Sebuah pernikahan menyangkut suatu kesatuan yang luhur dalam berumah tangga. Bukan hanya sekedar menyatukan dua hati, dua individu, akan tetapi tujuan pernikahan ini yang harus dipahami oleh semua orang. Dalam persiapan acara pernikahan tentunya banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari tempat pernikahan, dekorasi, baju, menu makanan, bahkan yang paling penting ialah undangan pernikahan. Dibandingkan dengan mencari vendor, menyewa venue pernikahan dan bahkan mengurus persiapan gaun pernikahan, terkadang undangan memang dilihat sebagai hal sederhana dalam bagian persiapan tersebut.

Meskipun terlihat sederhana, namun ternyata menyepelekan hal tersebut dapat membawa permasalahan dikemudian hari. Bahkan, beberapa di antaranya tidak dapat ditolerir dan krusial.  Tentu anda tak mau momen ini terlupakan begitu saja, bukan? Dan pastinya anda mengharapkan tamu undangan datang ke acara pernikahan anda. Oleh sebab itu anda harus memikirkan dengan matang mengenai undangan pernikahan agar undangan anda menarik dan tidak dibuang begitu saja oleh penerimanya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat dan menyebarkan undangan adalah:

1. Sesuaikan dengan konsep pernikahan
Jika konsep pernikahannya sederhana maka undangan pernikahannya pun dibuat sederhana juga. Begitupun sebaliknya, jika konsep pernikahannya eksklusif maka undangan pernikahannya pun dibuat eksklusif juga. Mengapa demikian? Karena akan terlihat aneh jika konsep pernikahan dengan undangan pernikahan tidak sama.

2. Tentukan desain yang menarik
Anda bisa menentukan desain yang anda inginkan. Untuk referensi, anda bisa mencarinya di internet. Namun pastikan desain yang anda tentukan menarik untuk para pembacanya. Dan konsultasikan pemilihan desain tersebut dengan kedua belah pihak. Baik keluarga anda maupun keluarga besar calon pasangan agar mendapat kesepakatan. Untuk pemilihan desain sebaiknya jangan terlalu ramai, cukup memakai beberapa warna saja. Karna jika terlalu ramai akan membuat para pembacanya pusing dan tidak fokus.

3. Menulis informasi dengan jelas
Salah satu informasi wajib yang harus tertera di undangan pernikahan ialah peta. Peta merupakan petunjuk arah menuju tempat pernikahan anda. Hal tersebut mempermudah tamu undangan untuk menjangkau ke tempat acara pernikahan anda dengan mudah. Selain peta, nama panggilan anda dan calon pasangan anda juga harus ditulis. Hal ini memungkinkan teman lama anda mengenali anda.

4. Menghadiri pameran pernikahan
Event ini sering kali digelar. Pameran pernikahan pada umumnya menawarkan berbagai macam diskon produk untuk keperluan pernikahan. Tujuan dari menghadiri pameran pernikahan ini adalah untuk menghemat budget anda. Jika memiliki waktu luang, pergilah untuk menghadiri pameran pernikahan bersama pasangan anda.

5. Memasang foto pre-wedding
Dengan memasang foto prewedding akan membuat undangan pernikahan anda menjadi lebih menarik. Namun hal ini merupakan opsional, dan tidak wajib dilakukan. Tidak ada salahnya juga jika ingin memasang foto pre-wedding anda dengan pasangan anda. Selain itu, saat ini memasang foto pre-wedding di kartu undangan pernikahan sudah hampir menjadi kebiasaan bagi para calon pengantin.

6. Memastikan semuanya sebelum dicetak
Ada kalanya desain yang anda pilih ternyata memberikan hasil yang kurang baik ketika dicetak di tempat percetakan. Pastikan anda telah memilih material kertas undangan yang sesuai. Selain itu, periksa juga nama mempelai, alamat, serta tanggal resepsi sebelum mencetaknya. Semua info yang dianggap penting harus diperiksa secara teliti. Dan jangan lupa,  pilihlah huruf yang mudah dibaca.

7. Menentukan tempat percetakan undangan
Jika desain undangan sudah disepakati oleh calon pengantin pria dan calon pengantin wanita, segeralah pergi untuk mencari tempat percetakan. Pilih tempat percetakan yang memiliki reputasi baik dan sudah menangani banyak pesanan dari orang lain. Itu berarti, tempat percetakan tersebut memiliki kualitas yang bagus. Dan juga pilih tempat percetakan yang dekat dengan lokasi tempat anda tinggal, supaya jika terjadi masalah anda tidak merasa repot untuk jauh-jauh datang ke tempat percetakan tersebut.

8. Menentukan saat yang tepat untuk menyebar undangan
Menentukan waktu untuk menyebar undangan terkadang disepelekan oleh calon pengantin, padahal waktu untuk menyebar undangan harus ditentukan dari jauh-jauh hari agar tidak kerepotan. Menyebar undangan yang ditujukan ke kerabat atau sahabat yang ada di luar kota sebaiknya disebar satu bulan sebelum pernikahan, sedangkan untuk di dalam kota waktu yang tepat ialah dua minggu sebelum hari H pernikahan.