Menjalin cinta memang indah dan menyenangkan. Cinta dapat membuat hidup seseorang menjadi berwarna. Untuk menjalin cinta, pastinya dibutuhkan pasangan yang saling mencintai. Setiap pasangan tentu menginginkan hubungan yang berlangsung lama atau awet. Namun perlu diketahui, untuk menjalin cinta dan mempertahankan suatu hubungan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Butuh komitmen antara kedua pasangan tersebut.

Dalam setiap hubungan, memiliki masalah bukanlah hal yang asing lagi. Terkadang masalah yang kecil saja dapat menimbulkan hubungan yang tidak sehat dan membuat hubungan menjadi rentan. Hubungan yang sehat dapat diwujudkan bersama, asalkan sepasang kekasih tersebut menjalankan komitmen.

Lalu bagaimana membuat suatu hubungan menjadi sehat, awet atau berlangsung lama? Yuk simak ulasan dibawah ini.

1.     Jalin komunikasi yang baik

Komunikasi merupakan kunci utama mengapa sebuah hubungan dapat berjalan dengan baik. Seringnya pertengkaran yang terjadi di dalam suatu hubungan dapat berawal dari komunikasi yang tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu, jika kamu dan pasangan menginginkan hubungan yang awet jalinlah komunikasi yang baik.

Jika ada masalah sekecil apapun, bicarakan dengan pasangan kamu. Jika ada sesuatu yang diinginkan, bicarakan juga dengan pasangan kamu. Jangan sampai kamu diam dan menahan seluruh perasaan kamu.

Jalankan komunikasi secara intens walaupun kamu dan pasangan kamu sedang sibuk dengan kegiatan masing-masing. Jangan karna sibuk, kamu dan pasangan kamu menjadi jarang berkomunikasi. Berkomunikasi di era modern ini semakin mudah, yang dimana muncul perangkat teknologi canggih yang bisa kamu gunakan seperti smartphone.

2.     Percaya satu sama lain

Selain komunikasi, saling percaya satu sama lain juga merupakan kunci agar hubungan dapat berjalan dengan baik. Kamu harus menumbuhkan rasa percaya kepada pasangan kamu. Jangan sampai kamu memikirkan yang tidak-tidak mengenai pasangan kamu. Jika kamu mulai mendengar hal-hal negatif yang menyangkut pasangan kamu, bertanyalah secara langsung kepada pasanganmu agar tidak menimbulkan masalah dan membuat hubungan menjadi tidak sehat.

Jika kamu merasa tidak percaya dengan pasanganmu, kamu akan merasa tidak nyaman dan akan sakit hati. Tak heran jika hubunganmu menjadi goyang dan tidak bertahan lama.

3.     Menghabiskan waktu yang berkualitas

Untuk mewujudkan hubungan yang awet dan sehat kamu, kamu dapat berpergian dengan pasangan ke tempat-tempat yang kamu dan pasangan kamu sukai. Selain itu pergilah ke tempat yang dimana bisa dijadikan sarana untuk belajar bersama. Misalnya kamu bisa berpergian ke acara fesival, seminar ataupun memasak bersama, dengan begitu kamu dan pasangan kamu bisa belajar mengenai hal-hal yang belum dipelajari bersama, dan keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan ialah kamu dan pasangan kamu menjadi pasangan yang sama-sama memiliki pengetahuan baru yang belum pernah di dapatkan.

Saat kamu dan pasangan kamu sedang berdua, pastikan kamu saling terhubung dan terkoneksi satu sama lain. Jangan sampai ketika kamu dan pasangan kamu sedang jalan berdua, kamu malah sibuk dengan urusan sendiri. Itu akan membuat pasangan kamu menjadi tidak nyaman.

4.     Saling pengertian dan menghargai

Ketika kamu ingin memiliki hubungan yang awet, berusahalah untuk mengerti dan menghargai pasangan kamu. Hindari perkataan yang dapat menyinggung perasaan kamu. Hargai apapun yang pasangan kamu lakukan, jika itu masih ke ranah yang positif. Hindari terlalu mengekang dan mengatur pasangan kamu, karna itu akan membuat pasangan kamu menjadi tidak nyaman dan di khawatirkan hubungan kamu menjadi retak.

Cobalah untuk mencari tau apa yang disukai dan tidak disukai oleh pasangan kamu. Jika kamu dan pasangan kamu sudah saling pengertian dan saling menghargai, percayalah hubungan kamu akan menjadi awet dan sehat.

5.     Hindari membandingkan hubungan

Sering merasa iri dan membandingkan hubungan kamu dengan hubungan orang lain dapat menjadi pisau di dalam hubungan kamu. Kebiasaan ini sangatlah tidak baik dan dapat menimbulkan konflik. Hindari kebiasaan tersebut dan belajarlah untuk menerima apa yang terjadi di dalam hubungan kamu. Karna hubungan di setiap pasangan tidaklah sama. Belum tentu hubungan orang lain yang kamu lihat terlihat istimewa, bisa saja hubungan tersebut terdapat kekurangan yang kamu dan pasangan kamu tidak ketahui.

Jadi, mulai sekarang jangan suka membandingkan hubungan kamu dengan hubungan orang lain jika kamu ingin hubungan kamu awet.

6.     Stop ungkit masa lalu pasangan

Terkadang tanpa disadari kamu sering mengungkit masa lalu pasanganmu. Masa lalu merupakan cerita lama yang sudah usang yang tidak perlu kamu ungkit kembali. Memang, terkadang mengungkit masa lalu menjadi bahan ckamuan dalam sebuah hubungan, namun tidak selamanya hal itu bisa terus dilakukan. Jika kamu ingin melakukan ckamuan, carilah topik dan bahasan lain. Karena itu akan meminimalisir terjadinya konflik.

Tak perlu lagi bertanya atau penasaran secara mendalam mengenai masa lalu pasanganmu dengan kekasihnya yang dulu. Yang perlu kamu lakukan ialah fokus kepada hubungan kamu yang sekarang sedang dijalani. Jangan biarkan masa lalu yang telah usang menjadikan hubunganmu menjadi retak.

7.     Tidak egois

Jangan mengharapkan hubungan yang awet jika kamu bersikap egois. Maka dari itu, kamu harus belajar untuk memperhatikan pasanganmu dengan cara tidak mementingkan diri kamu sendiri. Karena sebuah hubungan tidak dijalankan oleh satu orang saja namun, dijalankan oleh dua orang yang saling mencintai.

8.     Tetaplah berusaha untuk menjaga kehangatan

Usia hubungan yang sudah lama merupakan sebuah tantangan. Yang menjadi pertanyaan ialah apakah kamu bisa menjaga kehangatan dengan pasangan walaupun hubungan sudah terbilang lama? Kamu dan pasangan yang sudah terlanjut nyaman dengan hubungan sering timbul rasa malas untuk melakukan perubahan dan yang terjadi hanyalah seperti itu saja. Pada akhirnya, kamu dan pasangan akan lebih mudah merasa bosan.

Rasa bosan inilah yang dapat memicu keretakan sebuah hubungan. Agar hal tersebut tidak terjadi, tetap ingatkan pasangan bahwa kamu mencintai dan menyayanginya. Hal ini dapat mengusir rasa bosan didalam hubungan kamu.

Itulah 8 hal yang dapat kamu lakukan agar hubungan asmara tetap awet. Dan agar hubungan kamu dengan pasangan bisa lanjut ke tahap yang lebih serius atau ke jenjang pernikahan, pastikan untuk memperjelas hubungan kamu dan selalu menjalankan komitmen yang telah disepakati bersama. Dan jangan lupa untuk mendekatkan diri ke keluarga pasangan kamu, karena percuma jika kamu sudah menjalin hubungan yang lama dengan pasangan kamu namun kamu tidak dekat dengan keluarga pasangan kamu.

Sebaiknya ketika kamu memiliki waktu luang, pergilah kerumah pasangan kamu untuk berbincang dengan keluarga pasangan kamu agar terjalin hubungan yang lebih dekat dan seakan tidak ada jarak. Percayalah, dengan begitu hubungan asmara kamu dengan pasangan akan lebih sehat dan awet. Jadi, apakah kamu sudah menerapkan 8 hal yang diatas?