Turnamen dapat diartikan sebuah kompetisi atau lebih yang diselenggarakan di satu tempat dan terkonsentrasi dalam jarak waktu yang relatif pendek. Turnamen bisa pula berarti kompetisi yang melibatkan sejumlah pertandingan, masing-masing melibatkan sekumpulan pesaing, dengan keseluruhan pemenang turnamen yang berdasarkan pada hasil gabungan pertandingan individu tadi. Dan di setiap pertandingan akan ada kendala yang menghampiri para panitia, namun hal ini jangan kalian jadikan alasan untuk patah semangat dalam mengadakan tournament. Karena perjuangan kalian akan terbayar jika tournament yang kalian buat sukses dan berhasil menarik banyak orang untuk berpartisipasi untuk mengikuti turnamen yang kalian adakan.

Kali ini, kita akan membahas jenis olahraga yang paling populer di Indonesia selain sepakbola, yaitu badminton. Olahraga badminton merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia dan banyak diadakan turnamen antar kampung, sekolah bahkan sampai pertandingan antar klub olahraga. Sehingga tidak mengherankan, prestasi Indonesia di bidang olahraga badminton sudah diakui dunia sejak dahulu.

Sebelum kita membahas mengenai tournament dan pembuatannya kita akan membahas terlebih dahulu mengenai sejarah bulutangkis dunia untuk menambah pengetahuan para pembaca sekalian. Bulutangkis atau badminton berawal dari olahraga harga yang memainkan kok dan raket yang mulai berkembang di Mesir kuno (ada yang menyebut dari India atau China) sekitar 2000 tahun yang lalu. Kemudian negara Inggris Raya turut memperkenalkan olahraga ini ke negara lain. Bulu tangkis sendiri masuk di Indonesia tahun 1930 an dibawa oleh organisasi yang bernama ikatan sport Indonesia atau disingkat ISI, Bulutangkis sendiri yang mengalami perkembangan yang signifikan di Indonesia tahun 1947, kala itu olahraga ini termasuk salah satu bagian dari program pembangunan yang dicanangkan oleh Presiden Soekarno. Dan pada puncaknya prestasi terbaik di Indonesia adalah memenangkan Thomas Cup pada tahun 1958. Hingga saat ini negara Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan dalam olahraga bulutangkis. Banyak sekali Legenda yang memenangkan kejuaraan dunia dan bahkan ada yang membuat rekor dan belum terpecahkan hingga saat ini.

Membuat suatu acara pertandingan olahraga itu bukanlah hal yang susah, tapi juga tidak bisa disepelekan, karena kalian harus mengundang para calon peserta agar mendaftar di pertandingan yang kalian buat. Nah permasalahan banyak orang awam mengadakan pertandingan badminton itu mereka tidak  mempunyai chanel para pemain, yang ingin mendaftar pertandingan. Sebenarnya semua masalah yang ada itu bisa diatasi dengan cara yang jitu dan ampuh untuk mengundang para pemain untuk mendaftar pertandingan tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat turnamen badminton :


1. Pertama
Mencari sponsor untuk mendukung pertandingan yang kalian akan buat. Mencari sponsor atau dukungan dari produk lain adalah salah satu hal yang penting untuk mengadakan pertandingan bulutangkis, dan tujuan menarik sponsor adalah agar mendapat dukungan berupa uang maupun hadiah dan pertandingan itu akan menjadi lebih bergengsi bagi para calon peserta karena banyak hadiahnya. Dan kamu harus juga memasang nama produk atau jasa yang mensponsori pertandingan kalian.

2. Kedua
Setelah mencari sponsor kalian bisa mulai mencari team wasit untuk menjadi wasit di pertandingan kamu. Di sini kalian menentukan harga team wasit tersebut tergantung dari kesepakatan nya, jika kalian memakai team wasit yang legal dari PBSI maka, tarif yang akan kamu keluar kan akan lah semakin mahal dan sebaliknya jika kalian memakai wasit yang hanya mempunyai team wasit namun tidak punya lisensi dari PBSI biayanya akan lebih murah dibanding yang mempunyai lisensi PBSI.

3. Ketiga
Mengatur budget yang sudah ada. Kalian harus mengatur budget untuk kebutuhan apa saja yang kalian perlukan di pertandingan yang akan kamu adakan. Seperti, memperhitungan pembayaran lapangan selama pertandingan berjalan. Karena biasanya pertandingan bulutangkis membutuhkan waktu 2/3 hari serta memikirkan biaya konsumsi para team wasit dan panitia dan jangan lupa memikirkan biaya hadiah, uang beli shuttlecock dan membayar team wasit yang kamu pakai untuk memimpin pertandingan.

4. Keempat
Selain mengatur budget kalian juga harus mengatur waktu yang tepat, untuk mengadakan pertandingan. Dalam hal ini kalian bisa mengatur jadwal pertandingan di hari jumat, sabtu, minggu  jika kalian mengadakan pertandingan diantara tiga hari itu kalian akan mendapat banyak calon peserta. Karena kebanyakan para calon peserta bisa di tiga hari tersebut namun, jika kalian mengadakan pertandingan kategori umur anak anak atau usia dini kalian bisa menggunakan waktu hari biasa. Dan kebanyakan tournament melakukan hal tersebut.

5. Kelima
Kalian harus sangat gencar mencari peserta untuk turnamen yang kamu adakan. Salah satu nya adalah kalian harus membuat banner atau poster pengumuman pertandingan bulutangkis yang kamu buat, di dalam poster tersebut berisi biaya pendaftaran, kategori umur, dan total hadiah yang kamu siapkan. Poster tersebut bisa kamu sebar di beberapa GOR (gelanggang olahraga) yang ada lapangan bulutangkisnya atau kalian bisa menyebarkan langsung ke tempat latihan latihan bulutangkis. Dengan cara seperti itu poster kalian akan banyak di lihat banyak orang dan hasil dari itu pertandingan kalian akan banyak yang mendaftar.

6. Keenam
Jika sudah banyak yang mendaftarkan diri untuk mengikuti pertandingan yang kamu buat, sekarang bagian kamu mengocok dan membuat bagan para peserta. Agar pada saat pertandingan berlangsung tidak acak adul para pemainya, mengocok nama para pemain untuk menentukan bagannya adalah hal yang sangat wajib di lakukan mengadakan segala pertandingan olahraga. Bagan ini yang menentukan para peserta untuk bermain di jam berapa dan melawan siapa, itulah kegunaan dari bagan pertandingan.

7. Ketujuh
Kalian akan mengadakan rapat ulang untuk keberlangsungan tournament yang kamu buat. Rapat itu terdiri dari panitia pertandingan, team wasit, perwakilan sponsor. Rapat itu kalian akan membicarakan untuk pertandingan besok yang akan di adakan.

8. Kedelapan
Mengadakan evaluasi sesudah pertandingan berlangsung. Manfaat evaluasi sesudah pertandingan berlangsung adalah agar kalian mengetahui apa yang salah dan kendala dalam pertandingan tersebut. Agar kedepannya kalian bisa mengadakan turnamen yang bisa lebih sukses dan banyak mendatangkan banyak sponsor dan banyak para peserta. Karena kesuksesan suatu pertandingan di ukur dari total hadiah yang disediakan untuk pemenang, seberapa banyak yang berpartisipasi. Dua hal itu bisa kalian jadikan patokan agar kalian mengadakan turnamen yang lebih besar lagi.

Jika kalian sudah dapat mempersiapkan hal itu semua, kalian akan sukses dalam mengadakan turnamen yang kamu akan buat. Dan sampai acara itu mulai akan tidak ada kendala yang berat jika kalian mengikuti beberapa hal di atas namun, bukan berarti semua acara tidak ada masalah. Ada masalah namun tidak akan besar jika kalian sudah mengikuti cara di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang akan mengadakan turnamen badminton dan agar menjadi sukses.