Pernikahan merupakan hal yang sakral, merupakan momen dimana kamu akan mengucapkan janji pernikahan bersama pasanganmu. Awww.. romantis ya konsep bertukar janji yang diucapkan bersama teman hidup? Sudah pasti sakral banget dan pastinya tidak akan dibuat sembarangan, justru malah rasanya harus berhati-hati dalam membuatnya.

Janji pernikahan bukan hanya sekedar kata-kata yang terucap, disana berisi komitmen kamu bersama pasanganmu dalam menjalani hubungan pernikahan. Belakangan ini ternyata banyak lho pasangan yang menulis bersama janji pernikahannya. Artinya yang akan kamu tepati itu  merupakan hasil dari kesepakatan kamu berdua juga. Jadi pada saat menjalankannya tidak ada yang keberatan.

Nah jangan berfikir bakal susah, ribet, atau bahkan tidak bisa bisa buatnya. Tenang aja kamu dan pasanganmu pasti bisa membuatnya, nah coba deh simak beberapa tips dibawah ini :

  1. Tentukan Tema

Tahap terawal dalam melakukan apapun, karena dari sini kamu akan tau arah tujuan kamu akan mengarah kemana. Kamu dan pasanganmu menentukan tema apa yang akan kamu jadikan sebagai tema pernikahan mu. Ini juga harus melibat kan persetujuan dari kamu dan pasanganmu. Apakah kamu ingin mengangkat tema serius? Atau ada unsur humornya? Atau bahkan yang menyentuh hati? Nah jadi pilih yang mana, tema apapun yang akan kamu dan pasangan kamu pilih tapi jangan sampai melupakan bahwa pernikahan merupakan hal yang sakral dan keseriusan kamu bersama pasanganmu dalam membuat komitmen bersama.

2. Luangkan Waktu

Lebih tepatnya mungkin me-time, waktu dimana kamu berdamai sama diri kamu sendiri menjernihkan pikiran kamu. Sebelum memasuki jenjang pernikahan. Karena bisa disebut kamu akan memasuki jenjang baru yang harus kamu lewati selanjutnya berdampingan dengan seseorang yang kamu pilih. Kamu bisa sambil menjawab pertanyaan sederhana kelihatannya tetapi penting lho, seperti “apa yang paling membuat kamu jatuh cinta dari pasangan kamu?” “Bagaimana hidup kamu setelah bersamanya?” dengan menjawab pertanyaan tersebut dapat memudahkan kamu dalam menuliskan janji pernikahan kamu.

3. Jangan Tunda

Lakukan sesegeranya, karena ini merupakan bagian penting yang tidak bisa kamu anggap mudah. Mulailah membuat janji pernikahan mu seminimal mungkin satu bulan sebelum hari pernikahan kamu.

4. Sinergikan

Bekerja Sama, Mulailah mempersatukan antara janji pernikahan yang kamu buat dan janji pernikahan yang dibuat oleh pasangan kamu. Karena ini merupakan pernikahan kamu berdua. Mungkin untuk pengucapan nya pada hari pernikahanmu memiliki dua opsi antara diucapkan bersama atau hanya ingin pihak laki-laki saja yang mengucapkannya.