Dunia sedang dilanda pandemi berkepanjangan akibat makin meluasnya virus korona atau COVID-19, semua perusahaan di seluruh dunia sudah memakai konsep work from home (wfh) atau bekerja dari rumah agar terhindar dari virus dan tetap produktif dalam bekerja.

Banyak aplikasi yang digunakan untuk membantu pekerja saat wfh, kamu bisa baca artikelnya disini dan tata cara pemakaiannya disini. Aplikasi tersebut digunakan sebagian besar pekerja untuk melangsungkan rapat virtual atau online meeting.

Berikut ini akan kami bagikan tips-tips untuk Meesist/Meebro saat meeting online agar berjalan kondusif, produktif, dan sukses. Tapi tetap ingat ya Meesist/Meebro keep your room clean and stay clear from coronavirus! #dirumahaja

  • Buat Agenda
    Seperti yang orang sukses selalu bilang "to be prepared is half the victory" sama halnya dengan meeting atau rapat, salah satu kunci jalannya meeting yang kondusif adalah adanya agenda yang dipersiapkan dengan jelas.

    Dalam membuat agenda meeting, persiapkan poin-poin penting apa saja yang akan dibahas sebelum menggelar meeting online, kirimkan agenda ini paling lambat satu hari sebelum meeting online dilaksanakan. Kamu bisa memanfaatkan fitur Google Calendar untuk mengatur agenda dan jadwal yang lebih teratur.
  • Pilih Moderator
    Baik saat melaksanakan meeting online atau tidak, adanya moderator adalah hal yang penting. Meeting tanpa moderator sudah dipastikan akan keluar dari jalur pembicaraan atau out of topic.

    Moderator juga sangat penting saat berjalannya meeting online untuk menjaga komunikasi antar peserta lancar dan terhindar dari miskomunikasi karena meeting online sangat riskan akan miskomunikasi antar peserta.
  • Slow and Steady
    Meeting online sangat bergantung pada konektivitas internet, saat menyampaikan bahasan ketika Meesist/Meebro berbicara usahakan jangan tergesa-gesa karena agar suasana tetap kondusif dan pesan yang disampaikan tepat.

    Seperti saran dari Susan Colaric, asisten wakil presiden Teknologi Instruksional di Saint Leo University dalam Mindmeister "Meeting online seharusnya berjalan lebih lambat dibandingkan dengan rapat biasa karena komunikasi dapat tertunda dua hingga tiga detik akibat sistem internet,” ujar Colaric.
  • Meminimalisir Gangguan
    Gangguan yang dimaksud seperti latar peserta meeting yang gelap atau suara audio yang kurang jelas. Pastikan sebelum meeting online berlangsung kamu sudah mempersiapkan peralatan yang menunjang meeting kamu, termasuk koneksi internet, buku catatan, pulpen, dan sebagainya.

    Setidaknya 20 menit sebelum meeting online kamu sudah memastikan komputer dalam keadaan baik, koneksi internet lancar, audio jelas agar meeting kamu berjalan lancar tanpa hambatan.
  • Tulis Kata-Kata mu
    Dalam keadaan meeting online atau virtual selain berbicara kamu bisa menulis lagi kata-kata mu agar lebih jelas dan tepat apa yang ingin kamu sampaikan, dan memudahkan peserta lainnya untuk mengerti apa yang kamu sampaikan dengan begitu jalannya meeting dapat lebih kondusif dan komunikasi antar peserta berjalan lancar.

Nah Meesist/Meebro itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan agar meeting online-mu berjalan lancar, kondusif dan sukses. Kalau pandemi sudah mereda kamu bisa check Meenistry lalu pilih tempat meeting yang di dekat kamu atau dimanapun kamu mau, banyak pilihan tempat meeting menarik yang membuat jalannya meeting kamu lancar dan sukses tentunya. Get well and stay safe everyone!