Sudah memasuki minggu ke-3 dari karantina sebagai upaya pembatasan sosial di masa wabah virus corona. Menjalani karantina membuat banyak orang mengubah pola konsumsi mereka, misalnya dari yang semula lebih banyak mengandalkan transaksi langsung, kini lebih memilih melakukan transaksi secara online.

Adanya perubahan pola konsumsi ini penting bagi masyarakat untuk mengatur keuangannya agar tidak boros dan kehabisan uang. Panic Buying juga bukan merupakan siasat dari pandemi berkepanjangan ini, Panic buying sejatinya tidak bisa dibenarkan, dari alasan kolektif dan kemanusiaan.

Nah Meesist/Meebro kamu bisa berbelanja secara rasional tanpa harus berlebihan. Berikut 5 Tips Anti Boros Selama Isolasi Diri yang bisa kamu ikuti.

  • Catat!
    Buat catatan penghasilan, dalam situasi yang tidak menentu dan berkepanjangan seperti ini, evaluasi penghasilan yang kamu sudah dapatkan. Catat juga aset yang dimiliki dalam bentuk uang dan perhiasan. Penting juga untuk kamu mencatat pengeluaran ya Meesist/Meebro.
  • Proyeksi Pengeluaran
    Pengeluaran dibagi menjadi 2 komponen, yaitu pengeluaran wajib dan pengeluaran kebutuhan sehari-hari.

    kamu harus bisa memproyeksikan atau memperkirakan pengeluaran selama 3 bulan kedepan menggunakan data yang ada sekarang. Pengeluaran wajib meliputi biaya listrik, sewa rumah/kontrakan/kos, internet, dan cicilan. Pengeluaran kebutuhan sehari-hari meliputi makanan dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

    Nah berdasarkan catatan penghasilan yang sudah kamu buat kamu sudah mampu untuk memproyeksikan pengeluaran 3 bulan ke depan, Lho! Meesist/Meebro.
  • Kebutuhan Primer
    Kebutuhan dibagi menjadi 3 bagian, kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Dalam situasi seperti ini jelas bahwa kebutuhan sekunder dan tersier bisa kita kesampingkan atau kita tunda dulu.

    Sebaiknya utamakan belanja kebutuhan primer, seperti bahan makanan, keperluan sanitasi, dan obat-obatan. Kamu juga mesti kreatif ya Meesist/Meebro dalam meyiapkan menu makanan agar pengeluaran jadi lebih irit.
  • Keep Calm and Don't Panic Buying
    Bijaklah dalam berbelanja, beli kebutuhan pokok dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebih atau karena kamu sudah bisa mencacat penghasilan, memproyeksikan 3 bulan kedepan, sampai mengkesampingkan kebutuhan sekunder dan tersier, rasanya kamu bisa menghindari panic buying. Hal ini juga harus diterapkan saat belanja online ya Meesist/Meebro!
  • Dana Darurat
    Dalam situasi apapun hal ini harus selalu kamu lakukan, Lho!

    Besaran dana darurat setiap orang dapat berbeda karena harus disesuaikan dengan penghasilan dan pengeluaran bulanan, tapi tenang jika kamu ikuti langkah dari mencatat sampai hindari panic buying kamu sudah dijalan yang tepat untuk menyimpan dana darurat yang hanya dipakai saat keadan darurat.

Ingat ya Meesist/Meebro saat berbelanja selalu cek syarat dan ketentuan yang berlaku ya, juga tanggal kadaluarsa harus kamu perhatikan!

Semoga tips anti borosnya bermanfaat ya Meesist/Meebro, setelah pandemi mereda kamu harus cek Meenistry karena menyediakan ruang untuk keperluan seperti pernikahan, Coworking Space, Meeting, dan atau keperluan sosial event lainnya.