Kelihatannya WFH akan diperpanjang nih Meesist/Meebro, sekarang mungkin sudah memasuki pekan ke-4 atau bisa dibilang sudah sebulan kita menggunakan konsep work from home (wfh) sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Meski kesannya lebih santai, namun wfh juga memiliki tantangan tersendiri, mulai dari distraksi untuk malas-malasan, berinteraksi dengan keluarga, membantu orang tua, hingga godaan untuk menonton film dan rebahan berkepanjangan yang membuat fokus kerja menurun dan kurang produktif.

Kamu harus coba teknik yang satu ini nih Meesist/Meebro! untuk lebih fokus dan tentunya bikin lebih produktif selama wfh, teknik ini dikenal dengan nama Teknik Pomodoro. Teknik kerja yang dipopulerkan oleh konsultan karier asal Italia, Francesco Cirillo.

Teknik Pomodoro efektif dilakukan untuk mengurangi distraksi dalam bekerja atau teknik juga bisa dibilang untuk memanajemen waktu agar kerja lebih efektif dan produktif. Nah berikut 5 langkah untuk menerapkan Teknik Pomodoro.

  1. Pilih satu tugas yang ingin dikerjakan terlebih dahulu.
  2. Atur waktu dengan timer selama 25-30 menit sebagai batasan dalam mengerjakan satu tugas. Sebagai catatan Meesist/Meebro harus fokus selama 25-30 menit, walau dalam waktu 30 menit tugas belum selesai tapi setidaknya kamu fokus mengerjakannya.
  3. Saat tugas selesai, catatlah kamu membutuhkan waktu berapa lama dalam mengerjakan dan menyelesaikan satu tugas.
  4. Kemudian ambil waktu selama 2-3 menit untuk istirahat setelah 30 menit fokus mengerjakan tugas.
  5. Ulangi tiga langkah diatas sampai empat kali, setelah itu ambil waktu istirahat yang lebih panjang.

Dilansir dari Forbes, teknik Pomodoro ini efektif dilakukan saat pagi hari. Pagi kamu jadi lebih produktif dan kamu bisa memanfaatkan waktu siang dengan makan dan beristirahat lebih atau rebahan. Kunjungin Meenistry untuk keperluan ruang seperti Wedding, Coworking Space, Arisan, Meeting atau Event Social lainnya.