Pulau Dewata Bali dikenal dengan pesona pariwisata dan kekayaan alamnya yang menarik bagi wisatawan lokal maupun internasional. Oleh karena itu, sejak lama sektor pariwisata menjadi industri yang menjanjikan bagi penduduk Bali pada khususnya dan bagi Indonesia pada umumnya.

Pariwisata Bali juga dikenal memiliki kontribusi cukup besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional serta penyumbang devisa yang tinggi.

Mengingat peran penting sektor pariwisata sebagai salah satu pilar penopang perekonomian Indonesia, tentunya hal tersebut harus diimbangi dengan kesiapan dan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, profesional dan memiliki kemampuan atau skill yang mumpuni untuk mengelola dan terlibat langsung dalam perkembangan pariwisata.

Nah! Buat kamu yang tertarik berkarir di dunia pariwisata, Bali menjadi tempat yang tepat buat kamu, nih. Selain pariwisata yang indah, kampus pariwisata pilihan terbaik ada disini.

Berikut ini beberapa rekomendasi kampus pariwisata terbaik di Bali versi Meenistry.

1. Universitas Udayana

Pertama ada Universitas Udayana. Perguruan tinggi negeri dengan kampus utama yang berlokasi di Jimbaran, Bali ini berdiri sejak tahun 1962. Tidak heran jika kampus ini juga dikenal sebagai perguruan tinggi tertua di Bali.

Sebagai perguruan tinggi negeri, kampus ini memiliki akreditasi A yang didukung oleh program pembelajaran berkualitas tentunya, mulai dari D4, S1, S2 hingga S3. Untuk jurusan pariwisata sendiri, kampus ini memiliki beberapa pilihan program studi pilihan. Mulai dari Program Studi Pariwisata (D4), Program Studi Destinasi Pariwisata (S1), Program Studi Kajian Pariwisata (S2) Serta Program Studi Pariwisata (S3).

2. Politeknik Internasional Bali

Berikutnya ada Politeknik Internasional Bali (PIB). Kampus dengan fasilitas lengkap berstandar internasional ini memiliki program belajar yang tidak biasa, loh. Kalian tidak hanya dipersiapkan menjadi tenaga profesional industri pariwisata, namun akan dipersiapkan sebagai menjadi Tourismpreneur atau pelaku usaha pariwisata itu sendiri.

Kampus megah di atas lahan seluas 15 Hektar ini memiliki tiga program studi unggulan yang dipersiapkan bagi calon peserta didik terbaik, yaitu Culinary Arts (D3), Hotel Management (D4) dan Event Management (D4).

Kurikulum pendidikan yang diberikan dari kampus bagi mahasiswa dilakukan melalui implementasi Kurikulum Tourism Preneurship yang memberikan pembekalan ilmu kewirausahaan (entrepreneur) pada bidang pariwisata (tourism).

Tidak heran jika kampus ini menjadi salah satu berstandar Internasional dan salah satu kampus pariwisata terbaik di Bali.

BEASISWA

Setiap tahunnya PIB secara rutin menyalurkan beasiswa pendidikan dengan nama PIB Berbagi untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik. Daftar sekarang melalui pmb.pib.ac.id.

FASILITAS UNGGULAN PIB

Kampus Pariwisata terbaik di Bali ini berada di lokasi strategis dan merupakan Laboratorium Pariwisata terbesar di Indonesia Lingkungan belajar yang nyaman bernuansa resort seluas 15 hektar, tentu saja memiliki fasilitas berstandar internasional terbaik dan terlengkap di Indonesia.

Agar proses belajar semakin berkualitas, PIB menggunakan teknologi terbaru. Kurikulum Tourism Partnership dan sistem pembelajaran komprehensif yang disesuaikan dengan kebutuhan industri memberikan kesempatan magang ke luar negeri seperti Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (Dubai), Australia, Singapura, Malaysia, Thailand dan lainnya.

3. Politeknik Pariwisata Bali

Kampus Politeknik Pariwisata Bali adalah salah satu kampus di bawah naungan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata. Program studi yang ada pun beragam, mulai dari Kepariwisataan (D4), Manajemen Bisnis Perjalanan (D4) hingga Magister Terapan Pariwisata (S2).

Memiliki visi menjadi kampus bidang kepariwisataan standar internasional dan perguruan tinggi unggul, namun tetap berkepribadian Indonesia. Untuk mencapai visi yang diinginkan, Politeknik Pariwisata Bali selalu memberikan fasilitas dan program pembelajaran terbaik bagi mahasiswanya.

Fasilitas bagi mahasiswa juga cukup banyak, loh. Seperti ruang belajar yang nyaman, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, restoran, bar dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

4. Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional atau lebih dikenal IPBI adalah perguruan tinggi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap bagi mahasiswanya. Penyediaan fasilitas seperti hotspot area, bus kampus dan juga asrama dapat membantu kalian yang berasal dari luar daerah agar proses belajar kamu semakin mudah.

IPBI memiliki program studi unggulan seperti Manajemen Pariwisata (D4), Kewirausahaan (S1), Manajemen Perhotelan (D4), Perhotelan (D3) dan Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata (S2) yang sudah memiliki akreditasi A pada tahun 2020.

5. Akademi Pariwisata Denpasar

Rekomendasi selanjutnya adalah Akademi Pariwisata Denpasar. Akpar selalu berupaya mencetak lulusan terbaik yang dapat berkompetisi di era global. Namun, untuk saat ini Akpar hanya memiliki satu program studi bagi calon mahasiswa, yaitu Pendidikan Pariwisata (D3).

Proses pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan serta fasilitas pendukung seperti lapangan basket, restoran, laboratorium bahasa, laboratorium komputer dan lain nya bisa jadi menjadi faktor penting dari kampus untuk memberikan lulusan terbaik.

Itu dia 5 Kampus Pariwisata dan Perhotelan Terbaik di Bali versi Meenistry, MeeBro & Meesist. Semoga bermanfaat yah buat kamu yang sedang galau cari kampus Pariwisata terbaik di Bali. Jangan lupa kunjungi Meenistry untuk keperluan ruang seperti Wedding, coworking Space, Arisan, Meeting atau Event social lainnya.