Reuni sekolah biasanya selalu jadi momen yang paling ditunggu tiap tahunnya. Tradisi yang mempertemukan teman sekolah, kuliah, atau organisasi setelah tahunan tidak bertemu ini tentunya menjadikan kita merasa ‘pernah muda’. Di ajang reuni ini juga banyak perubahan dari kita dan teman-teman yang bisa menjadi bahan perbincangan. Mulai dari penampilan, karir, hingga keluarga.

Tanpa kita sadari, ajang reuni ini sebenarnya bisa jadi momen untuk mengevaluasi dan refleksi diri. Tak jarang yang diam diam dalam hati membandingkan dirinya dengan teman-temannya. Apa lagi sih, evaluasi yang bisa kita ambil di ajang reuni? Yuk simak beberapa hal berikut :

  • Menjadi Lebih Bersyukur

Saat bertemu lagi dengan orang-orang dalam masa lalu kita, pasti kita akan menyadari, dimana sih posisi kita sekarang? Dalam karir, keluarga, jodoh, dan rezeki, semua pasti tidak sama satu sama lain. Apa yang kita punya, belum tentu orang lain bisa mendapatkannya, begitu juga sebaliknya.

  • Tanggung Jawab Dulu VS Sekarang

Saat sedang reuni dengan teman-teman di masa sekolah dulu, banyak yang merasa bahwa dulu adalah masa-masa kita bebas dari tanggung jawab mulai dari cicilan, keluarga, dan pekerjaan. Mungkin dulu permasalahan terberat adalah ujian sekolah, tapi ternyata menjadi dewasa memberikan berbagai tanggung jawab baru.

  • Mengetahui Penilaian Orang Terhadap Dirimu Dulu

Ajang reuni mempertemukan kita dengan teman-teman di masa muda, biasanya semua perubahan dalam diri kita pasti jadi bahasan “kurusan ya sekarang”, “Wah rambut lo bagusan panjang gini”, “Sekarang hebat udah jadi manager, dulu mah nyontek mulu” komentar-komentar seperti itulah yang membuat kita sadar bahwa ternyata dulu banyak juga teman-teman yang menilai siapa kita dulu.

  • Umur Bertambah, Tapi Tetap Ada Jiwa “Anak Muda” di Diri Kita.

Seberat apapun tanggung jawab dan kewajiban yang kita hadapi sekarang, saat reunian biasanya kita tak malu membahas hal-hal lucu yang biasa kita lakukan dulu. Karena ini tak jarang kita sadar bahwa masih ada jiwa anak kecil dalam diri kita yang hanya bisa dikeluarkan saat sedang reuni dengan teman-teman lama.