Pariwisata Indonesia memberikan sajian lengkap bagi para wisatawan internasional maupun domestik. Pesona alam dan budaya nusantara yang begitu beragam terasa tiada habisnya untuk dinikmati. Hal ini merupakan daya tarik sekaligus pilar utama dalam menopang industri pariwisata.

Berbicara lebih jauh terkait perkembangan pariwisata, perlu adanya akomodasi yang memadai seperti hotel maupun berbagai jenis penginapan lainnya untuk menunjang pengalaman wisatawan selama berwisata. Pengelolaan yang profesional, ketersediaan fasilitas yang memadai dan layanan hospitality terbaik tentunya akan semakin menyempurnakan perjalanan wisatawan.

Tapi, kalian tau nggak sih? Tim yang berjasa di balik pelayanan penginapan dan hotel pada setiap liburan mereka? Yup! Mereka adalah para pekerja profesional perhotelan, yang tentunya telah melalui pendidikan di kampus perhotelan terbaik di Indonesia.

Penasaran kampus perhotelan mana saja yang telah mencetak lulusan terbaik di Indonesia? Berikut Daftar 5 kampus pariwisata terbaik di Indonesia.

1. Universitas Udayana

Rekomendasi terakhir kampus dengan bidang studi manajemen perhotelan ada Universiatas Udayana. Perguruan tinggi negeri ini berada di Jimbaran, Bali dan sudah ada sejak tahun 1962, loh.

Memiliki semboyan Unggul, Mandiri dan berbudaya, kampus ini dikenal sebagai salah satu perguruan dengan program studi pariwisata terbaik di Bali. Mempunyai Visi mewujudkan fakultas pariwisata yang Unggul, Mandiri, Berbudaya dan bertaraf Internasional. kampus ini memiliki tiga Program Studi unggulan, yaitu D4 Pariwisata, S1 Destinasi Pariwisata dan S1 Program Studi Industri Perjalanan Wisata

Pengajar profesional dan kurikulum yang digunakan akan membantu kamu mendapatkan ilmu dasar manajemen perhotelan yang baik. Selain berpengalaman dalam bidang hospitality, kampus ini juga telah menghasilkan tenaga kreatif, inovatif dan profesional pada industri perhotelan.

2. Politeknik Internasional Bali

Politeknik Internasional Bali (PIB) merupakan Kampus Tourismpreneur pertama di Indonesia yang memiliki program studi unggulan bagi kamu calon mahasiswa terbaik di bidang Pariwisata, salah satunya Hotel Management.

Berada di atas lahan seluas 15 Hektar dan hanya berjarak 15 menit dari Canggu, kampus Perhotelan ini memberikan pengalam belajar yang berbeda dari kampus perhotelan lainnya.

Lokasi kampus yang  strategis pun dikelilingi berbagai industri pariwisata kuliner, perhotelan, dan perhelatan acara (event). Tiga industri yang menciptakan lapangan pekerjaan cukup besar di Indonesia.

Memiliki fasilitas mengajar standar Internasional menjadikan Politeknik Internasional Bali salah satu kampus pariwisata terbaik di Bali. Fokus mereka adalah menciptakan tenaga kerja profesional bertaraf internasional dan pribadi unggul dalam menciptakan lapangan kerja di bidang Pariwisata.

Kurikulum pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa berupa implementasi Kurikulum Tourism Preneurship yang memberikan pembekalan ilmu kewirausahaan (entrepreneur) di bidang pariwisata (tourism).

FASILITAS UNGGULAN PIB

Kampus Pariwisata terbaik di Bali ini berlokasi strategis dengan lingkungan belajar yang nyaman bernuansa resort, dilengkapi dengan fasilitas berstandar internasional terbaik dan terlengkap di Indonesia.

Proses pengajaran berkualitas yang didukung dengan teknologi terbaru

Agar proses belajar semakin berkualitas, PIB menggunakan teknologi terbaru. Kurikulum Tourism Partnership dan sistem pembelajaran komprehensif yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, memberikan kesempatan magang ke luar negeri seperti Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (Dubai), Singapura, Malaysia, Thailand dan lainnya.

Tertarik untuk kuliah di Politeknik Internasional Bali? Cek di link ini, yah. https://pib.ac.id/hotel-management/

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Berdiri sejak 1969, STP Trisakti menjadi salah satu sekolah perhotelan terbaik di Jakarta. Kampus ini menjadi salah satu program studi yang ada di Yayasan Universitas Trisakti dengan program D4 Perhotelan.

STP Trisakti yang berada di Bintaro, Jakarta sudah memiliki akreditasi B pada program studi Perghotelan. Materi pembelajaran yang akan kalian dapatkan cukup banyak dan beragam, mulai dati pegolahan makanan, roti dan kue, operasional restoan & bar, front office, nutrisi makanan, bahasa asing, manajemen hotel, manajemen acara, studi kelayakan bisnis dan masih banyak lagi.

4. Politeknik Pariwisata Bali

Poltekpar Bali adalah salah satu peguruan tinggi negeri kedinasan yang ada sejak 1978. Dibawah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, kampus ini sudah melulusakan lebih dari 4000 tenaga kerja ahli kepariwisataan.

Salah satunya adalah program studi Manajemen Kepariwisataan di jenjang D4 yang menghasilkan lulusan profesional di industri pariwisata dan pengelolaan kepariwisataan. Adapun lama masa tempuh program ini pada 8 semester atau 4 tahun.

Memiliki Visi mewujudkan program studi yang menghasilkan sumber daya manusia di bidang manajemen kepariwisataan yang unggu, prrofesional dan berdaya saing internasional, membuat kampus ini memiliki materi atau kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri internasional.

5. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan

Berikutnya ada Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan. Memiliki Akreditasi A dari tahun 2016, program studi Manajemen Perhotelan disana tersedia hingga jenjang D4. Kurikulum program studi mereka akan konsen kepada tren global, strategi bisnis, kepemimpinan operasional dan kerja sama tim, serta manajerial dasar yang tentunya sangat dibutuhkan dalam dunia profesional kamu nantinya.

Dengan kurikulum tersebut, Sekolah Tinggi Pariwisata ini menawarkan perspektif internasional. Pendidikan dasar holistis dan pengalaman-pengalaman untuk mempromosikan keindahan dan kesempatan besar dari industri pariwisata.

Itu dia MeeBro & MeeSist beberapa daftar Kampus dengan Jurusan Manajemen Perhotelan terbaik dan kampus perhotelan untuk rekomendasi kamu. Untuk kalian yang bercita-cita menjadi bekerja di industri pariwisata dan perhotelan, rekomendasi di atas patut kamu pertimbangkan sebelum menyesal kemudian, yah. Jadi, mana pilihan kamu?