Bagi kalian yang menggemari dunia kuliner, profesi Chef biasanya menjadi pekerjaan yang diimpikan. Selain dapat mengembangkan bakat dalam mengolah bahan makanan dan menyajikan hidangan lezat, kamu juga bisa mengeksplorasi dan mengkreasikan berbagai bahan makanan serta meraciknya menjadi sebuah hidangan khas.

Dibalik hidangan lezat yang biasa kita jumpai di restoran dan hotel bintang lima, ada tangan dingin seorang Chef di baliknya. Tidak hanya itu, keahlian ini juga dapat membuka jalan bagi kamu yang punya cita-cita menjadi pengusaha kuliner yang akhir-akhir ini sedang ramai dan digandrungi banyak orang, terutama di kalangan anak muda. Tidak sedikit generasi muda Indonesia yang sukses membuka lini bisnisnya di bidang kuliner (food & beverage).

Bagi kalian yang tertarik untuk mendalami dunia kuliner, berikut rekomendasi sekolah kuliner terbaik di Indonesia yang bisa Meenistry rekomendasikan:

1.  Ottimmo Internasional

Akademi Kuliner dan Patiseri Ottimmo International didirikan sebagai sekolah gourmet dan pusat pelatihan yang didedikasikan untuk pengembangan dan penyebaran kerajinan dan seni persiapan makanan dan minuman yang luar biasa di Indonesia.

Sekolah ini diberikan oleh Yayasan PERITIA untuk dibangun di Indonesia pada Oktober 2012 berkomitmen untuk menawarkan pendidikan tinggi dalam persiapan makanan dan minuman.

Tahun 2013 juga menandai berdirinya program Master Gourmet secara formal. Penekanan baru pada studi umum yang banyak berhubungan dengan pengalaman praktis juga saat ini diperkenalkan ke dalam kurikulum standar Eropa kami.

Sesuai dengan tradisi yang kami usulkan untuk berfokus pada kepentingan terbaik siswa dan menanggapi industri makanan dan minuman yang terus berubah, ditentukan bahwa siswa ditawarkan untuk mengikuti program pendidikan 3 tahun melalui spesialisasi atau konsentrasi pada Seni Kuliner dan Gastronomi serta Baking pastry Arts and Science dengan penghargaan Advance Diploma.

Pada tahun 2019 Ottimmo terakreditasi. Pada bulan Maret kami mendapat “B” dalam akreditasi program seni kuliner, dan pada bulan Mei kami mendapat “B” dalam akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

2. Politeknik Internasional Bali

Rekomendasi pertama ada kampus atau sekolah kuliner Bali yang terkenal dengan konsep bangunan yang bertema Resort mewah. Kampus ini bernama Politeknik Internasional Bali dengan area seluas 15 Hektar di daerah Pantai Nyanyi dan hanya berjarak 15 menit dari Canggu.

Program Studi Culinary Arts merupakan salah satu program unggulan di PIB. Hal ini didukung dengan ketersediaan fasilitas lengkap berstandar industri profesional, tenaga pengajar dari kalangan akademisi maupun praktisi profesional, jaringan luas untuk professional placement di dalam maupun luar negeri (Amerika Serikat, Dubai, Australia, Singapura, Malaysia, dll), serta menawarkan experience-based learning untuk mempertajam skill mahasiswa.

Politeknik Internasional Bali berkomitmen untuk menghadirkan lulusan terbaik yang siap kerja dan bersaing secara profesional di dunia kerja. Selain itu, di kampus ini juga mengedepankan Kurikulum Tourismpreneurship atau pembekalan kewirausahaan (entrepreneur) di bidang pariwisata (tourism) agar peserta didik mampu menjalankan bisnis dan menciptakan lapangan kerja.

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut program studi Culinary Art di Politeknik Internasional Bali, bisa langsung klik tautan ini untuk informasi lebih lanjut: htb://pmb.pib.ac.id/

3. Bali Culinary Pastry  School

Berikutnya ada Bali Culinary Pastry School (BCPS). Bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan profesional di bidang kuliner dalam waktu yang relatif lebih singkat, BCPS bisa dijadikan pilihan terbaik. Berlokasi strategis di Bali, program yang ditawarkan antara lain adalah:

1)    The Apurva Chef dengan durasi program 12 bulan

2)    Professional Chef Pastry Bakery dengan durasi program 15 bulan

3)    Professional Chef Culinary dengan durasi program 15 bulan

4)    Pastry Bakery Intensive dengan durasi program 15 hari

5)    Gelato Class (seasonal)

Keunggulan dari program yang ditawarkan oleh BCPS antara lain adalahrelevant topics, practical focus, dan effective learning time.

4. The Sages Institute

Sekolah masak ini berlokasi di Surabaya dan memiliki jaringan pendidikan kuliner hingga ke berbagai negara, loh. Disini kamu dipersiapkan menjadi chef profesional dengan kurikulum yang menarik. Mengutamakan teori yang diselingi praktikum, diyakini dapat lebih memaksimalkan pengetahuan dan skill kamu menjadi seorang chef handal.

The Sages Institute memang dikenal sebagai sekolah kuliner yang konsen mencetak juru masak handal yang siap di industri profesional. Dukungan dari fasilitas, materi yang di ajarkan dan ekosistem yang tercipta, menjamin setiap pembelajaran yang diikuti setiap peserta didik akan maksimal.

Kurikulum sekolah memasak ini juga bervariasi, mulai dari beverage and bar yang konsen membahas mengenai hidangan dan minuman. restaurant management, cara terbaik mengelola, bertanggung jawab dan menciptakan lingkungan yang baik bagi para costumer. baking and pastry, mempersiapkan para pencipta hidangan penuh rasa manis dan culinary art, setiap hidangan adalah karya seni pada rasa, tampilan ditangan mereka. dan masih banyak lagi.

5. Universitas Negeri Yogyakarta

Memiliki jurusan Tata Boga atau Pendidikan Teknik Boga sejak 2018, kampus ini menjadi salah satu rekomendasi untuk kalian. Menyediakan program pendidikan S1 yang konsen pada pengajaran Tata Boga, UNY juga memiliki pilihan program Diploma.

Akreditasi A dari BAN-PT jelas akan membuktikan kualitas walaupun masih terbilang muda dan baru pada jurusan Tata Boga. Materi-materi perkuliahan yang ada akan mempelajari lebih dalam mengolah makanan, karakteristik bahan dan gunanya, membuat resep, perencanaan menu, pengaturan nutrisi, penyajian dan lainnya.

6. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua

Selain UNY, di Yogyakarta terdapat juga sekolah kuliner lainnya dengan akreditasi A BAN-PT, yaitu Budi Mulia Dua. Sebagai sekolah vokasi pengalaman pencetak tenaga kerja profesional, kampus ini memang menyiapkan SDM berkualitas yang memiliki daya saing dunia kerja.

Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi juru masak professional dan berpengalaman, mungkin rekomendasi di atas dapat menjadi pilihan. Demikian MeeBro & MeeSist, semoga kalian dapat menentukan yang terbaik dari yang terbaik, yah.