Berbeda dengan venue indoor, sekarang konsep outdoor lebih banyak dipilih oleh calon pasangan pengantin karena nuansa yang lebih sejuk dan seperti menyatu dengan alam. Konsep outdoor dapat memberikan kesejukan yang berbeda dengan nuansa sejuk di venue indoor. Lokasi outdoor menawarkan suasana yang lebih lapang tanpa banyak sekat atau pembatas. Dengan begitu para tamu undangan dapat lebih bebas kemana saja ia ingin melangkah. Untuk tempat yang digunakan biasanya para calon pengantin menggunakan kebon kota atau halaman rumah sebagai venue pesta agar bisa lebih memangkas biaya. Untuk dekorasi yang biasa digunakan adalah tanaman hijau sebagai dekorasi yang alami.

Nah, dalam acara pernikahan outdoor seperti itu, mempelai wanita harus tampil menawan dengan makeup yang tahan lama. Berikut ini terdapat tips yang akan membantu make-up Anda lebih awet meski menggelar pernikahan outdoor.

1. Aplikasikan Primer

Primer berfungsi untuk mengontrol minyak yang pada di wajah, terutama pada hidung dan kening karena ini merupakan bagian T-Zone. Jadi, kualitas foundation terletak di sini. Meskipun ini merupakan step awal, namun primer sangat berpengaruh. Caranya, aplikasikan primer di bagian hidung dan kening. Jika Anda menggunakan foundation bertekstur cair, ratakan ke seluruh wajah menggunakan aplikator seperti kuas maupun sponge seperti beauty blender agar saat pengaplikasiannya rata dan tidak terlihat bergaris saat berkeringat.

2. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya yang memiliki kandungan SPF berguna untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerutan dan flek hitam pada wajah. Anda dapat memilih tabir surya yang berbentuk mist dan disimpan di dalam botol kecil untuk Anda aplikasikan ulang pada wajah setiap empat jam.

3. Memilih Bedak yang Bersifat Oil Free

Perlu Anda ingat, bahwa udara diluar ruangan pada siang hari cenderung berhawa panas. Hal ini beresiko membuat riasan menjadi mudah luntur. Maka untuk mencegahnya pilih bedak yang bersifat oil free karena lebih banyak mengandung mineral untuk menjaga kelebihan minyak di area wajah.

4. Pakai Elemen Make-up yang Waterproof

Elemen make-up waterproof seperti mascara, lipstick, dan eyeshadow akan membuat hasil make-up Anda lebih tahan lama. Karena kalau berada di outdoor dalam waktu yang lama dan tidak menggunakan make-up waterproof dikhawatirkan akan mudah luntur.

5. Final Touch

Ketika sudah lengkap menggunakan make-up, jangan lupa semprotkan facial mist atau makeup setting spray yang akan membuat hasil riasan menempel pada wajah dan tidak luntur. Dengan menggunakan makeup setting spray ini juga akan membuat wajah Anda terasa menjadi lebih fresh dan tahan lama.

6. Produk Touch up

Tidak perlu banyak produk touch up, yang perlu disiapkan hanyalah bedak dan lipstik yang bisa digunakan ketika makeup Anda sudah mulai luntur karena sudah seharian.

7. Hiasan Kepala

Tidak hanya makeup wajah, makeup rambut pun juga perlu diperhatikan agar bertahan lama. Jika Anda ingin terlihat lebih rapi di setiap foto yang diabadikan dan sepanjang acara pernikahan Anda, lebih baik Anda memilih tatanan rambut dengan model sleek updo karena bentuknya lebih tahan terhadap angin. Jika Anda berhijab, Anda bisa memilih bahan hijab yang nyaman dipakai dan tentunya dengan bahan yang lembut.

Supaya Anda dan pasangan Anda nyaman selama acara, maka pemilihan busana pun harus tepat. Nah, agar Anda tidak bingung, yuk simak tips memilih gaun pengantin yang nyaman namun tetap terlihat cantik di acara pernikahan kamu ini.

a. Pilih gaun pengantin yang simple
Gaun pengantin yang cocok untuk digunakan pada acara outdoor wedding ialah H-line atau A-line yang membuat Anda lebih mudah bergerak. Karena jika Anda menggunakan gaun pengantin panjang maka Anda dibatasi geraknya oleh kain dress atau baju pengantin yang menjulur panjang tersebut. Gaun yang panjang menjulur lebih cocok jika digunakan saat acara pernikahan di dalam gedung. Untuk pernikahan di luar gedung, biasanya akan ada banyak aktivitas seperti berdansa, ramah tamah terhadap tamu undangan dan juga berbagai macam kegiatan lain yang tentunya akan banyak menguras tenaga.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, gaun pengantin yang simple namun tetap membuat pemakainya terlihat cantik ialah gaun pengantin seperti H-line atau A-line yang memudahkan Anda untuk bergerak.

b. Bahan yang nyaman
Salah satu faktor yang penting dalam memilih gaun pengantin yang tepat ialah bahan kain. Pilihlah bahan kain yang mudah menyerap keringat dan nyaman dikenakan baik untuk siang maupun malam. Lebih baik Anda tidak memilih bahan gaun pengantin yang ketat di bagian lengan tangan karena itu akan membuat Anda merasa terbatasi geraknya. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, lebih baik Anda menjauhi bahan yang berbulu atau bahan lain yang dapat membuat reaksi alergi pada tubuh Anda. Bahan yang nyaman untuk digunakan biasanya seperti sifon, lace atau sutra.

Bagi Anda yang menggunakan hijab, lebih baik hindari pemakaian hijab dengan teknik yang berlapis-lapis, karena itu akan membuat Anda merasa berat di bagian kepala. Selain itu, hindari juga pemasangan hijab yang ketat pada bagian leher dan kepala. Hal itu akan mengakibatkan keringat yang berlebihan dan dapat membuat kepala rambut Anda menjadi gatal dan merasa tidak nyaman. Anda bisa memilih bahan hijab yang nyaman dan ringan seperti sifon.

c. Warna gaun pengantin
Walaupun desain baju pengantin sudah cantik dan menawan, tampilan Anda tidak akan maksimal jika warna gaun pengantin tidak sesuai dengan warna kulit. Untuk pemilihan gaun pengantin, sesuaikanlah dengan warna kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang gelap, Anda bisa memilih warna gaun yang cerah seperti krem, putih, baby blue atau soft pink. Sedangkan jika Anda memiliki kulit yang cerah, Anda bisa kok memilih warna gaun yang lembut seperti warna-warna pastel.

d. Lengkapi dengan sepatu yang nyaman
Untuk pernikahan di luar gedung atau outdoor wedding, Anda bisa memilih jenis high heels yang tidak terlalu tinggi agar Anda merasa lebih nyaman dan tidak mudah capek. Tekstur tanah yang berada di luar ruangan akan sangat berbeda dengan tekstur lantai, yang mana bisa saja membuat sepatu high heels Anda tertancap di tanah, tentu Anda tidak mau hal itu terjadi bukan? Maka dari itu Anda bisa memilih high heels dengan ukuran tinggi yang berkisar 3-7cm, atau memilih untuk mengenakan flat shoes dan wedges sebagai alternatif lain.

Nah, jadi bagi Anda yang sudah memiliki rencana untuk mengadakan pernikahan di luar ruangan atau outdoor wedding, jangan lupa untuk menerapkan tips-tips yang sudah dipaparkan di atas ya!