Seiring berkembangnya zaman, makin pesatnya kemajuan harus diikuti dengan kemampuan individu yang dapat diandalkan dalam persaingan dunia kerja yang makin ketat. Tantangan dan rintangan yang dihadapi pun semakin kompleks, apalagi kejadian yang tak terhindarkan seperti sekarang ini yang bisa kita sebut masa krisis.

Di tengah wabah COVID-19 yang sedang berlangsung, selain kemampuan dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung work from home (wfh) #Dirumahaja seorang karyawan dituntut untuk bisa adaptif dan tetap produktif serta kreatif menghadapi krisis dalam pekerjaan.

Nah, Meesist/Meebro mulailah untuk mengasah skill yang dapat menunjang dan ikut beradaptasi dengan situasi karier yang tidak stabil saat pandemi seperti ini berlangsung. Yuk manfaatkan karantina #dirumahaja dengan mengasah 5 skill yang harus kamu kuasai untuk bisa adaptif di masa krisis.

  1. Kecerdasan Emosional
    Kemampuan yang satu ini sangat penting dalam dunia kerja, kamu harus dapat melatih atau mengasahnya dengan baik ya, Meesist/Meebro! Kemampuan dalam berkomunikasi, berempati dengan rekan kerja dan cerdas membaca situasi penyebab krisis pekerjaan termasuk kecerdasaan emosional yang sangat dibutuh oleh perusahaan.

    Kecerdasan emosional yang tepat akan menghasilkan pikiran dan tindakan yang baik dalam mengatasi krisis.
  2. Kecerdasan Budaya
    Strategi bisnis lainnya adalah memanfaatkan kecerdasan budaya untuk membaca karakter manusia, budaya, minat, bahasa, dan cara hidup yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis.

    Kecerdasan budaya mampu mengubah pola pikir manusia agar bisa berpikir secara global. Hal ini perlu diasah dengan baik agar lebih lihai dalam membaca kebutuhan sumber daya manusia, sumber daya alam, kebutuhan pasar hingga keinginan orang banyak yang membantu dalam pengembangan perusahaan. "think globally, act locally" Paul McCartney.
  3. Berkolaborasi
    Kemampuan berkolaborasi dengan lawan merupakan strategi yang kini banyak digunakan oleh semua pengusaha. Bekerja sama dengan lawan bukan hal yang merugikan perusahaan, namun bisa saling memenuhi kebutuhan masing-masing. Apapun kesulitan di tengah wabah virus COVID-19 bisa teratasi dengan saling bahu-membahu.

    Seorang karyawan perlu mengasah kemampuan dalam berkolaborasi agar bisa mengatasi krisis dengan cara yang tepat. Meskipun lingkungan sangat kompetitif, kamu tetap harus mengejar karier dengan kemampuan berkolaborasi dan bernegoisasi.
  4. Adaptif, Solutif, dan Kreatif
    Dalam tantangan karier ke depannya, pemikiran kreatif dan adaptif sangat dibutuhkan. Teknologi dan gaya hidup manusia yang berubah dengan pesat perlu diimbangi dengan ide-ide kreatif, tindakan yang adaptif dan hasil yang solutif. Pemikiran yang adaptif bisa digunakan untuk menghadapi perubahan ekonomi yang terjadi.

    Tak peduli seberapa sulitnya menyelesaikan krisis dalam pekerjaan, seorang karyawan hanya perlu mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan, dan berpikir cerdas agar kariernya aman. Mengasah kemampuan berpikir ini yang sekarang perlu diperhatikan.
  5. Kritis dan Fokus
    Dampak wabah COVID-19 yang masih berlangsung membuat karyawan bekerja lebih keras untuk mengejar target perusahaan. Kemampuan berpikir kritis perlu diasah dan tetaplah fokus pada tujuan utama. Perubahan yang datang sesulit apapun  dihadapi dengan pikiran positif dan optimis.

    Pandai-pandailah mengambil keputusan dan ke depankan prioritas utama dalam bekerja. Seorang karyawan yang mampu berpikir cepat dan tepat akan selalu menang dalam situasi sesulit apapun.

Nah, 5 skill diatas perlu dikuasi dan diasah ya Meesist/Meebro agar bisa tetap beradaptasi dengan dunia kerja yang saat ini mulai lesu, dan tentunya akan berguna dalam karier dan hidup kamu. Kunjungin Meenistry untuk keperluan ruang seperti Wedding, Coworking Space, Arisan, Meeting atau Event Social lainnya.