Waktu adalah hal yang berharga untuk semua orang, apalagi mengenai hari-hari besar yang akan diselenggerakan memerlukan pertimbangan yang matang untuk menentukan kapan berlangsungnya. Seperti halnya pernikahan pemilihan tanggal pun menjadi salah satu bagian sakral sebagai awal terikatnya dua insan manusia untuk membangun rumah tangga yang bahagia.

Pemilihan tanggal cantik sebagai hari pernikahan di tiap tahun-pun masih terus diminati masyarakat, khususnya orang Indonesia seperti yang baru saja terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat. Tercatat pada tanggal cantik yang jatuh di 2 Februari 2020 (02202020) sebanyak 250 calon pengantin melangsungkan pernikahannya.

Konon dipercaya, sebuah acara akan terasa spesial dan lebih istimewa karena terjadi pada tanggal spesial, langka, atau mudah diingat. Namun, apakah tanggal cantik selalu menjadi hari yang membawa kebaikan? Serta bagaimana cara menentukan tanggal pernikahan?

Pakar Metafisika, Arkand Bodhana Zeshaprajna mengatakan, waktu pernikahan menjadi momen yang khas untuk banyak orang. Tak heran pasangan biasanya memilih tanggal yang unik dan dipercaya menjadi hari baik untuk keluarga. Padahal deretan angka yang bagus, keren, indah dan unik tidak selalu membentuk dasar momentum yang baik untuk setiap orang. Sebab terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tanggal pernikahan yang baik.

Kami telah merangkum beberapa hal yang harus Meesist/Meebro perhatikan dalam menentukan tanggal pernikahan dengan tradisi jawa namun masih bisa digunakan oleh semua orang;

Melihat Neptu
Sebelum dilaksanakan akad pernikahan, biasanya kedua keluarga pengantin akan melakukan pertemuan keluarga untuk menentukan tanggal pernikahan yang dilihat berdasarkan neptu. Neptu adalah sebuah nilai yang didapat dari menghitung jumlah huruf pada nama kedua calon pengantin. Kemudian perhitungan tersebut akan dicocokkan dengan tanggal, bulan, jam lahir serta tahun kelahiran kedua calon mempelai. Untuk adat Jawa yang kental, tradisi perhitungan ini tidak pernah ditinggalkan karena bisa jadi untuk mengetahui keadaan rumah tangga calon pengantin juga nantinya.

Mencocokkan Tanggal dengan Primbon
Jika perhitungan berdasarkan neptu telah ditetapkan, maka selanjutnya akan dicocokkan dengan apa yang tertulis di dalam buku primbon Jawa. Buku primbon adalah  buku panduan yang biasanya digunakan untuk menentukan tanggal pernikahan yang berisi tentang ramalan kehidupan dan perhitungan mulai dari hal kecil hingga hal besar yakni jodoh.

Bagaimana Jika Weton Sama?
Setelah dilakukan perhitungan Neptu dan dicocokkan dengan apa yang ada dalam primbon, bagaimana jika ternyata perhitungannya menghasilkan weton yang sama?. Apakah harus mencari tanggal lain? Menurut perhitungan dalam tradisi Jawa pernikahan tersebut masih bisa dilakukan asalkan mencari hari lain yang tidak mengarah pada hasil weton yang sama.

Untuk Memperoleh Keselamatan dan Kelancaran
Melakukan perhitungan untuk menentukan tanggal pernikahan tujuannya adalah agar pernikahan yang dilakukan bisa langgeng. Selain itu juga berharap akan memperoleh kelancaran dan keselamatan dalam segala hal. Baik berupa sandang, pangan, papan dan hal lain bahkan hingga mengenai akhir hidup. Walaupun bagi sebagian orang hal tersebut dianggap tidak masuk akal, tapi setidaknya terdapat penghormatan akan hal tersebut.

Keterkaitan Suku
Hal lain yang selalu menjadi perhatian bahkan keyakinan adalah tentang perbedaan suku apabila bukan berasal dari daerah yang sama. Yang paling terkenal adalah tentang keyakinan bahwa suku Jawa tidak boleh menikah dengan suku Sunda. Mengenai hal ini Meesist/Meebro bisa mengetahuinya dari sejarah kerajaan Majapahit jaman dahulu. Jika pun itu terjadi dilakukan perhitungan secara matang agar persatuan suku ini tidak menimbulkan sesuatu yang buruk.

Namun jika Meesist/Meebro ingin menikah di tanggal cantik yang ada di 2020, bisa dipilih sendiri tanggalnya di bawah ini dan jangan lupa sesuaikan juga dengan 5 langkah di atas ya!

Ingat ya! Bukan hal mudah untuk menentukan hari baik pernikahan. Walaupun dengan deretan angka yang bagus, keren, indah dan unik menjadikan hari sakral-mu memorable tapi "hal yang lebih utama adalah memilih momentum yang tepat, daripada keindahan deretan angka," Kata Arkand.

Kalau sudah yakin dengan tanggal pernikahannya, kamu bisa sewa ruang/venue untuk wedding dengan cepat, mudah, dan murah tinggal klik https://meenistry.com/ Wedding Venue mewah, murah, dan gampang dijangkau cuma ada di Meenistry. Download appsnya di play store dan app store sekarang!