Pernikahan adalah momen yang sakral dan bagian dari fase kehidupan pasangan yang sangat penting. Persiapan sebelum menikah juga merupakan bagian yang tak boleh dianggap remeh karena membutuhkan kematangan untuk menciptakan memorable momen yang terjadi sekali seumur hidup.

Menyiapkan segala urusan pernikahan adalah PR yang tidak mudah tentunya bagi calon pengantin. Namun dengan adanya jasa Wedding Organizer (WO) dapat membantu segala kerumitan persiapan pernikahan.

Nah, tapi tetap harus hati-hati dalam memilih WO untuk persiapan Pernikahan ya Meesist/Meebro. Kasus penipuan berkedok Wedding Organizer memang bukan hal baru di Indonesia, namun masih banyak calon pengantin tertipu janji manis dari WO bodong. Berikut ini Meenistry akan berbagi tips memilih WO yang tepat, semoga berguna!

Cari referensi
Kamu bisa mencari referensi darimana saja. Baik itu internet maupun mencari testimoni orang-orang terdekatmu. Biasanya orang-orang terdekatmu akan memberikan testimoni yang netral dari pengalaman teman maupun keluarga yang sudah pernah menggunakan jasa WO.

Jangan tergoda harga murah
Sebuah kasus penipuan oleh WO yang sedang ramai dibicarakan di Depok melibatkan lebih dari 40 pasangan calon pengantin. Mereka mengaku ditipu dan merasa tergoda dengan aneka promo dan diskon harga.  Inilah pentingnya berkepala dingin dalam melihat wedding organizer yang hendak dipilih. Menghemat boleh saja, namun jangan sampai buta dan mengiyakan harga yang tidak masuk akal. Kamu wajib curiga jika diskon yang diberikan terlalu murah dan bonus yang dijanjikan berlebihan. Jika dirasa terlalu muluk, kamu boleh meragukan kebenaran dari WO tersebut.

Lihat track record-nya
Kamu bisa mencegah penipuan dengan melihat track record wedding organizer tersebut. Ini penting banget. Jadi lebih baik kamu nggak terburu-buru dan jangan mudah tergiur oleh harga yang murah. Kamu bisa lihat pengalaman kerja wedding organizer pilihan dari testimoni mantan klien mereka, apakah kerja mereka bagus atau nggak.

Kunjungi Wedding Expo
Biasanya hampir setiap tahun pameran pernikahan diadakan di mal. Momen ini harus dimanfaatkan, karena kamu pastinya akan menemukan banyak pilihan wedding organizer yang terpercaya.

Baca kontrak dengan seksama
Setiap perjanjian ada kontraknya, termasuk perjanjian kerja sama antara calon pengantin dan WO. Kamu wajib membaca kontrak tersebut dengan seksama. Jangan ragu menanyakan poin-poin yang dirasa rancu atau merugikan salah satu pihak. Jika tidak teliti dan langsung tanda tangan, kamu tak bisa berkutik jika mereka berhasil menipu.

Kru yang cekatan
Catatan yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan WO adalah tim organizer yang peduli akan kebutuhanmu. Mulai dari mudah dihubungi untuk dimintai tolong
hingga melakukan update meeting, semuanya berawal dari sebuah komunikasi yang
baik yang terjalin. Maka kamu tidak usah ragu lagi jika menemukan WO yang peduli
dan berinisiatif meng-update progress persiapan pernikahanmu. Karena kepedulian mereka akan sangat membantu dalam merinci catata-catatan penting yang harus dilakukan, dan tidak segan-segan untuk menghubungimu hanya sekadar mengingatkan keperluanmu.

Itulah tips memilih wedding organizer yang tepat. Jika dirasa WO yang akan membantumu tidak memiliki syarat-syarat diatas, sepertinya kamu harus mempertimbangkan ulang kembali. Karena jangan sampai budget pernikahan kamu keluar dengan sia-sia. Well, happy planning! Meesist/Meebro