dengan keluarganya bisa mengambil minuman tersebut tanpa mengetahuinya.

Hal yang paling penting saat kamu memilih variasi hidangan di pesta pernikahan kamu, pastikan rasa dari hidangan tersebut memang layak untuk dinikmati. Karena apabila rasanya kurang, acara kamu bisa jadi perbincangan para tamu-tamu yang hadir.

Jangan terlalu pedas
Jika kamu menggunakan konsep pernikahan adat, biasanya makanan yang dihidangkan akan menyeragamkan tema adat tersebut. Nah, hampir semua masakan khas Indonesia itu biasanya berbumbu pedas. Akan tetapi, perlu kamu ingat kalau tidak semua orang menyukai atau bisa mengkonsumsi makanan dengan rasa yang pedas. Mungkin sebaiknya, kamu kurangi kadar kepedasannya atau menyajikan variasi hidangan lain agar para tamu dapat memilih dan terpuaskan oleh hidangan pesta pernikahan kamu.

Jangan hidangkan junk food
Saat kamu main ke mal, lalu makan makanan cepat saji, tentu tidak menjadi masalah. Akan tetapi saat kamu pergi ke pesta pernikahan, tentu kamu tidak mengharapkan makanan cepat saji atau junk food menjadi salah satu makanan yang disajikan. Tamu yang kamu undang tidak mungkin mempunyai selera makanan yang sama. Apalagi bagi mereka yang menjalani gaya hidup sehat, pastinya mereka akan sangat memilih makanan yang dihidangkan. Sebagai pemilik acara, ada baiknya hindari untuk memilih makanan cepat saji di menu hidangan pesta pernikahanmu.

Sajikan makanan atau minuman manis
Semua orang pasti suka hal-hal yang manis. Oleh karena itu ada baiknya jika kamu menyajikan makanan atau minuman manis sebagai pencuci mulut. Hidangan seperti ini sebaiknya kamu perhitungkan dengan jumlah yang lebih. Karena bisa jadi yang menyantapnya bukan hanya orang dewasa, melainkan anak kecil yang dibawa oleh para tamu ke pesta pernikahan kamu.

Minuman dingin
Siapa yang tidak suka minuman dingin? Pastinya semua orang suka minuman dingin agar menyegarkan tubuhnya. Bagi kamu yang menyelenggarakan pesta pernikahan dengan tamu yang cukup banyak, venue pastinya akan terasa penuh dan suhunya terasa panas. Nah, biasanya untuk menyegarkan tubuh, para tamu mencari minuman dingin. Sebagai tuan rumah yang mengerti dengan keadaan tersebut, sebaiknya kamu sediakan minuman dingin agar mereka nyaman dengan pesta kamu.

Jika kamu mengadakan pesta pernikahan di outdoor, tidak ada salahnya menyediakan minuman dingin di acara kamu. Karena bisa jadi cuaca sedang panas dan banyak para tamu yang haus dan membutuhkan air dingin untuk diminum.

Snack Bervariasi
Di sebuah pesta pernikahan biasanya menjadi momen bertemu teman lama, rekan kerja, atau mungkin dapat kenalan baru. Disaat itulah perbincangan seru bisa saja terjadi. Nah, supaya suasana lebih asik saat ngobrol, ada baiknya kita sediakan snack di pesta kamu.

Selain dapat menjadi teman ngobrol, snack atau cemilan itu bisa menjadi makanan pengganti pagi para tamu yang sedang mengurangi makan besar.

Tidak perlu memilih menu yang asing di telinga
Common mistake yang sering ditemui adalah mereka suka memilih nama hidangan yang cantik dan kebarat-baratan daripada menu yang biasa kita jumpai. Karena sifat alami akan kekepoan masyarakat kita cukup tinggi, dijamin makanan yang namanya cantik akan lebih cepat habis tapi setelah itu banyak kita temui ada sisa yang cukup banyak dipiringnya.

Untuk menjaga semua tamu yang pulang tanpa perut kosong pastikan buffet selalu terjaga. Bila food stall habis tapi masih ada buffet, acara masih dinilai berjalan sukses. Maka itu coba perhitungkan jumlah buffet kamu dengan baik. Jangan sampai hidangan yang kamu sajikan sudah habis, saat semua orang belum datang semua ke acara pernikahan kamu. Karena hal tersebut bisa membuat para tamu kecewa.

Selain itu, saat mempersiapkan menu makanan resepsi pernikahan sebaiknya disesuaikan dengan budget yang ada. Jangan sampai budget pernikahan hanya difokuskan pada menu resepsi saja. Tapi juga perlu dipertimbangkan mengenai lama waktu resepsi dan kebiasaan makan orang-orang yang akan kamu undang.