Perayaan wisuda adalah moment spesial dan dinantikan, di mana keberhasilan dan usaha keras selama menempuh pendidikan di universitas telah berhasil diselesaikan. Tak heran jika moment ini menjadi sangat spesial bagi banyak orang. Apalagi perayaan ini bisa saja dilakukan sekali seumur hidup.

Namun dimasa pandemik seperti sekarang, ada beberapa hal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya untuk merayakan wisuda. Kegiatan kumpul bareng bersama teman seperjuangan, foto bareng atau pun keceriaan di lokasi wisuda harus menghilang.

Pembatasan kegiatan yang melibatkan banyak orang harus dibatasi selama pandemik ini. Untuk menghidari penyebaran Covid-19 yang semakin luas. Untuk itu, perayaan Wisuda secara virtual menjadi opsi agar menghindari kerumunan.

Namun, MeeBro & MeeSist jangan sedih. Ada loh cara kreatif agar wisuda online kamu tetap seru dan berkesan. Berikut beberapa ide perayaan wisuda yang bisa kamu lakukan agar momen kelulusan kamu tetap seru dan penuh makna.

·         Siapkan pernak-pernik dekorasi kelulusan

Merayakan dari rumah, bukan berarti tidak ada hal spesial yang bisa kamu lakukan MeeBro & MeeSist. Menyiapkan pernak-pernik dekorasi wisuda seperti boneka, bunga, balon dan tulisan “Happy Graduation” bisa menjadi pilihan kamu meriahkan wisuda virtual. Jangan lupa tata letak yang baik agar Feel perayaan kelulusan kamu lebih berkesan.

·         Buat PowerPoint spesial untuk teman

Kalian pasti punya teman seperjuangan selama kuliah, dong. Nah! Coba berikan kesan manis untuk mereka melalui PowerPoint saat merayakan kelulusan lewat aplikasi Zoom atau aplikasi lainnya. Pada slide presentasi, masukan foto-foto moment kebersamaan selama di kelas, kantin atau pun proses pengerjaan skripsi saat kuliah. Cara ini bisa sangat mengharukan dan berkesan saat momen kelulusan kamu dan teman-teman walaupun via online.

·         Kirim Hadiah Spesial

Sebelum adanya pandemik, biasanya ada momen kalian bertukar bingkisan atau kado saat perayaan wisuda sebagai cindera mata. Namun, saat situasi pandemik ini kalian masih bisa kok memberikan kado spesial ke teman.

Kamu bisa mengirimkan kado atau bingkisan dari rumah atau pesan dari toko, yah. Jangan lupa sertakan surat dan kata-kata selamat agar semakin spesial. Saran aja sih, kirim hadiah sebelum hari H wisuda kalian, yah. Agar perayaan wisuda nanti semakin semangat dan terasa istimewa.

·         Lakukan sesi foto bersama

Walau pun acara wisuda nanti dilakukan secara virtual, tapi jangan lupakan sesi foto bersama. Kamu bisa mengambil screen shoot atau selfie bersama teman-teman yang melakukan wisuda secara online.

Kenakan juga pakaian toga selayaknya wisuda normal. Lalu, ambil sebanyak-banyaknya foto bersama. Mulai dari pose terbaik sampai foto gaya terlucu. Jangan lupa bagikan ke media sosial kamu dan tag teman-teman agar acara wisuda online kamu semakin meriah.

·         Jadwalkan kumpul bersama setelah pandemik usai

Memang sih agenda ini belum jelas kapan akan terlaksana, namun dengan adanya janji kumpul bersama saat pandemik usai bisa bikin kamu lebih semangat untuk menjaga kesehatan, yah. Siapkan perayaan sederhana bersama teman-teman setelah berhasil menyelesaikan pendidikan dan juga melepas rindu setelah berbulan-bulan berjuang menyelesaikan skripsi dan menghadapi pandemik bersama.

Nah, itu dia ide kreatif yang bisa kamu lakukan saat wisuda di masa pandemik. Ternyata wisuda secara online bisa seru juga, loh. Wisuda tahun ini tetap akan spesial walaupun cara melakukan nya berbeda. Selamat untuk kalian, semoga ilmu nya bermanfaat untuk banyak hal, yah.