Pandemi virus corona yang berkepanjangan menciptakan badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dimana-mana, tidak hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia pun merasakannya, karena industri bisnis saat ini terkena dampaknya.

Pemerintah Indonesia mengambil sikap dengan meluncurkan program Kartu Prakerja yang menawarkan kursus online gratis untuk meningkatkan keterampilan dan bisa adaptif di masa krisis seperti ini, baca tips untuk adaptif pada masa krisis klik di sini.

Namun, jika Meesist/Meebro memang haus akan keterampilan dan merasa perlu untuk mengasahnya kamu bisa mengikuti kursus online gratis tanpa kartu prakerja lho! karena tidak dipungkiri dewasa ini meningkatkan skill dan kemampuan sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan atau menambah pengetahuan.

Berikut 7 kursus online gratis yang bisa kamu akses tanpa kartu prakerja,

  1. Coursera
    Platform pembelajaran online yang satu ini berbasis di Amerika, membuka banyak kursus online gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan skill dan mengisi waktu luang selama #dirumahaja.

    Coursera membuka sampai 100 kelas gratis yang bisa diakses dari berbagai belahan dunia hingga 31 mei, mulai dari kesehatan, bisnis, seni, sains, dan lainnya, baca juga 7 kelas asyik dari coursera yang bisa kamu manfaatkan. Kelas gratis di Coursera diajarkan langsung lho dari universitas-universitas kenamaan dunia.

    Untuk mengaksesnya cukup mudah kamu hanya perlu ke website resmi Coursera (coursera.org), kemudian pilih kelas yang bertuliskan free, klik tombol 'Enroll for Free'. pilih 'Purchase Course', kemudian anda bisa melihatnya di daftar checkout.
  2. Nikon
    Nah kalau kamu suka fotografi atau hobi mengabadikan momen, Nikon menggratiskan layanan kursus fotografi onlinenya yaitum Nikon School Online hingga 30 April mendatang. Masih ada waktu untuk memanfaatkan kesempatan ini dan mumpung masih #dirumahaja karena normalnya, kursus online dari Nikon ini dibanderol sekitar Rp248.000 hingga Rp828.000 untuk setiap kursusnya.

    Materi yang diberikan Nikon cukup beragam dalam kursus online ini, diantaranya seperti teknik dasar memotret beragam objek dan situasi, teknik fotografi makro, cara merekam video menggunakan kamera profesional, dan masih masih banyak lagi, dengan durasi yang bervariasi dari 15 menit hingga 1 jam.

    Kelas gratis ini dipandu langsung oleh para fotografer profesional di bidangnya masing-masing, seperti Reed Hoffman, Chris Hershman, dan lain-lain. Untuk mengaksesnya kamu bisa langsung kunjungi halaman berikut ; https://www.nikonevents.com/us/live/nikon-school-online/
  3. edX
    Kalau kamu ingin mendapatkan pelatihan gratis dari universitas terbaik dunia seperti Harvard University atau Institut Teknologi Massachusetts, platform online edX menyediakan program kursus online gratis yang bisa memenuhi keinginan kamu lho! Dan masih banyak universitas yang terbaik dunia lainnya yang mengisi kursus online gratis ini. Secara khusus, edX telah bekerja sama dengan 140 institusi di dunia.

    Ada sejumlah kursus online yang disediakan, misalnya ilmu komputer, bahasa, data, bisnis dan manajemen, teknik, hingga humaniora. Cara mengaksesnya kamu cukup dengan mengunjungi situs edX (https://discover.edx.org/), lalu kamu bisa memilih ribuan kursus. Tentunya pilih kursus yang bertuliskan 'free' ya Meesist/Meebro.
  4. Oracle
    Raksasa teknologi Oracle juga tidak mau ketinggalan untuk mencerdaskan masyarakat dunia dengan sebuah pelatihan online gratis. Bagi kamu yang tertarik dalam dunia programing, Teknik, sampai Arsitek bisa langsung kunjungin oracle.com program pelatihan ini berakhir setelah 15 Mei 2020 ya Meesist/Meebro.

    Yang menarik dari kursus online milik Oracle ini adalah pelajar hingga profesor bisa mendapatkan akses lebih dari 50 jam kursus online dan Oracle juga menyediakan ujian sertfikasi lho!
  5. Speaky
    Yuk asah kemampuan berbahasa asing di platform Speaky, selain meberikan pelatihan kursus kamu akan dipertemukan dengan orang dibelahan dunia lain yang akan menjadi lawan bicara-mu dalam menggunakan bahasa yang ingin kamu dalami tentunya.

    Kamu dapat mengakses speaky di situs speaky.com atau kamu bisa mendownload aplikasi di perangkat kamu agar lebih mudah belajar #dirumahaja lalu mendaftar dan pilih bahasa sesuai minat kamu.
  6. Microsoft
    Microsoft membuka sebuah pelatihan online bertajuk Training: Azure 900 Fundamental For Education. Kursus ini sepenuhnya gratis dan dibawakan oleh para senior di Microsoft. Terdapat 5 modul yang nantinya akan dipelajari.

    Lima di antaranya Introduction to Azure, Cloud Concepts, Core Azure services, Azure Pricing and Support, dan yang terakhir Security, Privacity, Compliance and Trust. Untuk mengaksesnya kamu cukup kunjungi halaman ini ; https://info.microsoft.com/US-AzureApp-CATALOG-FY20-05May-12-TrainingAzure900fundamentalsforeducation-SRDEM15957_CatalogDisplayPage.html
  7. Google
    Meesist/Meebro pasti sudah akrab dengan search engine bernama Google, ternyata Google memiliki sebuah program pelatihan kursus online secara gratis bernama Google Digital Garage. Pada program ini kamu ditawarkan ratusan  kelas online gratis dari beberapa pilihan tema yang bisa diambil.

    Pelatihan didalam Google Digital Garage sendiri lebih fokus terhadap mengasah skil marketing untuk membuka usaha digital yang akan sangat berguna pada masa krisis seperti sekarang. Untuk dapat mengaksesnya kalian cukup pergi ke halaman ini ; https://learndigital.withgoogle.com/digitalgarage/courses

Nah itulah 7 kursus online gratis yang bisa kamu akses tanpa kartu prakerja selama #dirumahaja yuk manfaatkan masa karantina kamu dengan mengasah kemampuan atau mempelajari hal baru untuk menunjang karier kamu di masa mendatang. Kunjungi Meenistry untuk keperluan ruang seperti Wedding, Coworking Space, Arisan, Meeting atau Event Social lainnya.