Selamat Hari Buruh 2020 untuk semua pekerja di dunia. Selamat Hari Buruh untuk para terdepan pahlawan perjuangan kemanusiaan Indonesia dalam melawan virus corona, semoga semangat hari buruh tahun ini tidak luntur terkena paparan virus, terimakasih atas dedikasi luar biasanya untuk kemanusiaan! Dan selamat Hari Buruh Indonesia. Semoga para pekerja di Indonesia semakin produktif, kompetitif, dan sejahtera.

Memasuki Pekan ke-2 di bulan puasa. Puasa tahun ini kita diberi kesempatan untuk lebih menghangatkan rumah berbuka dan bersantap sahur #dirumahaja, tentunya Puasa tidak mengurangi semangat work from home alias WFH kamu kan Meesist/Meebro? Belum lagi suasana pandemi yang penuh ketidak pastian.

Nah! untuk tetap menjaga tenaga dan semangat ada 7 tips jaga fokus WFH saat puasa selama #dirumahaja yang bisa kamu ikuti,

  1. Mandi sebelum bekerja
    Ini penting dilakukan lho, untuk menyegarkan badan sebelum mulai bekerja. Seperti yang kita ketahui, tidur sebentar setelah sahur dan salat subuh bisa terasa melelahkan. Mata pun terasa masih berat dan ngantuk banget bukan? Nah, agar pikiran dan tubuh lebih siap serta fokus bekerja, sebaiknya mandi dulu, ya Meesist/Meebro!
  2. Kenakan pakaian yang nyaman
    tak kalah penting diperhatikan, pakaian kita selama WFH ikut menentukan prestasi seharian, lho. Pastikan baju Anda bersih dan nyaman, serta cukup layak dipakai sehingga jika ada virtual meeting dadakan penampilan kita pun masih mumpuni.
  3. Pilih ruangan yang "pas"
    Ruangan yang terlalu dingin atau gerah juga bisa bikin kita gerah, lesu, dan mudah haus. Biar puasa nggak batal dan pekerjaan tetap jalan, selain memakai pakaian nyaman dan mudah bergerak, pastikan juga suhu ruangan Anda untuk bekerja sudah pas, ya. Fokus kita akan terganggu jika harus mengipas-ngipas sembari mengetik pekerjaan, atau malah mengantuk karena suhu ruangan yang adem banget.
  4. Setel musik yang upbeat
    Dentuman ringan pada musik yang kamu dengarkan bisa membuatmu terbawa vibe-nya yang menyemangati. kamu tidak perlu menyetel lagi EDM atau lagu-lagu untuk zumba juga, yang penting cukup upbeat sehingga kamu tak kembali mengantuk.
  5. Isi waktu istirahat dengan mengobrol
    Kalau biasanya jam makan siang dihabiskan dengan menyantap masakan rumah, kali ini selama puasa kamu punya waktu kosong nih. Gunakan dengan ngobrol bareng teman atau pasangan di waktu-waktu ini, baik secara virtual maupun rebahan sebentar di ruang tamu bersama keluarga.
  6. Sempatkan tidur siang
    Selama berpuasa Ramadan, otomatis jam istirahat kita akan terpotong karena harus makan sahur dan terjaga sampai waktu salat subuh tiba. Sementara itu biasanya jam kerja selama Ramadan pun dimulai lebih pagi. Biar tetap berenergi dan fokus bekerja, sempatkan juga untuk tidur siang alias siesta ya di sela-sela jam istirahat makan siang kamu!
  7. Jangan paksakan fokus, selingi dengan hal menyenangkan
    Setiap kali kamu selesai melakukan satu to-do list harian, kamu bisa menyelinginya dengan melakukan hal-hal yang menambah semangat. Misalnya menjadwalkan buka puasa virtual bareng teman-teman lama, mencicil masak untuk menu berbuka puasa nanti, atau menyusun jadwal delivery makanan untuk sahur dan berbuka puasa boleh untuk dicoba lho! Meesist/Meebro.

Itulah 7 tips jaga fokus WFH saat puasa selama #dirumahaja. Jangan lupa kunjungi Meenistry untuk keperluan ruang seperti Wedding, Coworking Space, Arisan, Meeting atau Event Social lainnya.