Pada kegiatan MICE, terdapat banyak sekali Sumber Daya Manusia (SDM) yang ikut terlibat, salah satunya adalah sales. Posisi ini memiliki peran yang cukup penting dari rangkaian proses kegiatan yang akan diselenggarakan.

Sales adalah bagian dari aktivitas penjualan produk, barang, dan layanan yang dilakukan penjual ke calon pembeli. Proses ini biasanya dilakukan secara tim agar tingkat penjualan perusahaan meningkat dan membangun relasi yang lebih luas dalam mengenalkan produk atau jasa yang diberikan.

Menjadi seorang sales harus dibekali dengan beberapa skill yang dapat membantu sales itu sendiri, tidak hanya sekedar berjualan tentunya. Berikut 5 tips dari Meenistry untuk menjadi sales yang baik pada industri MICE.

  1. Percaya Diri

Saat bertemu dengan klien, setiap sales harus memiliki kepercayaan diri yang baik agar proses komunikasi berjalan dengan baik  dan produk dapat dipercaya serta dipahami oleh klien. Sikap percaya diri ini juga harus diimbangi dengan kepiawaian product knowledge sang sales yah.

2. Komunikasi Yang Baik

Selain memulai dengan rasa percaya diri yang baik, cara berkomunikasi dengan benar juga penting, loh. Kalian yang ingin menjadi sales dengan impresi yang baik, komunikasi bisa menjadi kunci mengambil hari klien kalian. Karena dari komunikasi yang baik ini dapat menentukan hasil dari penawaran yang kalian berikan.

3. Jeli Melihat Peluang

Pada pekerjaan ini, seorang sales harus mampu melihat peluang dan prospek sebuah bisnis yang ia tawarkan. Sales juga harus pandai menganalisis kondisi sekitar agar langkah yang diambil tidak salah dan mempermudah pekerjaannya berikutnya.

4. Kreatifitas tanpa batas

Menjadi kreatif bukan hanya untuk tim kreatif saja, loh. Sebagai seorang sales juga dituntut memiliki pribadi kreatif dalam menghadapi dan mempersiapkan penawaran kepada klien.

5. Tangguh Terhadap Penolakan

Kegagalan adalah bagian dari kesuksesan. Ini harus dipahami dan di pegang teguh oleh seorang Sales pada setiap pekerjaannya. Tangguh pada penolakan agar tidak berkecil hati dan siap bangkit untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Setiap pekerjaan memang memiliki tantangan tersendiri, namun sebagai seorang sales kalian harus dapat mengatasi tantangan itu agar produk dan jasa yang ditawarkan dapat diterima dengan baik oleh klien. Demikian beberapa tips agar kalian semakin berkembang dan sukses menjadi seorang sales profesional.

Menjadi ujung tombak sebuah perusahaan memang penuh dengan resiko dan tantangan. Tapi, percaya deh hasilnya akan sangat memuaskan jika kalian berhasil mencapai target yang ditentukan. Semangat, teman-teman.