Permasalahan lingkungan yang sampai saat ini masih terjadi hanya berputar sekitar sampah plastik, susahnya terurai oleh bumi yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Namun kita sadar gak sih ternyata ya emang seluruh kegiatan kita pasti berkaitan dengan plastik, mulai dari botol minum, kemasan makanan, wadah minuman-minuman yang sering kita beli, plastik belanja di minimarket maupun pasar. Kebayang gak sebegitu gak bisa lepasnya kita sama yang namanya “plastik”.

Sempet kebayang gak “kira-kira kita bisa gak ya hidup tanpa plastik?” kepikiran gitu ya cuman satu tujuannya pasti biar bumi gak semakin rusak. Karena nasib anak cucu kita masih panjang. Kita sebagai pekerja kantoran sudah pasti sangat akrab sam si sampah plastik ini, nah gimana kalo kamu bantu menyelamatkan bumi ini. Gak mesti ngelakuin hal besar kok, cukup ubah gaya hidup kamu aja mulai dari hal-hal kecil aja. Kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini seperti :

Bawa Tempat Makan Dan Tempat Minum
Tentu saja ini cara efisien untuk memanfaatkan waktu makan siang mu yang gak begitu panjang, daripada kamu harus membeli makanan lalu membungkusnya pasti menggunakan si plastik lagi kan, ujung-ujungnya menjadi sampah. Walaupun kamu hanya membeli untuk makan sendiri tapi jika dilakukan berulang-ulang gimana kabarnya dengan tumpuk-tumpukan sampah tersebut? Jika kamu malas untuk membawa makanan dari rumah, tenang aja tempat makanan kamu tetap bisa berfungsi juga. Kamu tetap bisa membeli makanan apapun dan kamu langsung memberikan tempat makan mu untuk dijadikan sebagai wadah. Sama juga halnya dengan membeli minuman, kamu bisa mulai gerakan “Tunjukkan Tumbler Mu” dalam setiap pembelian minuman apapun, agar kamu tidak menjadi pengguna wadah plastik lagi.

Selalu Siap Air Putih
Pada saat makan diluar, minuman yang paling umum dipesan adalah es teh manis dan air mineral. Jika kamu memesan es teh manis pasti tidak menggunakan plastik karena akan dihidangkan pada gelas. Tapi jika membeli air mineral, biasanya pasti didalam kemasan yang menggunakan plastik. Wah bertambah lagi dong sampah plastiknya. Kenapa kamu gak coba aja bawa air putih sendiri di dalam botol minum mu, selain mengurangi sampah plastik tujuan lain yang bisa kamu dapat adalah kamu bisa sekalian menghemat pengeluaran mu juga lho.

Beli Sedotan Stainless
Kalau diperhatiin di beberapa restoran cepat saji saat ini, pasti kamu jarang sekali menemukan yang namanya sedotan, karena memang tidak disediakan dari restoran tersebut atau bisa jadi diberikan jika pembeli yang memintanya. Terus gimana dong kalo kita beli minuman yang mengharuskan minum menggunakan sedotan? Kamu bisa nih mulai menggunakan sedotan stainless, selain sedotannya yang awet karena bisa digunakan beberapa kali, sedotan stainless ini juga mampu membantu dalam mengurangi sampah plastik. Sedotan memang benda kecil tapi kamu gak tahukan seberapa dunia ini menggunakan sedotan plastik dalam perharinya? Nah maka dari itu kita mulai gerakan menggunakan sedotan stainless agar dapat menyelamatkan bumi kita.

Selalu Bawa Totebag
Jika kamu ke minimarket pasti sekarang banyak kasir yang menyatakan “untuk penggunaan kantong plastiknya dikenakan biaya ya”. Ini merupakan langkah yang diambil para pemilik minimarket untuk mengurangi sampah plastik karena mereka pun sadar hasil dari kegiatan usaha mereka akan dapat menimbulkan efek negatif terhadap bumi. Semisal di pasar tradisional pun pasti pedagang akan menyediakan plastik sebagai tempat membungkus belanjaan kamu. Mulai dari sekarang coba lebih jeli lagi dan peduli terhadap lingkungan, kita mulai dengan membawa tote bag, tas tentengan, atau bahkan keranjang sayur jika kita ingin berbelanja ke pasar. Merupakan hal-hal sederhana namun ini mampu menyelamatkan bumi kita.