Hari pernikahan adalah hari yang paling dinantikan oleh calon pengantin. Biasanya mendekati hari-H berbagai rasa mulai muncul, dari bahagia, haru, tegang, semuanya bercampur jadi satu. Rasa antusiasme dan semangat yang menggebu juga sering kali membuat para calon pengantin terutama pengantin wanita dapat melakukan kesalahan atau kejadian yang membuat tidak diinginkan tanpa disadari. Kesalahan yang terlihat sepele bisa berujung fatal di hari pernikahan kamu lho.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kamu inginkan pada hari pernikahan, beberapa hal ini harus kamu ketahui terlebih dahulu sehingga membuat kamu tersadar jika nanti terjadi sesuatu.

Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan :

  1. Tidak sarapan
    Biasanya banyak calon pengantin wanita yang merasa tidak lapar karena masih merasa tegang, tapi hal tersebut jangan dijadikan alasan untuk tidak makan. Acara pernikahan itu sudah pasti banyak dan beragam rangkaian acaranya. Padatnya susunan acara mewajibkan kamu dan pasangan untuk mengisi perut pada pagi hari sebelum semua rangkaian acara tersebut dimulai.

2. Masih melakukan perawatan tubuh atau wajah
Melakukan perawatan tubuh dan wajah sebelum hari pernikahan memang penting. Akan tetapi jangan lakukan hal tersebut sebelum hari-H. Lakukan paling telat dua minggu sebelum hari-H. Karena terkadang efek samping dari melakukan perawatan wajah bisa meninggalkan bekas kemerahan atau hal lainnya. Nah, hal tersebut nantinya akan membuat make-up artist sulit mengaplikasikan riasan di wajah kamu.

3. Tidak tepat waktu
Seperti pemeran utama dalam sebuah film, pengantin wanita selalu menjadi orang yang paling ditunggu di setiap acara pernikahan. Para tamu undangan pasti sangat penasaran bagaimana penampilan kamu di hari pernikahan? Apakah gaunnya sesuai? Apakah riasan wajahnya sempurna? Dan berbagai pertanyaan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar tepat waktu sejak awal dan menyesuaikan setiap kegiatan dengan rundown acara yang telah dibuat. Jangan biarkan para tamu menunggu lama untuk melihat penampilan kamu.

4. Masih mengerjakan pernak pernik hiasan pernikahan
Perfectionist boleh saja. Mungkin kamu ingin memberikan sentuhan personal pada pernikahan mereka, juga boleh kok. Tapi harus kamu ingat, menjelang hari H kamu sebaiknya jangan terlalu mengurusi hal-hal detail seperti undangan, souvenir yang harus dikasih pita, dekorasi yang perlu ditambah bunga ini itu, dan sebagainya. Hal-hal tersebut bisa mengganggu konsentrasi kamu lho. Kalau memang harus, coba minta tolong para bridesmaids untuk menyelesaikan urusan tersebut. Kemudian mulailah mempersiapkan diri untuk hari istiwema kamu.

5. Main HP terus
Memegang handphone pada hari-H sebenarnya boleh-boleh saja sih, usahakan jangan terlalu sering dan terlalu lama. Sebaiknya berikan handphone kamu pada biridesmaid, atau anggota keluarga kepercayaan. Soalnya jika handphone terus berada di tangan, bisa jadi kamu akan ikut dipusingkan dengan segala urusan yang belum selesai yang seharusnya bisa ditangani oleh orang lain. Tenangkan diri, biarkan orang lain memegang handphone kamu, dan nikmati satu hari menjadi orang yang paling bahagia di dunia ini.

6. Mengganti gaya riasan mendadak
Biasanya jika kamu telah menemukan make-up artist yang sesuai, ada tahap yang namanya test make-up atau make-up trial. Pada saat itu kamu dan make-up artist harus sudah menentukan gaya riasan yang paling sesuai dengan konsep acara pernikahan dan juga sudah sesuai dengan karakter wajah kamu. Jangan mendadak berubah pada hari-H. Hal tersebut sangatlah beresiko karena dapat membuat make-up artist bingung dan berpotensi membuat kamu terlambat mengikuti acara. Jadilah konsisten dan tetap berpegang pada style atau gaya riasan yang sudah kamu pilih bersama.