WHO telah menetapkan Virus Corona atau COVID-19 sebagai pandemi global. Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakatnya pemerintah di beberapa negara mengeluarkan peraturan sementara, salah satunya adalah imbauan Social Distancing dan bekerja dari rumah.

Pemerintah Indonesia pun ikut memberikan imbauan mulai dari 15 Maret kemarin sampai 2 pekan kedepan kepada masyarakat untuk bekerja dari rumah dan social distancing.

Faktanya, Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah yang terdengar menyenangkan tapi tidak semenyenangkan yang dibayangkan, bekerja dengan kondisi seperti ini membutuhkan sikap disiplin lebih tinggi dan manajemen waktu yang baik untuk menjaga produktivitas.

Nah! Meesist/Meebro yang sedang WFH jangan khawatir, karena Meenistry mengutip dari Business Insider, akan memberikan tips-tips yang dapat mendukungmu untuk bekerja secara profesional dari rumah. Get Well and stay safe Meesist/Meebro!

  • Memprioritaskan komunikasi yang jelas dengan rekan kerja saat berkirim e-mail
    Ketika bekerja dari rumah, kamu harus mengerti pentingnya berkomunikasi secara jelas dengan rekan kerja melalui media apa pun itu. Saat bekerja di kantor, komunikasi dapat berjalan lebih efektif karena kamu dapat mengobrol langsung dengan orang yang dituju. Namun saat bekerja dari rumah, kamu harus berkomunikasi melalui e-mail atau telepon untuk koordinasi. Karena itu, selalu menuliskan sesuatu dengan penjabaran lengkap dan jelas.
  • Maksimalkan fungsi gawai untuk mengelola dan meningkatkan produktivitas
    Salah satu kualitas dari pegawai yang sukses bekerja dari rumah adalah, kemampuan mengelola atau organisasi yang baik. Dengan fleksibilitas yang meningkat dan struktur yang berkurang, penting untuk tetap teratur. Para spesialis karier mengatakan kalau aplikasi terbaik yang perlu kamu gunakan adalah kalendermu.

    Atur jadwal kerja pada kalendermu, termasuk waktu istirahatmu. Penting untuk meluangkan waktu istirahat, meskipun kamu kerja dari rumah. Sebab, bisa saja kamu terjebak dalam conference call meeting yang tidak berujung. Selain itu, kamu menjaga waktu kerjamu tetap produktif.
  • Membuat ruang khusus untuk bekerja
    Konsekuensi logis dari WFH adalah harus menyiapkan ruang kerja di rumah, namun Entah itu sebuah ruangan, entah itu hanya kamarmu, temukan ruang kerjamu di dalam rumah. Dengan begitu, kamu nggak perlu membersihkan seluruh rumah untuk terlihat seperti ruangan profesional. Membuat ruangan khusus bekerja ini membantu membangun konsentrasi tubuh untuk fokus bekerja, serta menunjukkan pada orang-orang di rumah kalau kamu memang sedang bekerja.
  • Mampu membangun struktur di luar lingkungan kantor yang konvensional
    Bekerja dari rumah dapat membawa kebebasan, sekaligus gangguan. Jadi untuk tetap bisa berkonsentrasi, kamu dapat membangun struktur seperti peraturan sendiri yang mengharuskanmu untuk tetap fokus bekerja tanpa bantuan dari kenyamanan lingkungan kantormu.
  • Tetap fokus menyelesaikan tugas dan proyek terlepas dari perbedaan waktu atau jadwal
    Ketika bekerja di luar kantor, sangat penting untuk menjadi proaktif agar pekerjaan atau proyek cepat selesai. Jika memiliki rekan tim yang tinggal di daerah dengan zona waktu berbeda, besar kemungkinan akan terjadi perbedaan waktu kerja dalam tim. Belum lagi kesalahpahaman kecil yang terjadi dalam komunikasi. Jadi, usahakan untuk tetap fokus pada pekerjaan atau projek sehingga semuanya tetap berjalan seperti biasanya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga produktivitas kerja di rumah. Selain jaga produktivitas ingat ya Meesist/Meebro jaga kesehatan dan kebersihan badan serta lingkungan! Nah setelah pandemi corona mereda kamu bisa langsung kunjungi website Meenistry ga perlu lagi kerja dari rumah karena kamu bisa memilih coworking space yang nyaman dan pas untuk kamu di meenistry! Get Well and stay safe everyone!