Virus Corona telah membawa dunia ke dalam ketidakpastian dan marak pemberitaan tentang pandemi-nya yang tanpa henti malah menambah buruk situasi. Tak hanya mengancam kesehatan raga, kesehatan mental masyarakat pun terancam akibat penumpukan informasi yang membuat stres dan terkesan hoax.

Virus Corona juga mengantarkan kita pada masa dimana kita harus menjarakkan diri untuk menghindari penularan penyakit atau biasa disebut Social Distancing. Dalam keadaan seperti ini, kita mengisolasikan diri kita di rumah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, selain itu kita juga perlu menjaga kesehatan mental.

Melansir dari dokumen yang dirilis WHO untuk mengatasi masalah mental dan stres saat wabah, kami telah menyusun tips menjaga kesehatan mental saat social distancing, cermati dengan baik ya Meesist/Meebro! Get well and stay safe everyone!

  • Mute Media Social
    Rehat sejenak dari hiruk pikuk media sosial yang merupakan tempat berita hoax bertebaran bebas, atau mute grup WhatsApp jika itu dapat memicu kecemasan.
  • Pilah-Pilih Berita
    Batasi dan berhati-hatilah saat kamu membaca berita, sebaiknya menonton dan membaca update informasi dari sumber terpercaya. Berita hoax akan mudah memicu kecemasan dan kepanikan kamu saat situasi seperti ini.
  • Keep In Touch
    Dalam mengisolasi diri bukan berarti kamu harus menutup diri seutuhnya, usahakan tetap berhubungan dengan keluarga atau orang-orang terdekat dengan 'face to face' via video call. Ingat yah Meesist/Meebro sharing is caring.
  • Jaga Badan Tetap Bugar
    Sudah berpekan-pekan lewat COVID-19 menyerang, penting untuk kita mengisi penuh energi dengan istirahat agar saat wabah ini mereda, kamu tidak kaget ketika kembali ke rutinitas seperti sebelumnya. Kamu bisa melakukan workout di rumah saat social distancing seperti ini, untuk menjaga kebugaran tubuh kamu. Tubuh yang sehat adalah tubuh yang kuat.


Terakhir, AnxietyUK menyarankan berlatih teknik "APPLE" untuk mengatasi kecemasan dan kekhawatiran.

Acknowledge (akui): Perhatikan dan akui ketidakpastian yang muncul dalam benak kamu.

Pause (jeda): Ambil nafas panjang dan keluarkan. Jangan bereaksi apapun selain teknik relaksasi ini.

Pull Back: Katakan pada diri kamu bahwa kekhawatiran kamu ini tidak diperlukan dan tidak membantu sama sekali. Itu hanya apikiran atau perasaan kamu. Jangan percaya semua yang kamu pikirkan. Pikiran bukanlah pernyataan atau fakta.

Let go: Lepaskan pikiran atau perasaan kamu. Itu akan berlalu. kamu tidak harus menanggapi mereka. Bayangkan mereka menghilang dalam gelembung atau terbang ke awan.

Explore: Jelajahi ke saat ini, karena faktanya kamu masih baik-baik saja. Perhatikan pernapasan dan sekeliling Anda. Lalu alihkan perhatian Anda pada hal yang perlu Anda lakukan hingga pikiran dan perhatian Anda benar-benar teralihkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental saat social distancing, jaga kesehatan tubuh dan mental ya Meesist/Meebro biar tubuh dan mental kamu tidak kaget setelah pandemi yang berkepanjangan ini mereda dan kembali ke rutinitas, kamu bisa check di Meenistry berbagai tempat untuk keperluan Meeting, Wedding, Arisan, Coworking Space dan atau sosial event lainnya, get well and stay safe everyone!