Dari Sabang hingga Merauke, Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keindahan panorama alamnya dengan daya tarik ragam kebudayaan, makanan, dan bahasa, Indonesia mampu "memanggil" wisatawan asing ataupun lokal untuk menghabiskan liburan atau sekedar melepas penat dengan menikmati keindahannya. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk memasukkan bidang kepariwisataan dan perhotelan di berbagai perguruan tinggi. Berikut 5 kampus dengan program studi perhotelan dan pariwisata terbaik di Indonesia.

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
STP Bandung ialah salah satu perguruan tinggi swasta yang dinaungi oleh Kementerian Pariwisata dan dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional. STP Bandung menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi perhotelan dan pariwisata dalam negeri dan luar negeri, untuk meningkatkan mutu dan kualitas akademiknya.

Hospitality
S1 Studi Akomodasi dan Katering (SAK)
D4 Administrasi Hotel (ADH)
D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK)
D3 Manajemen Tata Hidang (MTH)
D3 Manajemen Patiseri (MPI)


Kepariwisataan
S1 Studi Destinasi Pariwisata  (SDP)
D4 Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP)
D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW)


Perjalanan
S1 Studi Industri Perjalanan (SIP)
D4 Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP)
D4 Manajemen Bisni Konvensi dan Event (MBK)
D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP)

2. Politeknik Internasional Bali

Politeknik Internasional Bali (PIB) merupakan Kampus Tourismpreneur pertama di Indonesia yang memiliki tiga program studi unggulan bagi kamu calon mahasiswa terbaik di bidang Pariwisata, yaitu Culinary Arts, Hotel Management, danEvent Management.

Kampus Pariwisata yang ada di Bali ini berdiri di atas lahan seluas 15 Hektar dan hanya berjarak 15 menit dari Canggu. Lokasi kampus yang strategis pun dikelilingi berbagai industri pariwisata kuliner, perhotelan, dan perhelatan acara (event). Tiga industri yang menciptakan lapangan pekerjaan cukup besar di Indonesia.

Tidak salah jika Politeknik Internasional Bali menjadi salah satu kampus pariwisata terbaik di Bali. Karena mereka fokus menciptakan tenaga kerja profesional bertaraf internasional dan pribadi unggul dalam menciptakan lapangan kerja di bidang Pariwisata.

Kurikulum pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa berupa implementasi Kurikulum Tourismpreneurship yang memberikan pembekalan ilmu kewirausahaan (entrepreneur) di bidang pariwisata (tourism).

FASILITAS UNGGULAN PIB

Kampus Pariwisata terbaik di Bali ini berlokasi strategis dengan lingkungan belajar yang nyaman bernuansa resort, dilengkapi dengan fasilitas berstandar internasional terbaik dan terlengkap di Indonesia.

Agar proses belajar semakin berkualitas, PIB menggunakan teknologi terbaru. Kurikulum Tourismpreneurship dan sistem pembelajaran komprehensif yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, memberikan kesempatan magang ke luar negeri seperti Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (Dubai), Singapura, Malaysia, Thailand dan lainnya.

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid
Berlokasi di Jalan Kemiri Raya, Tangerang Selatan, STP Sahid menyediakan program Perhotelan dan Pariwisata terbaik di Indonesia. Pertama, ada program studi Perhotelan yang terdiri dari D3 dan D4 perhotelan yang masing-masing berakreditasi A sesuai penilaian Ban-PT. Mengedepankan keterampilan khusus dibidang Tata Hidang, Tata Boga, Tata Graha, dan Front Office STP Sahid merupakan yang terbaik dalam Program studi Perhotelan. STP Sahid juga menyediakan Program Pariwisata meliputi D3 dan D4 Usaha Perjalanan Wisata.

D4 Sarjana Terapan Perhotelan (S.Tr.Par)
D3 Ahli Madya Perhotelan (A.Md.Par)
D1 Ahli Pratama Perhotelan (A.P.Par)
D4 Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par)
D3 Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par)
D1 Ahli Pratama Pariwisata (A.P.Par)


4. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti  
Telah berdiri selama lebih dari 45 tahun, STP Trisakti juga menjadi yang pertama dalam menyelanggerakan pendidikan Diploma 4 untuk jurusan Pariwisata. Untuk pemilihan jurusan sendiri, STP Trisakti memiliki pilihan berbagai jenjag penididikan, bahkan tersedia hingga S2, lho. Ada D1 Perhotelan, D3 Perhotelan, D4 Perhotelan, D4 Usaha Perjalanan Wisata, S1 Perhotelan dan Pariwisata, juga S2 Pariwisata.

Fasilitas yang dimiliki STP Trisakti ini juga sangat lengkap, di antaranya adalah laboratorium komputer dengan 3 program aplikasi (Windows, Maxial dan Galileo), 3 lab Simulasi Kantor Depan Hotel, 5 model Laboratorium Housekeeping, 2 Bar dan Restaurant, 2 Stewarding, 1 Store Room, Biro Perjalanan Pariwisata, Airline Counter dan Ruang Cargo.

5. Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional atau lebih dikenal IPB adalah perguruan tinggi dengan beragam fasilitas yang cukup lengkap bagi mahasiswa nya. Penyediaan fasilitas seperti hotspot area, bus kampus dan juga asrama dapat membantu kalian yang berasal dari luar daerah agar proses belajar kamu semakin mudah.

IPB memiliki program studi unggulan seperti Manajemen Pariwisata (D4) yang sudah memiliki akreditasi A pada tahun 2020, Manajemen Perhotelan (D4), Perhotelan (D3), Kewirausahaan (S1) dan jurusan Pariwisata (S1)

Pada tahun 2020 ini, mahasiswa jurusan Conventions & Event Management akan menggelar event "Pamerun 2020" Palembang Millennial Exhibition & Run 2020 merupakan event lari virtual pertama di Indonesia, tonton bincang-bincang santai kita bersama penyelenggara Pamerun 2020 di channel youtube Meenistry.

Itu dia 5 Kampus Pariwisata dan Perhotelan Terbaik di Indonesia versi Meenistry, semoga bermanfaat Meesist/Meebro! Jangan lupa kunjungi Meenistry untuk keperluan ruang seperti Wedding, Coworking Space, Arisan, Meeting atau Event Social lainnya.