Ditinggalkan karyawan andalan pasti salah satu hal berat bagi seorang pemimpin. Karena untuk mencari seorang karyawan yang rajin, disiplin, tekun, ulet dan berkualitas bukan hal yang mudah. Nah, agar hal itu tidak terjadi, seorang pemimpin harus mengetahui kira-kira apa saja yang mengakibatkan karyawan mengundurkan diri. Jangan langsung menyalahkan karyawan lain atau aturan perusahaan semata ya. Jika kamu sudah mengintropeksinya dan mengetahui titik kesalahannya dimana.

1.     Tidak Peduli Terhadap Karyawan

Kurang perhatian atas karyawan bisa menimbulkan ketidaknyamanan dalam bekerja. Hubungan yang baik antara karyawan dengan pemimpinnya merupakan modal utama dalam menjalin komunikasi baik.  Karena kurangnya perhatian ini yang menyebabkan karyawan mengajukan pengunduran diri karena tidak terjalinnya hubungan dengan baik sehingga pemimpin tidak bisa memberikan keseimbangan antara kehidupan profesional dan sosial.

2.     Tidak Adanya Penghargaan atas Prestasi Kerja

Siapasih seseorang yang tidak senang saat dihargai? Apalagi apabila seorang karyawan telah mencapai prestasi dan untuk mencapai hal tersebut memerlukan usaha yang keras. Nah, tugas sebagai pemimpin adalah bisa mengapresiasinya melalui cara memberikan reward atau hadiah atau sekedar mengucapkan selamat dan terima kasih secara personal. Selain sebagai simbol atas apresiasi terhadap pekerjaan yang telah dicapainya ini juga bertujuan sebagai alat pemicu semangat karyawan dalam bekerja, sehingga karyawan berlomba-lomba untuk mencapai target-target yang sudah ditentukan.

3.     Membatasi Perkembangan Karyawan Terhadap Passion Mereka

Posisi kita sebagai pemimpin, tapi bukan berarti kita dapat membatasi karyawan-karyawan kita untuk mengembangkan passion mereka. Karena jika hal tersebut sampai terjadi kamu bisa saja menghancurkan konsentrasi karyawan-karyawan sheingga menyebabkan ketidakproduktifan dalaam bekerja dapat juga berujung pengunduran diri. Jika ada karyawan yang inisiatif dalam mengembangkan passionnya kamu seharusnya pemimpin merasa sangat beruntung, karena melalui hal tersebut dapat menambah keproduktifan karyawan serta kepuasan dalam bekerja diperusahaan tersebut.

4.     Gagal Mengembangkan Potensi

Rasanya percuma jika perusahaan punya karyawan yang potensial namun tidak bisa dikembangkan oleh atasannya. Sering-sering memberi feedback atau komentar yang membangun atas kinerja karyawan bisa menjadi cara untuk mengembangkan potensi mereka.