Sejak virus Corona ditetapkan menjadi pandemi global oleh WHO, membuat sejumlah pemerintah mengeluarkan imbauan bagi masyarakatnya untuk work from home (wfh) atau bekerja dari rumah, dan social distancing, sebagai pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Pemerintah Indonesia pun sejak 15 Maret kemarin telah meliburkan sekolah selama 2 pekan di seluruh Indonesia, semua orang diminta untuk melakukan social distancing yang artinya menjarakkan diri untuk menghindari penularan penyakit.

Social distancing bukan berarti kamu harus menutup diri dan tidak mau bertemu siapapun, selama social distancing kamu tetap bisa bergerak bebas dan melakukan hal produktif lainnya, namun tidak disarankan untuk pergi ke tempat keramaian. Social distancing juga memberikan kamu waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Rumah dan keluarga adalah perlindungan paling tepat dari badai virus corona yang mengancam di luar sana.

Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan bersama keluarga untuk mengisi waktu dalam situasi pendemi virus corona.

  • Membersihkan Rumah
    Dengan menjarakkan diri dari keramaian bukan berarti kamu sudah terbebas dari ancaman virus corona, kebersihan lingkungan juga harus diperhatikan untuk meminimalisir tersebarnya virus tersebut. Kamu bisa melakukan bersih-bersih rumah bersama anggota keluarga lainnya yang tentu akan membuat kegiatan tersebut terasa menyenangkan.
  • Memasak
    Manfaatkan waktu berisolasi di rumah sebagai cara untuk melakukan bonding bersama keluarga, salah satunya memasak bersama. Meesist/Meebro yang sudah memiliki buah hati bisa melibatkan mereka dalam proses memasak karena dengan kegiatan ini mereka akan belajar keterampilan baru.
  • Membuat Prakarya
    Kegiatan menyenangkan lain yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah membuat prakarya. Cukup yang sederhana saja seperti membuat tempat pensil dari es krim atau merangkai bunga hias yang juga dapat mengasa kemampuan otak kanan anak-anak dalam keluarga.
  • Bercocok Tanam
    Mengajarkan anak untuk bercocok tanam juga bisa dilakukan sebagai pengisi waktu saat liburan. Aktivitas seperti ini bisa menambah pengetahuan sang buah hati untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Dan selalu di ingat setelah bercocok tanam untuk segera mencuci tangan.
  • Menonton Film
    Setelah menghabiskan waktu seharian dengan aktivitas yang produktif, menonton film atau movie marathon bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk bersantai di malam hari. Genre film bisa disesuaikan dengan usia anak yang ada di keluarga, pilihlah film yang memiliki sisi edukatif yang bisa dipelajari.
  • Membaca
    Isilah waktu social distancing dengan bangkitkan kembali minat baca kamu dan keluarga. Berada di rumah sepanjang hari adalah kesempatan besar untuk membuka "jendela dunia" Kegiatan produktif seperti ini sangat berguna, selain dapat menambah wawasan, membaca juga sangat tepat untuk mengedukasi anak sejak dini.
  • Piknik di Rumah
    Jika bosan berada dalam rumah yang isinya hanya dinding dan dinding saja, kamu bisa menfaatkan halaman depan rumah atau taman belakang rumah sebagai tempat piknik. Walaupun hanya berjarak 5 meter dari rumah, percayalah kegiatan ini akan memberikan kehangatan untuk kamu dan keluarga.

Nah! itulah 7 kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga saat social distancing, jaga keluarga tetap erat dan sehat ya Meesist/Meebro! Setelah pandemi corona mereda kamu bisa langsung klik Meenistry banyak tempat menarik untuk berbagai keperluan kamu seperti Meeting, Wedding, Arisan, Coworking Space dan atau social event lainnya. Get well and stay safe everyone!