Akibat makin meluasnya penyebaran virus corona atau COVID-19, pemerintah indonesia mengambil tindakan sementara dengan mengeluarkan imbauan untuk social distancing dan work from home (WFH). Dengan begitu, banyak karyawan yang terpaksa menjalankan tugas dengan mengandalkan fungsi gawai secara maksimal.

Untuk tetap produktif saat work from home (wfh) Kami telah memberikan tips-tipsnya di 5 Tips Jaga Produktivitas Saat Work From Home untuk Cegah Penyebaran Covid-19!. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi yang dapat membantu kamu kerja dari rumah. berikut daftar aplikasi yang bisa kamu andalkan fungsinya secara maksimal.

  • WhatsApp
    Aplikasi pesan instan ini sangat membantu untuk menjalin komunikasi yang baik sesama rekan kerja. Melalui WhatsApp, kamu bisa berkirim pesan teks, foto, atau melalui videp call hingga empat orang secara bersamaan.
  • Google Apps (G Suite)
    Google menyediakan paket lengkap aplikasi yang dapat menunjang pekerjaan, dan tentunya memudahkan saat bekerja dari rumah. Google App atau G Suite adalah kumpulan aplikasi buatan Google seperti, Gmail, G Drive, Google Hangouts, Google Calender, Google Documents, dan lain sebagainya.
  • Microsoft Office 365
    Microsoft juga mempunyai layanan serupa fungsi dengan Google yang dinamakan Office 365. Microsoft Office 365 dirancang untuk kebutuhan kolaborasi di tingkat organisasi, departemen, dan tim. Ada banyak aplikasi di dalam Office 365, mulai dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneDrive for business, SharePoint Online, Microsoft Teams, Yammer, Skype for Business, dan masih banyak lagi yang dapat meningkatkan produktivitas kamu.
  • ZOOM Cloud Meetings
    Aplikasi mirip Google Hangouts ini tidak hanya digunakan untuk meeting online saja, tapi juga bisa dilakukan untuk melakukan kelas online yang seperti yang sudah diterapkan di berbagai universitas di dunia. ZOOM Cloud Meetings mampu mengundang hingga 100 orang untuk bergabung rapat secara gratis. ZOOM Cloud Meeting juga bisa membagikan file dalam ukuran besar, hal ini karena ZOOM telah terintegrasi dengan Google Drive ataupun Dropbox.
  • Trello
    Aplikasi ini dilengkapi fitur seperti, Board, List, dan Card yang memudahkan Meesist/Meebro saat bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim saat melakukan proyek bersama. Selain itu, Trello akan membantu menyusun rencana kerja sampai proyek itu rampung.
  • Toogl
    Bekerja dari rumah bukan hanya menyenangkan tapi juga menantang karena banyak gangguan atau distraksi yang menghambat produktivitas. Dengan Toogl, kita bisa mengatur waktu kerja sesuai yang diinginkan, aplikasi ini akan mengingatkan kita kapan waktunya berhenti dan kembali bekerja, termasuk kapan waktunya pekerjaan harus diselesaikan.
  • DayWise
    Sedikit mirip dengan Toogl, karena fungsinya juga untuk meningkatkan produktivitas kerja. Waktu yang diatur dalam DayWise berfungsi untuk mengalihkan semua notifikasi. Misal, saat bekerja, hanya notifikasi penting saja akan muncul di gawai kamu, sehingga Meesist/Meebro dapat lebih fokus lagi dalam mengerjakan tugasnya.

Itulah tujuh aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas kamu saat bekerja dari rumah rekomendasi Meenistry. Setelah pandemi mereda kamu bisa kunjungi website Meenistry.com terdapat berbagai macam coworking space menarik yang ada disekitar kamu atau dimanapun kamu mau! Get well and stay safe Meesist/Meebro!