Dari Sabang hingga Merauke, Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keindahan panorama alamnya dengan daya tarik ragam kebudayaan, makanan, dan bahasa, Indonesia mampu "memanggil" wisatawan asing ataupun lokal untuk menghabiskan liburan atau sekedar melepas penat dengan menikmati keindahannya. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk memasukkan bidang kepariwisataan dan perhotelan di berbagai perguruan tinggi. Berikut 5 kampus dengan program studi perhotelan dan pariwisata terbaik di Indonesia.

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
STP Bandung ialah salah satu perguruan tinggi swasta yang dinaungi oleh Kementerian Pariwisata dan dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional. STP Bandung menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi perhotelan dan pariwisata dalam negeri dan luar negeri, untuk meningkatkan mutu dan kualitas akademiknya.

Hospitality
S1 Studi Akomodasi dan Katering (SAK)
D4 Administrasi Hotel (ADH)
D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK)
D3 Manajemen Tata Hidang (MTH)
D3 Manajemen Patiseri (MPI)


Kepariwisataan
S1 Studi Destinasi Pariwisata  (SDP)
D4 Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP)
D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW)


Perjalanan
S1 Studi Industri Perjalanan (SIP)
D4 Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP)
D4 Manajemen Bisni Konvensi dan Event (MBK)
D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP)

2. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid
Berlokasi di Jalan Kemiri Raya, Tangerang Selatan, STP Sahid menyediakan program Perhotelan dan Pariwisata terbaik di Indonesia. Pertama, ada program studi Perhotelan yang terdiri dari D3 dan D4 perhotelan yang masing-masing berakreditasi A sesuai penilaian Ban-PT. Mengedepankan keterampilan khusus dibidang Tata Hidang, Tata Boga, Tata Graha, dan Front Office STP Sahid merupakan yang terbaik dalam Program studi Perhotelan. STP Sahid juga menyediakan Program Pariwisata meliputi D3 dan D4 Usaha Perjalanan Wisata.

D4 Sarjana Terapan Perhotelan (S.Tr.Par)
D3 Ahli Madya Perhotelan (A.Md.Par)
D1 Ahli Pratama Perhotelan (A.P.Par)
D4 Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par)
D3 Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par)
D1 Ahli Pratama Pariwisata (A.P.Par)

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti  
Telah berdiri selama lebih dari 45 tahun, STP Trisakti juga menjadi yang pertama dalam menyelanggerakan pendidikan Diploma 4 untuk jurusan Pariwisata. Untuk pemilihan jurusan sendiri, STP Trisakti memiliki pilihan berbagai jenjag penididikan, bahkan tersedia hingga S2, lho. Ada D1 Perhotelan, D3 Perhotelan, D4 Perhotelan, D4 Usaha Perjalanan Wisata, S1 Perhotelan dan Pariwisata, juga S2 Pariwisata.

Fasilitas yang dimiliki STP Trisakti ini juga sangat lengkap, di antaranya adalah laboratorium komputer dengan 3 program aplikasi (Windows, Maxial dan Galileo), 3 lab Simulasi Kantor Depan Hotel, 5 model Laboratorium Housekeeping, 2 Bar dan Restaurant, 2 Stewarding, 1 Store Room, Biro Perjalanan Pariwisata, Airline Counter dan Ruang Cargo.

4. Sekolah Tinggi Pariwisata Universitas Pelita Harapan
Sekolah Tinggi Pariwisata UPH hanya menyediakan 2 jurusan, yaitu Manajemen Perhotelan dan Usaha Wisata. Namun, jangan khawatir, meski hanya ada sedikit pilihan, STP UPH adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Buktinya, STP ini berhasil menyabet akreditasi A dan meraih juara 1 Making Bed di The Soul of Nation dan Certificate of Appreciation for the Best Paper, ICGTD 2016. Selain itu, jurusan usaha wisata juga berhasil memenangkan kompetisi Pariwisata Indonesia 7, lho.

Adapun fasilitas yang tersedia, baik di jurusan Manajemen Perhotelan dan Usaha Wisata adalah sebagai berikut.

Manajemen Perhotelan
-Kitchen Laboratory
-Pastry Kitchen
-Fine Dining Restaurant
-Laboratorium Sistem Reservasi Galileo
-Front Office Counter

Usaha Wisata
-Travel Counter Simulation Room
-Guiding Simulation Room
-Laboratorium Sistem Reservasi Galileo
-Tour Bus

5. Politeknik Pariwisata Palembang
Meskipun terbilang baru, Poltekpar Palembang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam industri Perhotelan dan Kepariwisataan, dibawah naungan langsung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mahasiswa Poltekpar Palembang sudah menorehkan prestasi dengan melaksanakan International Conference (OBOROT) yang diikuti oleh 17 negara!

Pada tahun 2020 ini, mahasiswa jurusan Conventions & Event Management akan menggelar event "Pamerun 2020" Palembang Millennial Exhibition & Run 2020 merupakan event lari virtual pertama di Indonesia, tonton bincang-bincang santai kita bersama penyelenggara Pamerun 2020 di channel youtube Meenistry.

Itu dia 5 Kampus Pariwisata dan Perhotelan Terbaik di Indonesia versi Meenistry, semoga bermanfaat Meesist/Meebro! Jangan lupa kunjungi Meenistry untuk keperluan ruang seperti Wedding, Coworking Space, Arisan, Meeting atau Event Social lainnya.